6+ Hiasan Untuk Mempercantik Aquarium Yang Murah

Hobi pelihara ikan hias adalah salah satu kesenangan pribadi tetapi sering dikaitkan dengan pengeluaran uang yang besar. Bagaimana bisa? Selain harga ikan hewan peliharaan yang bisa mencapai jutaan per ekornya, ada juga aspek pemeliharaan dan aquarium yang rutin dan membeli aksesoris untuk mempercantik tampilan aquarium.

Seringkali, banyak penghobi ikan hias yang berhenti di tengah jalan dikarenakan kekurangan budget untuk membiayai hobinya tersebut. Tetapi jangan khawatir, disini saya ada solusinya untuk masalah itu.

Khususnya saya akan membagi tips memilih hiasan untuk mempercantik tampilan aquarium dengan budget yang tidak menguras kantong. Dalam menghias aquarium kamu tidak diharuskan untuk membeli hiasan atau variasi aquarium yang mahal, karena kunci utamanya yaitu kreativitas kamu sendiri.

Asal kamu kreativ, kamu bisa mempercantik aquarium kamu dengan bahan dan barang-barang disekitar kamu. Nah disini saya akan membagikan beberapa hiasan yang bisa mempercantik tampilan quarium kamu dengan harga yang murah atau bahkan bisa kamu dapatkan dengan gratis.

1. Hiasan Aquarium Dengan Plastik

hiasan plastik aquarium

Menghiasi Aquarium dengan bahan plastik adalah salah satu contoh dari dekorasi aquarium paling populer dan tersedia dalam berbagai variasi, seperti bentuk herbal, aksesoris aneka rupa dan patch dari bahan plastik.

Hiasan aquarium yang berbahan plastik juga umumnya relatif lebih murah dan dapat diperoleh mulai dari harga mulai dari Rp.10.000 saja, kamu harus lebih memastikan kualitas dekorasi aquarium dari bahan plastik karena ada beberapa jenis ornamen aquarium plastik yang tidak begitu ideal untuk digunakan, ornamen plastik Mass yang memiliki unsur logam di dalamnya yang bisa berkarat dan membahayakan kesehatan ikan. Hiasan aquarium berbahan plastik juga tidak kalah indahnya, asalkan kamu pintar menata hiasan-hiasan tersebut.

2. Pilih Tema Tertentu Sesuai Selera

tema hiasan aquarium

Ingin memiliki dekorasi aquarium berbeda dan mencerminkan karakteristik sendiri? Cobalah dengan pencarian tema tertentu dekorasi aquarium khusus seperti gambar inspirasi atas. Pilih ornamen aquarium ikonik seperti rumah nanas, pengunungan, suasana di hutan atau tambahkan aksesoris mini yang dapat membuat suasana diaquarium kamu lebih hidup.

Kamu juga tidak diharuskan langsung menambahkan semua hiasan di aquarium, dekorasi dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Usahakan meskipun kamu hobi sekali dalam memelihara ikan hias tetapi jangan sampai menganggu keuangan keluargamu. Jika kamu menghias aquariummu dengan hati yang senang pastinya hasilnya juga akan sempurna.

3. Background Cetak Untuk Hiasan Aquarium Terjangkau

background cetak aquarium

Langkah selanjutnya untuk menghias aquarium yang indah tanpa harus membayar mahal adalah dengan memakai bacground cetak seperti yang banyak dijual. Teknik ini bukan metode baru tapi adalah salah satu cara untuk memperindah aquarium secara praktis, efisien, dan efektif.

Setelah kamu menentukan tema apa yang sesuai selera kamu, sekarang saatnya mencari inspirasi gambar tema yang kamu pilih di internet yang nantinya akan kamu cetak. Pastikan Anda menggunakan kertas yang dibuat mengkilap tebal dan paste perlahan di belakang layar kaca aquarium. Selain itu, pastikan cetak yang tajam dan indah dengan memilih file besar dan menggunakan mesin cetak profesional.

4. Hutan Kecil Di Bawah Air

tema hutan di akuarium

Ornamen berbentuk tanaman air yang berbahan plastik atau khusus untuk bawah air, biasanya tidak perlu yang mahal cukup pilihkan yang mudah ditemui di toko ikan hias atau toko aquarium ikan hias.

Seperti ornamen untuk membuat suasana hutan di aquarium, ini adalah ornamen yang populer dan banyak digunakan oleh orang penghobi ikan hias. Jiak kamu memilih tanaman air yang sungguhan pilih beberapa tanaman seperti lumut jawa atau pakis umumnya perawatannya mudah dan tahan lama. Kombinasikan dengan hiasan aquarium hijau dari bahan plastik, tapi pastikan dulu bahwa hiasan plastik kamu aman dan bebas dari bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan dari ikan hias kamu.

5. Batu Hiasan Dari Bahan Keramik

batu batuan dari keramik

Agar aquarium terlihat lebih indah, kamu dapat memberikan berbagai ornamen lagi. Intinya dalam menghias aquarium itu tergantung kreativitas kamu untuk menata hiasan-hiasan di aquarium. Dan jangan lupa untuk memberikan filter air ataupun aerator agar ikan hias kamu tetap sehat dan tidak stres.

Hiasan aquarium yang berbahan keramik juga bagus untuk mempercantik aquarium kamu, harganya juga tidak mahal. Bentuk hiasan yang dari kramik biasanya berbentuk batu-batuan, tempat persembunyian ikan, tempat untuk menyembunyikan selang oksigen. Jadi tidak ada salahnya kamu menambahkan hiasan dari bahan keramik ini.

6. Kayu Driftwood

kayu driftwood

Hiasan terakhir yang saya sarankan yaitu dengan menambahkan kayu driftwood, yang merupakan hiasan dari kayu alami yang sudah mengalami proses pembusukan sehingga kayunya berrongga dan berlubang. Biasanya kayu drifwood banyak dijumpai dipesisir pantai atau ditepi pantai.

Jika rumah kamu tidak jauh dari pantai kamu bisa mendapatkan kayu drifwood ini dengan gratis, namun jika rumah kamu jauh dari pantai kamu bisa membelinya di toko ikan hias harganya pun terjangkau tergantung bentuk dan besar dari kayu tersebut. Biasanya, hiasan kayu drifwood diletakkan di tengah-tengah aquarium seperti contoh gambar diatas dan bisa untuk menyembunyikan selang oksigen dan kabel-kabelnya.

Nah itulah beberapa contoh hiasan untuk mempercantik aquarium yang murah dan tidak menguras isi dompet kamu. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang lagi binggung dan mengalami masalah keuangan untuk menghiasi aquarium kamu.

Beri Komentar