5 Tips Terbaik Untuk Merawat Ikan Aligator

Memelihara ikan hias di rumah, memang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak sedikit yang memilih ikan hias dengan bentuk yang lucu dan banyak warna, agar tampilan aquarium semakin menarik. Namun, ikan predator yang ganas pun bisa menjadi pilihan ketika kamu bosan memelihara ikan biasa. Selain karena jarang yang memeliharanya, ikan predator memerlukan perawatan yang berbeda dengan ikan lainnya. Berikut cara merawat ikan aligator agar tumbuh dengan sehat.

Tips Merawat Ikan Jenis Aligator

1. Sediakan Akuarium Bagi Sang Ikan

Agar dapat merawatnya dengan maksimal, menyediakan aquarium yang memiliki besar dan luas yang memadai. Hal ini dilakukan agar ikan dapat bergerak bebas tanpa adanya tekanan, sehingg aikan pun dapat tumbuh dengan cepat. Ukuran standar yang biasa digunakan untuk memelihara ikan predator satu ini adalah 90 x 45 x 45 cm. kamu juga bisa menyediakan aquarium yang lebih luas agar ikan dapat bertumbuh dengan lebih baik.

2. Berikan Perlengkapan Aquarium Memadai

Ketika memutuskan untuk memelihara ikan aligator, ada baiknya untuk mneyamakan kebutuhannya seperti kehidupan di alam bebasnya. Misalnya dengan melengkapi aquarium dengan menambahkan bebatuan alami,pasir, hingga kayu hias. Namun perlu diketahui bahwa, jangan menanam tanaman hias pada aquarium ikan satu ini, sebab aligator akan susah berenang. Ketika ikan sudah susah untuk berenang, maka ikan akan cepat mati.

3. Tambahkan Hiasan Lain

Memiliki aquarium biasa,tentu kurang menarik perhatian. Oeh karena itu, kamu bisa menghias aquarium dengan mencampurkan predator dengan ikan hias lainnya yang dianggap setara dengannya, entah itu sifatnya maupun ukuran tubuhnya. Biasanya, ikan satu ini bisa digabungkan engan ikan naga, ikan hiu air tawar, dan ikan sembilan. Dengan begitu, aquarium akan terlihat lebih menarik untuk dipandang.

4. Perhatikan Air yang Digunakan

Air merupakan salah satu kebutuhan utama agar ikan dapat hidup. Oleh karena itu penting untuk menyediakan air yang memilki kualitas baik, agar ikan aligator terhindar dari bahan kimia yang dapat mengganggu pertumbuhan. Walaupun ikan ganas satu ini memilki toleransi yang cukup, namun memeliharanya juga perlu kewaspadaan. Selain itu, kamu juga perlu untuk mengganti air secara teratur agar air tetap memiliki kualitas yang baik.

Air dalam aquarium sebaiknya diganti maksimal sebulan sekali, dimana air harus memiliki temperatur yang ideal, yaitu 20 hingga 25 derajat celcius. Ketika hednak mengganti air aquarium, ada baiknya untuk mengendapkan air terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kandungan kaporit dalam air terurai dengan partikel lainnya. Agar air memiliki kualitas yang lebih baik, kamu bisa menambahkan obat biru atau antikaporit ketika mengganti air aquarium.

5. Berikan Makanan Yang Sesuai

Ketika kamu ingin merawat ikan ganas satu ini, sebaiknya pelajari sifatnya terlebih dahulu. Jenis ikan predator ini, merupakan jenis ikan karnivora atau bisa disebut pemakan daging. Bahkan pada habitat aslinya, ikan satu ini akan memakan daging dari ikan kecil, sehingga dianggap sebagai salah satu ikan yang berbahaya. Karena sifatnya yang suka memakan daging, berati kamu harus menyiapkan jenis ikan kecil, seperti udang, katak, jangkrik, hingga cacing agar ikan tumbuh besar.

kamu bisa memberikan makanan ikan kecil dengan memasukkannya langsung ketika makanan tersebut masih hidup. Ikan aligator yang melihat makanannya, akan langsung memberikan respon cepat jika dibandingkan dengan ketika kamu memberikan makanan berupa pelet. Untuk pemberian makannya ini, dapat dilakukan 2 kali sehari, atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan dan kesehatan sang ikan.

Ikan hias ganas memang tidak banyak menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah. Selain karena bentuknya yang menakutkan, ikan jenis predator dianggap memiliki perawatan yang lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Sebab, ikan predator merupakan ikan pemakan daging, sehingga kamu perlu menyiapkan ikan kecil ataupun yang lainnya untuk pakan ikan tersebut. Karena jarang yang ingin memelihara ikan ini di rumah, kehadirannya pada aquarium akan menarik.

Beri Komentar