5 Ikan Predator yang Bisa Dipelihara Di Aquarium

Jika mendengar kata ikan ganas atau predator, tentu anda akan membayangkan ikan dengan bentuk dan ukuran yang besar dan menakutkan. Namun, beberapa ikan ganas ini memiliki ukuran tubuh yang kecil seperti ikan hias kebanyakan. Karena bentuknya yang normal inilah, membuatnya dapat dipelihara di aquarium. Bahkan ada pula yang bisa digabungkan dengan ikan yang lain, sehingga dapat mempercantik tampilan aquarium. Yuk intip ikan predator apa saja yang dipelihara di aquarium.

Ikan Ganas yang Bisa Dipelihara Di Dalam Aquarium

ikan arwana

1. Ikan Arwana, sang ikan cantik rupawan

Ikan Arwana, ternyata ikan ganas yang berasal dari Indonesia. Ikan ganas terpopuler ini ternyata memiliki harga yang sangat tinggi karena bentuk dan warnanya yang cantik. Namun anda jangan sampai tertipu dengan keindahannya, sebab  ikan ini masih tergolong ikan ganas, dan termasuk ikan pemangsa di habitatnya. Kepopulerannya, membuat ikan ini banyak diekspor ke luar negeri serta harganya yang tinggi membuatnya banyak dibudidayakan untuk bisnis.

ikan predator belida

2. ikan belida, sang ikan ganas yang cukup tenang

Indonesia, dikenal memiliki beberapa jenis ikan predator yang hidup di kawasan air tawar, dimana keberadaannya banyak ditemukan di bebarapa perairan Indonesia. Salah satu perairan Indonesia yang memiliki  ikan ganas adalah daerah Sumatera, atau lebih tepatnya di sungai Belida. Ikan belida ternyata tidak hanya di temukan di Indoensia, namun bisa ditemukan di negara lain seperti Thailand. Namun ikan hias ganas ini tidak terlalu populer untuk dijadikan ikan peliharaan.

pelihara aligator

3. ikan aligator, sang ikan mirip buaya

Seperti namanya, ikan yang berasal dari Amerika ini memiliki moncong yang menyerupai bak buaya. Walaupun dijual dengan harga tinggi, namun tidak menyurutkan para pecintanya untuk membelinya. Di habitat aslinya, ikan satu ini dianggap sebagai predator yang cukup mematikan. Bahkan jenis ikan satu ini, tidak dijual bebas di pasaran seperti ikan hias lainnya.  Namun ada saja penjual yang memjajakan ikan satu ini kepada pecinta ikan hias air tawar yang dikenal ganas.

ciri ikan toman

4. ikan toman, sang ikan mirip ular

Ikan predator ini dikenal dengan keganasannya, terutama ketika menjaga anak anaknya. Ikan ganas ini, dapat tumbuh hingga berukuran 1.5 m. Biasanya, mereka lebih suka hidup secara berkelompok dengan sukunya, sehingga anda akan jarang menemukan ikan ini hidup sendirian. Karena bentuknya yang mirip dengan ular, sebagian orang menyebutnya sebagai red snakehead. Bentuk tubuhnya yang panjang dan berwarna merah, membuatnya semakin terlihat garang dan menakutkan.

ikan piranha

5. ikan piranha, ikan populer dengan keganasannya

Ketika anda menemukan ikan piranha di habitat aslinya, anda akan melihat seberapa ganasnya ikan tersebut. Ikan ini biasa memakan daging, dimana mangsanya akan dicabik cabik dengan giginya yang sangat tajam. Karena keganasannya, ikan ini tidak dijual bebas di pasaran. Tidak hanya itu saja, ikan ini termasuk ikan yang mudah stres apabila dipelihara di aquarium. Walaupun bisa dipelihara di aquarium rumah, anda juga perlu berhati hati dengan ikan predator tersebut.

Memiliki ikan hias di rumah memang terasa menyenagkan. Belum lagi jika anda mampu memelihra ikan yang tidak banyak dipelihara orang lain,seperti ikan hias air tawar yang masuk dalam kategori hewan predator. Ikan ganas ini memang tidak dijual bebas di pasaran, sebab dikenal dengan keganasan yang mungkin bisa membahayakan ketika dipelihara. Namun hal itu tidak bisa menyurutkan minat pecintanya, sebab harga jualnya yang tinggi dan warnanya yng menarik.

Beri Komentar