7 Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

Posted on

Seperti yang diketahui, ikan hias dibedakan menjadi 2 jenis yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air asin / air laut. Masing-masing jenis mempunyai keunggulan sendiri-sendiri.

Untuk ikan hias air laut, untuk varian jenis ikannya lebih cantik-cantik tetapi jika memelihara ikan hias air laut mempunyai kendala di air nya karena memang memerlukan air laut agar ikan hias tetap hidup, apalagi kalau kamu tinggal jauh dari laut.

Tidak jadi masalah jika kamu tinggal di sekitar pantai, kamu pastinya dengan mudah untuk mengambil air laut. Berbeda dengan orang yang tinggal di tengah kota yang jauh dari laut, meskipun kamu bisa membeli air laut pada penjual ikan hias air laut tetapi hal ini lebih agak repot kalau dibandingkan dengan memelihara ikan hias air tawar.

Tetapi menurut saya itu salah satu seru nya untuk memelihara ikan hias air laut ini, dan memelihara ikan hias air laut itu tidak semudah kalau kita memelihara ikan air tawar. Perlu perhatian lebih jika kamu ingin memeliharanya.

Semua akan terbayarkan jika kamu sudah berhasil memelihara ikan hias air laut, karena memang sangat cantik apalagi di tempatkan di akuarium. Saat kamu memandang kecantikan dan keindahan ikan hias air laut maka bisa menenangkan hati dan pikiran.

Dan disini saya akan share 7 jenis ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara meskipun kamu baru pemula. Jenis-jenis ikan yang saya maksud adalah :

1. Ikan Badut (clown fish)

ikan badut

Ikan clown fish atau biasa disebut ikan badut ini sudah tak asing lagi ditelinga kita. Ikan badut ini semakin terkenal akibat ada film yang berjudul Finding Nemo . Bahkan hingga sekarang masih sering di putar film tersebut di TV kita. Untuk merawat ikan badut ini cukuplah mudah, kamu hanya perlu membuat ikan ini nyaman di akuarium dengan cara menambahkan terumbu karang, batu-batuan di akuarium dan buatlah seolah-olah mirip dengan habitat aslinya. Untuk cara memeliharanya bisa cek artikel yang berjudul Cara Memelihara Ikan badut (clownfish).

2. Ikan Blue Tang

ikan hias blue tang

Ikan yang mempunyai nama latin Paracanthurus Hepatus atau di Indonesia sendiri lebih sering disebut Blue Tang. Ciri khas dari ikan blue tang adalah mempunyai warna yang dominan biru dengan corak warna hitam, kuning dan abu di beberapa sisinya. Ikan blue tang juga sering disebut ikan “Dory” , sama dengan ikan badut . Ikan blue tang jika pemeran utama dalam film “Finding Nemo” . Ikan blue tang ini bisa dicampur dengan sahabatnya yaitu ikan badut, untuk cara memeliharanya tidak beda dengan ikan badut.

3. Ikan Blue Devil

ikan hias blue devil

Ikan Blue Devil ini tak kalah terkenalnya di kalangan para pecinta ikan hias. Ikan yang mempunyai nama latin Paraplesiops Bleeker ini memiliki ciri fisik yang unik yaitu tubuh yang ramping dengan warna dominan hitam dan ada dot/bintik birunya di sekujur badannya serta ada arsen warna kuning dan abu di beberapa sisinya.

4. Lion Fish

ikan hias air laut lion fish

Bentuk dari ikan hias lion fish ini lumayan unik dan bentuknya pun agak berbeda dengan jenis ikan lainnya. Badan yang memiliki ornamen-ornamen pada tubuhnya dan tubuhnya dipenuhi bentuk yang seperti duri. Untuk memelihara ikan lion fish perlu diperhatikan jangan sembarangan mencampur ikan lion fish dengan ikan lainnya.

5. Ikan Gobies (Goby)

ikan gobie atau goby

Ikan Goby ini sangat mudah untuk dipelihara dan sangat cocok untuk yang pemula karena karena ikan yang nama latinnya Cryptocentrus ini mempunyai ketahanan tubuh yang kuat tidak mudah mati, untuk memeliharanya cukup buatlah akuarium kamu seolah habitat aslinya seperti ada terumbu karang lalu ada pasir lautnya.

6. Ikan Dottyback

ikan air laut dottyback

Warna dari ikan dottyback yang cantik sehingga banyak orang yang memeliharanya. Apalagi ikan dottyback tergolong ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara, pada habitat aslinya ikan dottyback hidup di antara terumbu karang. Oleh karena itu jika memelihara ikan dottyback usahakan akuarium kamu juga ada terumbu karangnya.

7. Butterfly Fish

ikan butterfly mudah dipelihara

Sesuai dengan namanya, ikan butterfly fish ini memang kalau dilihat hampir menyerupai kupu-kupu. Warna dari ikan butterfly fish ini beragam tapi lebih sering dijumpai yang memiliki warna dominan kuning. Memelihara ikan butterfly fish juga tidak sulit, dan bisa di campur dengan ikan lainnya yang mempunyai sifat atau karakter yang sama.

Nah itulah 7 jenis ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara, sebenarnya masih banyak sekali pilihan lainnya. Akan saya tambahkan di postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *