7 Jenis Lobster Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dikolam

Siapa yang tidak tahu udang karang, pasti semua orang telah mendengar tentang ikan ini. Nama familiernya disebut lobster. Nah disini saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang lobster air tawar.

Mendengar nama lobster tidak asing ditelinga kita, karena memang jumlah jenis lobster yang hidup diperairan dunia ini sangat banyak. Ada 2 jenis ikan lobster yang hidup di dunia ini, yaitu lobster air laut dan lobster air tawar.

Dari semua jenis lobster air tawar tidak semua mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan, bahkan ada beberapa jenis lobster yang langka dan sulit ditemukan. Karena memang setiap jenis lobster mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan ada pula yang sulit untuk beradaptasi ketika dipindahkan dari habitat aslinya ke penangkaran atau tempat budidaya ikan lobster.

Dibanding dengan lobster air laut, lobster air tawar lebih banyak dibudidayakan dan dipelihara dikarenakan dianggap lebih mudah perawatannya. Namun masih ada banyak orang yang tidak tahu bagaimana budidaya dan memelihara ikan lobster yang benar.

Nah dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh lobster air tawar yang mudah untuk dipelihara dikolam .

1. White Lobster

lobster putih

Sesuai dengan namanya, lobster ini mempunyai warna putih terang di seluruh tubuhnya. Dan kamu harus tahu lobster ini juga memiliki nama lain yaitu Procambarus Clarkii.

Sebagian besar yang memelihara lobster jenis ini adalah seorang perempuan, dengan warna yang sangat menarik dan indah akan memukau kamu saat melihatnya. Untuk harga white lobster yaitu sekitar 25.000 per ekor.

2. Dark Blue Yabby Lobster

Dark Blue Yabby Lobster

Jenis Lobster yang kedua adalah dark blue yabby lobster, dimana spesies lobster ini memiliki warna biru tua yang khas. Namun, ketika panjang lobster telah mencapai 5 inci maka warnanya akan berubah menjadi biru yang lebih cerah.

Dark blue yabby lobster ini berasal dari Australia yang dimana jika kamu ingin membeli lobster ini kamu perlu mengeluarkan uang sebesar 20.000 untuk seekornya.

3. Zebra Lobster

lobster zebra

Zebra Lobster juga salah satu jenis lobster air tawar yang menarik jika dipelihara, dengan warnaya yang unik membuat banyak orang tertarik untuk memelihara lobster zebra ini. Nama lain dari lobster zebra ini adalah Cherax Sp, lobster ini banyak ditemukan di daerah Papua

Untuk mendapatkan Zebra Lobster ini kamu dapat membelinya seharga sekitar 20.000 per ekornya.

4. Dark Rainbow Atau Cherax Boesemani

dark rainbow

Lobster air tawar yang berjenis Dark Rainbow ini masih satu keluarga dari jenis lobster sebelumnya yaitu Zebra Lobster. Habitat aslinya juga masih sama di daerah Papua

Untuk harganya tidak jauh berbeda yaitu sekitar 25.000 untuk satu ekornya.

5. Rainbow Papua

lobster rainbow papua

Rainbow Papua atau Cherex Pulcher adalah salah satu lobster yang paling indah di dunia. Bahkan dari beberapa peneliti dunia mengatakan bahwa lobster papua termasuk dalam spesies baru. Untuk harga dari lobster rainbow papua ini sekitar 35.000 per ekornya

6. Red Claw Lobster

Red Claw Atau Cherax Quardricaritanius

Jenis berikutnya adalah Red Claw lobster, lobster yang masih keluarga dari Parastacidae. Nama Red Claw berasal dari warna merah yang di kedua ujung capitnya. Lobster yang jenis ini sangat cocok dibudidayakan di suhu 20-24 Drajat Celcius.

Selain itu ciri khas dari lobster ini memiliki warna biru laut yang mengelilingi seluruh tubuh. Untuk harga lobster itu sendiri adalah sekitar 50.000 per ekor.

7. Red Lobster Atau Procambarus Clarkii

Red Lobster Atau Procambarus Clarkii

Lobster jenis ini masih termasuk dalam family Cambaridae, ciri khas dari lobster Red Lobster Atau Procambarus Clarkii ini adalah seluruh badannya diselimuti warna coklat kemerah-merahan untuk yang jantan. Adapun yang betina memiliki warna oranye kemerahan.

Selain itu, lobster jenis ini panjang tubuhnya bisa mencapai sekitar 12 cm, dengan berat 75 sampai 1000 gram per ekor. Untuk harganya lobster ini sekitar 35.000 untuk per ekornya

Beri Komentar