5 Jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Bisa Dijadikan Ikan Hias

Saat ini, sebagian masyarakat cenderung menyukai hal-hal yang berbau ekstrim. Salah satunya seperti memelihara ikan predator air tawar. Tak semua jenis ikan ini mampu dipelihara. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberpa ikan yang sangat ganas sehingga dapat menghancurkan sistem ekosistem sungai. Untuk anda yang tertarik memelihara, ada baiknya untuk menyimak tentang jenis apa saja yang bisa dijadikan ikan hias.

Ikan Predator Yang Sering Dijadikan Peliharaan

1. Arwana

ikan arwana

Ikan yang sering anda jumpai ini dikenal sebagai ikan jenis air tawar paling mahal dan hanya ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Dengan memiliki warna yang sedikit berwarna perak, membuat ikan ini sering disebut sebgaai ikan naga oleh warga Tiongkok. Namun, di Indonesia ikan arwana yang diperjual belikan memiliki warna merah dan emas. Tergolong jenis predator, maka tentunya anda harus menempatkan ikan ini secara terpisah oleh ikan lain.

2. Red Tail Cat Fish

ikan predator air tawar

Salah satu ikan predator air tawar ini merupakan ikan yang ganas karena dapat memangsa apapun yang masuk ke dalam air. Berasal dari Amerika, red tail cat fish memiliki tubuh yang bisa memanjang hingga 1,5meter. Meskipun dapat dikatakan berjenis omnivora, namun ikan ini cenderung menjadi predator ketika memangsa ikan lain. Meskipun begitu, ikan ini termasuk ikan yang banyak dijadikan untuk ikan hias karena memiliki warna yang cantik.

3. Ikan Datnoid (Tiger Fish)

ikan ikan Thinbar Datnoid

Ikan datnoid merupakan ikan yang banyak diburu oleh kolektor ikan predator. Hal tersebut dikarenakan ikan satu ini memiliki warna yang menarik. Ikan ini tidak akan ragu untuk memangsa ikan yang lebih kecil atau bertarung sesama spesiesnya. Bagi anda yang tertarik untuk memeliharanya, perlu merogh kocek agak tinggi dikarenakan harga ikan ini tidaklah murah, melainkan bergantung dari jenis serta warna yang dimilikinya.

4. Malabar Wolf Fish

Malabar Wolf Fish

Memiliki nama latin yakni trahira, ikan ini dikenal dengan sifat buas dan kegarangannya. Dengan bentuk fisik yang menyerupai serigala, maka tak heran ikan ini pun dinamakan malabar wolf fish. Meskipun memiliki mulut yang besar dan deretan gigi yang tajam, ikan ini banyak dijadikan ikan hias bagi para kolektor. Tentu saja, hal ini dikarenakan ikan predator air tawar ini memiliki warna yang sangat indah.

Ikan jenis ini dapat tumbuh hingga mencapai 55 cm dan hingga memiliki berat 8 kg. Untuk itu, jika anda tertarik untuk memeliharanya, maka sediakan akuarium dengan ukuran yang lumayan besar agar malabar wolf fish memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Ikan yang terkenal karena gaya berburunya yang cepat, maka tak heran jika ikan ini dikenal menjadi salah satu ikan yang terganas.

5. Ikan Tapah

Ikan Tapah

Ikan yang berasal dari Indonesia ini juga dikenal dengan sebutan ikan monster. Dengan tubuh yang besar, ikan ini pun juga memiliki ciri kas yakni berupa kumis yang panjang. Ikan predator air tawar satu ini juga dilengkapi dengan deretan gigi yang tajam. Sehingga ini juga bisa digunakan untuk pertahanan diri ataupun menggigit mangsanya. Meskipun termasuk jenis predator,ika satu ini juga banyak ditangkap secara ilegal sehingga keberadaannya terancam langka.

Meskipun termasuk jenis ikan yang ganas, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan para kolektor ikan hias untuk memelihari ikan jenis ini. Namun untuk memelihara, dibutuhkan beberapa tips khusus, seperti menyediakan akuarium sendiri untuk ikan berjenis ini. Hal tersebut dikarenakan agar keberadaan ikan predator ini tidak mengancam ikan lain.

Beri Komentar