5 Jenis Kayu Untuk Aquascape

Posted on

Tak lengkap jika aquascape kamu hanya dihiasi dengan tanaman air saja, karena untuk menambah dan mempercantik tampilan aquascape kamu bisa menambahkan kayu walau memang tidak semua gaya aquascape memerlukan kayu seperti gaya iwagumi style yang memang tanpa memakai kayu.

Selain kayu kamu juga bisa menambahkan hardscape lainnya seperti batu, pasir dan sebagainya, namun yang akan kita bahas kali ini tentang kayu dahulu. Tidak semua jenis kayu cocok untuk dijadikan aquascape dikarenakan kayu ini akan direndam terus-menerus jadi kamu harus tahu kayu apa saja yang cocok untuk dibuat aquascape.

Dan disini saya akan memberi sedikitnya 5 jenis kayu yang cocok untuk aquascape kamu, seperti;

1. Kayu Santigi

Untuk yang pertama adalah kayu santigi, kayu ini cocok untuk kamu yang ingin menjadikan bonsai di aquascape kamu karna bentuk kayunya sudah menyerupai bonsai tinggal kamu tambahkan jenis tanaman moss di atas ranting-ranting kayu, selain tanaman moss kamu juga dapat menambahkan tanaman seperti anubias agar kayu santigi ini terlihat lebih natural.

2. Kayu Bakau (Dirftwood)

Kayu bakau biasa sering dijumpai di pesisir pantau atau lebih tepatnya dihutang bakau, bentuk kayu ini sangat bagus dengan beberapa cabang yang runcing namun sebelum menggunakan kayu bakau sebagai aquascape lebih baik di olah dahulu sebelum memasukkan ke dalam aquascape karena kayu jenis ini menggandung tanin yang cukup tinggi yang dapat membuat air menjadi kekuningan.

3. Kayu Rasamala

Kayu rasamala adalah jenis salah satu jenis kayu yang paling banyak dipakai untuk aquascape karena sifat kayu ini tidak mengeluarkan tanin yang dapat membuat air menjadi kuning selain itu bentuk fisik kayu ini juga bagus dengan banyaknya cabang yang dapat kita percantik dengan tanaman air.

4. Kayu Senggani

kayu senggani ini mempunyai ciri fisik yang memiliki banyak cabang akar yang kecil-kecil banyak yang menggunakan kayu ini dibuat sebagai bonsai. Selain itu kamu juga bisa menambahkan batu-batuan disekitar kayu ini agar terlihat lebih hidup.

5. Mopaniwood

Jika ingin membuat aquascape yang simple kamu bisa memilih jenis kayu mopaniwood karena dari segi fisik kayu ini tidak memiliki cabang dan tergolong kayu yang kokoh. Kayu yang berasal dari Benua Afrika ini memiliki harga yang relatif mahal.

Nah itulah beberapa jenis kayu yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang lagi mencari kayu yang cocok untuk aquascape kamu, pilihlah kayu yang sesuai dengan konsep atau tema aquascape yang ingin kamu buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *