4 Jenis Ikan Predator Air Tawar Beserta Harganya

Memelihara ikan hias air tawar di Indonesia hingga kini masih tinggi peminatnya. Hal ini dikarenakan ikan hias cenderung memiliki warna cantik dan memiliki beragam jenis dan bentuk. Apabila ikan hias diletakkan di dalam rumah, tentu dapat menambah suasana baru di ruangan tersebut. Bahkan beberapa orang memelihara ikan air tawar ganas yang dirasa menakutkan bagi sebagian orang lainnya. Daripada penasaran, yuk simak beberapa jenis ikan predator yang banyak dipelihara.

Jenis Ikan Hias Ganas yang Paling Banyak Dipelihara

1. ikan Arwana Pembawa Keberuntungan

ikan arwana

Ikan arwana sejak dulu memang menjadi promadona menjadi predator populer untuk dipelihara. Bahkan Indonesia menyumbangkan beberapa spesies ikan arwana yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan Barat. Sebutannya memang predator, namun ikan arwanan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh ikan ganas lainnya. Ikan arwanan memiliki warna dan sisik yang berbeda, mulai dari merah, silver, emas, hingga putih

2. ikan Datz atau Datnoid

ikan ikan Thinbar Datnoid

Ikan predator satu ini memiliki banyak julukan, mulai dari tigerfish, datnoid, atau datz. Tidak haya itu saja, ikan satu ini memiliki beragam jenis dan banyak diminati oleh masyarakat, seperti datz Papua, datz Sumatra, datz Borneo, dan masih banyak lainnya. Tubuh ikan satu ini memiliki keunikan, dimana tubuhnya berwarna hitam dan kuning emas, sehingga membentuk garis loreng loreng layaknya motif pada kulit macan.  Harga yang ditawarkan pun beragam, yaitu mulai dari Rp. 300.000 an hingga Rp. 600.000 an.

3. Ikan Aligator yang Mirip Seperti Buaya

ikan aligator

Predator satu ini memiliki julukan sebagai ikan buaya, lantaran moncong yang dimilikinya mirip dengan mocong pada buaya. Yang membuatnya semakin mirip dengan buaya adalah badan dan panjang mulutnya, namun tidak memiliki kaki layaknya buaya. Walaupun bentuknya terlihat menyeramkan, ikan ini ternyata populer dipelihara di beberapa rumah. Ikan ini memiliki banyak spesies, namun yang paling banyak digemari untuk dijadikan ikan hias adalah aligator gar.

Ikan satu ini ternyata memiliki habitat asli di Amerika, atau lebih tepatnya pada perairan sungai Mississippi hingga Rio Grande Del Norte, dan bermuara di Teluk Meksiko. Ikan buaya ini tidak bisa tumbuh lebih dari 3 meter, dan memiliki berat hingga 120 kg. Bagi anda yang ingin memelihara ikan predator tersebut, pastikan untuk memberikan tempat yang cukup luas agar ikan dapat berenang dengan bebas. Ikan ini ternyata dibandrol cukup tinggi, bahkan mencapai jutaan rupiah.

4. Red Belly Piranha

ikan piranha

Apabila berbicara mengenai piranha, tentu anda sudah mengetahui bahwa ikan ini tergolong ganas dan mematikan. Jika ekosistem ikan piranha mencukupi, ikan ini tentu tidak akan memangsa manusia. Walaupun terdengar menyeramkan, ikan satu ini bisa dipelihara dan populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Habitat asli ikan piranha adalah di Amerika Selatan, atau lebih tepatnya di sungai Amazon.

Perlu diketahui bahwa bentuk ikan predator  ini hampir sama dengan ikan bawal, sehingga anda perlu berhati hati ketika ingin membelinya. Untuk membedakannya cukup mudah, yaitu ikan piranha cenderung untuk hidup berkelompok. Bahkan untuk menyerang mangsanya, mereka harus bekerja secara berkelompok, karena mereka akan takut jika menyerang sendirian. Anda bisa membeli anakan ikan puranha dengan harga terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000.

Memelihara ikan hias memang selalu menarik untuk dilakukan, sebab warnanya yang indah, anda juga bisa menemukannya dengan mudah di pasaran. Bagi sebagian orang, ikan hias air tawar yang akan dipelihara, tidak harus memiliki warna dan bentuk  yang menarik. Anda bisa memilih ikan hias alternatif lainnya, seperti  ikan ganas agar terlihat unik dan berbeda dengan yang  lainnya. Selain itu, perawatan predator ini dirasa lebih mudah daripada ikan hias jenis lain.

Beri Komentar