4 Daftar Makanan Ikan Cupang Yang Bergizi Tinggi

Ikan cupang hias banyak diminati karena bentuk ekornya yang cantik, apalagi saat mengembang. Untuk memiliki ekor yang bagus perlu perawatan yang baik serta ditukung dengan makanan ikan cupang yang cocok.

Ikan cupang ini termasuk ikan yang bandel, dihabitat aslinya meskipun makanan di lingkungannya sangat sulit ikan ini tetap bisa survive bertahan hidup. Hal ini menguntungkan untuk kita karena untuk memberi makanan ikan cupang pasti sangat mudah.

ikan cupang dengan warna biru

Walaupun ikan cupang ini mampu memakan apa saja, tetapi untuk mendapatkan ekor yang indah ada beberapa jenis makanan ikan cupang yang wajib kamu coba.

Memang ekor ikan cupang inilah yang menjadi daya tarik para penghobi ikan hias untuk memelihara ikan cupang. Ikan cupang yang diberi makanan yang bergizi maka warna ekornya akan semakin bagus apalagi saat cupang menggoyang-goyangkan badan dan mengembangkan ekornya.

Nah berikut ini adalah beberapa makanan cupang yang dapat kamu coba dirumah dan untuk mendapatkan pakan ikan cupang ini juga mudah

4 Jenis Makanan Cupang Yang Bagus

1. Jentik Nyamuk, pakan cupang yang cepat hilang

jentik nyamuk untuk ikan cupang

Jentik nyamuk memiliki kandungan protein yang bagus untuk ikan cupang, khususnya untuk ikan cupang yang masih kecil dan dalam masa pertumbuhan. Meskipun jentik nyamuk mudah ditemukan dan harganya pun sangat murah, tetapi para penjual makanan ikan hias sudah mulai tidak menjual jentik nyamuk . Hal ini disebabkan karena jentik nyamuk hanya bertahan beberapa hari saja dan akan berubah menjadi nyamuk dewasa.

Coba bayangkan saja jika penjual pakan jentik nyamuk menyetok banyak di rumah, pastinya menjadi sarang nyamuk dan dimarahi tetangganya.

2. Kutu Air, favoritnya anak ikan cupang

kutu air menjadi makanan ikan cupang

Ini adalah makanan paling favorit untuk burayak cupang. Burayak adalah anak ikan cupang yang baru lahir dan sangat kecil. Oleh karena itu daripada memberi makan burayak dengan kuning telur, lebih baik memberinya makanan dengan kutu air ini. Selain tidak menyebabkan air keruh, kutu air juga memiliki kandungan lemak minim yang bagus untuk anak ikan cupang.

3. Cacing Sutra, pakan ikan cupang mudah dibeli

makanan favorit ikan cupang

Memiliki warna merah darah, hidup bergerombol dan menari-nari ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh ikan cupang. Tak hanya ikan cupang, hampir semua jenis ikan hias juga suka dengan cacing sutra yang mempunya nama latin Tubifex sp, untuk para penghobi ikan hias juga menyukai makanan jenis ini disebabkan mudah untuk didapat.

Cacing sutra ini memiliki banyak protein yang bagus untuk masa pertumbuhan dari ikan cupang kamu. Harganya pun juga sangat mudah hanya dengan Rp. 5.000 saja dapat cacing sutra 1 plastik yang dapat untuk memberi makan cupang berhari-hari. Untuk cacing sutra bisa kamu simpan dalam keadaan hidup atau bisa juga kamu bekukan.

4. Udang, makanan cupang terbaik

potongan udang untuk makanan cupang

Menurut berbagai sumber udang lah makanan yang paling bagus untuk ikan cupang hias, bahkan lebih baik dari jentik nyamuk yang notabene sudah menjadi pakan cupang terbaik. Sudah terbukti, dengan memberi makan ikan cupang dengan udang dapat membuat pertumbuhan ikan cupang dengan baik serta dapat membuat warna dan ekor ikan cupang cepat tumbuh dengan warna yang cerah.

Sebelumnya kamu harus memotong kecil-kecil udangnya karena mulut ikan cupang itu sangat kecil jadi usahakan dipotong sangat kecil juga sehingga muat untuk dimakan oleh ikan cupang kamu.

Nah itulah beberapa makanan cupang yang bagus untuk pertumbuhan ekornya, cukup memberi pakan ikan cupang sehari 2x saja kecuali untuk cacing sutra yang hidup kamu bisa memberi makan 1x sehari, untuk porsinya kamu bisa kira-kira saja, untuk awal bisa kamu kasih sedikit demi sedikit nanti kelamaan kamu akan tahu berapa porsi makan dari ikan cupang kamu. Karena beda ukuran ikan cupang beda juga porsi makanannya, seperti halnya manusia.

Beri Komentar