5 Cara Agar Ikan Mas Koki Oranda Kamu Tetap Sehat

Perlu anda ketahui dari berbagai jenis ikan mas koki, jenis ikan mas koki oranda adalah jenis ikan mas koki yang paling populer dari jenis ikan mas koki lainnya. Ikan mas koki yang berjenis Oranda ini adalah ikan hias dari hasil persilangan antara jenis ikan mas koki Tosa (veiltail goldfish) dengan ikan mas koki lion head, dari perpaduan kedua jenis tersebut maka terciptalah ikan mas koki oranda ini, dari segi penampilan ikan mas koki oranda ini cukup cantik apalagi jika anda sudah memeliharanya lebih dari 2 tahun pasti keindahan sesungguhnya dari ikan hias ini sudah muncul seperti menggembangnya kepala seperti gumpalan buah Rasberry dan ikan mas koki oranda ini ukuran badannya cukup besar bisa sampai sekitar 30 cm.

Di Indonesia ikan mas koki oranda ini punya beberapa julukan, contohnya ikan ini juga sering di sebut ikan mas koki penser dan bagi anda yang baru mulai memelihara ikan hias yang berjenis ikan mas koki oranda ini saya akan bagi tips untuk anda agar ikan anda tetap sehat dan agar ikan anda semakin terlihat cantik di dalam akuarium. Sebenarnya untuk merawatnya yang paling penting adalah kualitas airnya, tapi ada beberapa tips lainnya yang patut kamu ketahui, yaitu :

1. Pilih Ukuran Akuarium Yang Ideal

Untuk kamu yang baru mau mulai memelihara ikan mas koki oranda ini sebelumnya kamu harus siapkan dulu wadah atau tempat untuk ikan hias tersebut. Jika kamu memakai akuarium pastikan memilih ukuran akuarium dengan ideal tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu besar, pertama kamu harus putuskan dulu akuariumnya mau diletakkan dimana, setalah itu kamu harus memilih ukuran akuarium menyesuaikan ruangan kamu karena jika ukuran akuarium terlalu besar sedangkan ukuran ruangan tidak terlalu besar malah membuat akuariumnya mengganggu.

2. Beli Ikan Mas Koki Yang Sehat

Setelah kamu sudah putuskan ukuran akuarium sekarang saatnya untuk mengisinya dengan ikan hias kamu, maka belilah ikan mas koki yang sehat. Ciri-cirinya ikan mas koki yang sehat bisa kamu lihat sari gerak-gerik ikan tersebut, biasanya ikan mas koki yang sehat dia aktif bergerak dan lincah. Dan yang tidak kalah penting setelah kamu membeli ikan mas koki, buatlah ikan tersebut beradaptasi dengan akuarium kamu seperti masukkan ikan beserta kantong plastiknya ke dalam akuarium tapi jangan dibuka dahulu, tunggu hingga sekitar 1 jam baru kamu lepaskan ikan mas koki kamu ke dalam akuariumnya.

3. Jaga Suhu Air Akuarium

Lalu tugas kamu sekarang adalah menjaga suhu airnya agar tetap ideal dan tetap stabil di antara 18-23 derajat celcius. Dan jangan lupa untuk membeli alat filter air agar akuarium kamu tetap bersih tapi walaupun kamu sudah memakai filter air kamu tetap wajib mengganti air dalam 2 minggu sekali setidaknya ganti 15% air di akuarium diganti dengan air yang baru. Kamu juga bisa memberi hiasan batu-batu dan tanaman agar suasana akuarium terlihat lebih alami.

4. Beri Makan Secukupnya

Jangan terlalu sering memberi makan ikan mas koki kamu, kalau saya pribadi sehari hanya memberi makan ikan hias 2x sehari dan usahakan jangan memberi makan yang terlalu banyak karena juga terlalu banyak akan cepat membuat air menjadi kotor dan ini juga menjadi timbulnya penyakit di ikan kamu. Berilah makan secukupnya kira-kira habis dalam 2 menit dan usahakan jangan ada makanan yang tersisa/tidak di makan.

5. Berilah Teman Pada Ikan Mas Koki Oranda Kamu

Ikan mas koki adalah ikan yang tidak agresif dan sangat bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya, kamu bisa menambahkan jenis ikan seperti ikan guppy, ikan molly dan jenis ikan lainnya yang ukurannya kecil tapi jangan salah memilih ikan kamu bisa tanya dahulu ke penjual ikan, jenis apa saja yang bisa disatukan sama ikan mas koki oranda kamu ini.

Itulah beberapa tips dasar dalam memelihara ikan mas koki oranda, jaga agar ikan kamu tetap sehat dan terhindar dari jamur-jamur atau penyakit ikan.

Beri Komentar