7 Desain Aquascape Yang Mudah di Terapkan

Posted on

Untuk kamu yang masih pemula atau baru mau mulai menata aquarium kamu dengan teknik aquascape pasti akan bingung, bagaimana cara menata tanaman,batu-batuan nya di aquarium agar terlihat indah dan natural.

Pada dasarnya desain aquascape itu mudah apalagi kita sudah punya gambaran di kepala mau dibuat bagaimana bentuknya, namun jika kamu memang belum punya gambaran ingin dibuat bagaimana disini saya akan kasih contoh 7 desain aquascape yang mudah diterapkan walaupun untuk pemula sekalipun.

Tidak harus sama 100% tapi setidaknya sudah punya gambaran mau dibikin seperti apa karena macam-macam seperti dibuat ada gunungnya, atau hutan yang lebat dll. Disini kreatifitas mu harus bekerja karena 7 desain aquascape dibawah ini hanya sebagai contoh dasar untuk memulai menata aquascape kamu. Dan berikut ini adalah beberapa contoh desain aquascape yang bisa kamu tiru dirumah :

1. The Nature Style

Untuk desain aquascape yang pertama adalah yang bertipe natural. Sesuai dengan namanya, nature style ini biasanya dihiasi dengan pemandangan pohon lalu ada bukit-bukit ataupun gunung, serta dilengkapi dengan rerumputan disela-sela rumput biasanya dikasih batu-batuan.

Desain aquascape yang berjenis Nature Style ini mudah kamu tiru karena tidak rumit dalam pengerjaaanya, untuk contohnya kamu bisa lihat gambar di atas

2. Iwagumi Style

Desain aquascape dengan gaya Iwagumi style ini sampai sekarang masih salah satu gaya aquascape yang paling populer. Awalnya gaya iwagumi style ini pertama dikenalkan oleh penemu aquascape itu sendiri yaitu Takashi Amoni. Gaya iwagumi style ini biasanya tak akan jauh dari pemandangan pegunungan dengan rumput hijau serta ditata batu-batuan besar menjulang ke atas. Dalam penataan batu ini tidak sembarangan perlu tehnik sendiri sebagai contoh jika ada 2 pegunungan maka dalam meletakkan batu antara kiri dan kanan tidak boleh sama jumlahnya dan sebagian besar berjumlah ganjil untuk setiap sisinya.

Hal ini bermaksud karena mata manusia selalu berusaha mencari ‘perpecahan’ dalam layout yang seimbang dan menjadikan saat dilihat akan semakin indah dan natural. Dalam pembuatan aquascape iwagumi style ini juga tidak terlalu sulit karena tidak begitu memakai banyak item kamu bisa mencobanya dirumah dengan melihat gambar diatas ini.

3. Taiwan Style

Pada aquascape gaya Taiwan Style ini membawa suasanya seperti di taiwan, dibandingkan dengan nature / iwagumi style gaya ini lebih sedikit sulit dalam menatanya, karena sudah lumayan banyak item yang di gunakan seperti miniatur rumah, miniatur benda-benda sekitar rumah, serta untuk tanaman airnya juga ada beberapa macam yang digunakan. Untuk membuat gaya ini memang harus lebih teliti karena gaya ini menggambarkan sebuah pemandangan di desa yang masih alami

4. Biotope Style

Gaya biotope style ini terinspirasi dari lingkungan alam secara umum dalam pembuatan gaya ini tidak sulit karena tidak perlu banyak memakai tehnik yang susah, biotope style yang sering di gunakan adalah yang bergaya di sekitar hulu sungai seperti ada pepohonan, batu-batu sungai, ada aliran air yang mengalir dan lain sebagainya. Untuk gaya ini kamu cuma harus memikirkan flora dan fauna yang cocok karena mereka akan hidup berdampingan dalam suasana alam liar.

5. Dutch Style

Dutch style adalah gaya aquascape dengan tanaman air yang banyak jenisnya, pada umumnya gaya ini terlihat dengan lapisan-lapisan yang terangkat atau teras, yang dikenal sebagai dutch ‘streets’, untuk bagian bawah permukaan lantainya ditutupi dengan rumput kecil-kecil. Jika dilihat gaya ini seolah seperti pada taman yang banyak pohon-pohonnya.

6. The Walstad Method

Meskipun gaya aquacape jenis ini sampai sekarang tidak pernah masuk lomba tetapi gaya aquascape jenis ini benar-benar menampilkan suasana alam yang alami tanpa dibuat-buat, karena dalam penataan atau penempatan tanaman dan batuannya memang secara acak. Hal ini untuk mendapatkan suasana alam yang asli tanpa campur tangan manusia.

7. Jungle Style

Sesuai dengan namanya jungle style adalah gaya aquascape yang meniru suasana pada hutan, gaya ini sangat populer hingga sampai saat ini dan cocok untuk tangki yang ukurannya besar dimana dalam skala besar lebih secara efektif dalam pembuatan aquascape seperti hutan yang di penuhi dengan tanaman air dll.

Nah itulah 7 desain aquascape yang saya share, semoga dengan beberapa desain diatas kamu bisa menentukan mau membuat aquascape yang bergaya apa dan jangan lupa gunakan kreatifitasmu karena hasilnya akan lebih memuaskan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *