8 Jenis Ikan Discus Terfavorit Lengkap Beserta Harganya

Pernahkah Anda mendengar ikan hias bernama discus? Ikan dengan nama Latin Symphysodon Discus ini memang masih jarang ditemukan di Indonesia. Habitat aslinya pun cukup jauh, yakni Sungai Amazon di Brasil. Bentuknya yang unik dan corak warnanya yang memukau telah berhasil menarik orang-orang untuk menjadikan ikan discus sebagai penghias akuarium.

Ikan discus senang bermain di sekitar ranting dan akar pohon. Hal tersebut mereka lakukan juga sebagai proteksi terhadap serangan predator. Ketika dipindahkan ke akuarium ikan hias tersebut mungkin tidak akan menjumpai ancaman serupa. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk membuat lingkungan yang tak jauh berbeda dari habitat asli supaya mereka mudah beradaptasi.

Bagaimana dengan harga? Harga ikan discus di pasaran relatif bervariasi. Biasanya ditentukan dari jenis, corak, ukuran, hingga daerah asal. Sebagai bahan pertimbangan, berikut daftar jenis ikan discus beserta kisaran harganya.

1. Ikan discus leopard

Ingin punya ikan discus yang coraknya menarik sekaligus eksotis? Berarti Anda bisa memperhitungkan ikan discus leopard. Sesuai namanya, tubuh ikan tersebut disaputi corak menyerupai macan tutul atau leopard. Warna merah yang mendominasi sisiknya tampak begitu kontras dengan warna putih sebagai dasar. Tak jarang saat terimpa cahaya, ada warna kebiru-biruan yang muncul dari sisi tubuhnya. Pola ini pula yang lantas membuat harganya di pasaran relatif tinggi.

Harga ikan discus leopard: Rp60.000 (5 cm) sampai Rp200.000 (25 cm)

2. Ikan discus blue diamond

Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa membayangkan warna utama dari jenis ikan discus ini. Ya, ikan discus blue diamond dikenal dengan warna birunya yang mendekati cangkang telur bebek. Semakin bersih dan terang warna tersebut, maka semakin mahal juga harga yang dipasang. Ciri lain yang bisa Anda kenali dari ikan ini adalah saat ditempatkan di tempat gelap atau penerangan remang, tubuhnya akan bersinar; seakan-akan dinyalakan bak lampu.

Harga ikan discus blue diamond: Rp50.000 (5 cm) sampai Rp140.000 (25 cm)

3. Ikan discus gold yellow

Sebenarnya ikan discus gold yellow tak jauh berbeda dengan blue diamond dari segi pola sisik yang sama-sama polos. Warna kuning keemasan dengan sirip hitam menjadi daya tarik jenis ikan discus ini. Belum lagi warna matanya yang kuning kemerahan dan garis-garis putih yang bisa Anda lihat di sekitar kepala serta sirip. Wajar saja kalau jenis ikan discus gold yellow dilepas dengan harga relatif tinggi di pasaran mengingat polanya yang cukup unik.

Harga ikan discus gold yellow: Rp50.000 (5 cm) sampai Rp120.000 (25 cm)

4. Ikan discus green

Jika Anda membutuhkan ikan discus dengan warna selain merah atau putih, maka ikan discus green bisa dijadikan sebagai opsi alternatif. Jangan ragukan soal kecantikan warnanya, karena jenis ikan discus ini mempunyai warna hijau kebiruan dengan corak garis warna cokelat kemerahan. Berbeda dari ikan-ikan discus lain yang berasal dari Sungai Amazon, ikan discus ini tinggal di Sungai Santeran dan Danau Tefe, Brasil. Harganya pun lebih bersahabat.

Harga ikan discus green: Rp40.000 (5 cm) sampai Rp120.000 (25 cm)

5. Ikan discus marlboro

Salah satu ciri khas yang dapat dikenali dari jenis ikan discus ini adalah warnanya yang jingga kemerahan dengan kepala warna putih kekuningan. Sementara mata dari ikan yang punya nama lain red melon ini biasanya berwarna merah. Karena cukup sulit dijumpai di pasaran, ikan discus marlboro juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan tipe discus lainnya. Jadi alangkah baiknya Anda untuk memperhitungkan bujet yang dikeluarkan.

Harga ikan discus marlboro: Rp60.000 (5 cm) sampai Rp180.000 (25 cm)

6. Ikan discus checker board pigeon

Ikan discus checker board pigeon dikenal dengan warna dasar putih dengan corak merah di sekujur tubuh. Kemudian, pada bagian kepala, terdapat warna kuning yang membuat penampilan jenis ikan discus tersebut impresif. Semakin menunjang kecantikannya, warna mata pada ikan discus checker board pigeon bahkan mengikuti warna garis di tubuhnya. Artinya, kalau ikan discus ini punya warna merah, maka matanya pun bakal memiliki warna serupa.

Harga ikan discus checker board pigeon: Rp50.000 (5 cm) sampai Rp150.000 (25 cm)

7. Ikan discus red ribbon

Nah, ikan discus red ribbon disebut-sebut sebagai jenis yang termahal di dunia. Ada beberapa faktor yang membuat nilai jualnya sangat tinggi. Di antaranya corak garis warna merah dengan warna putih kekuningan sebagai dasar. Pola ini pula yang membuatnya berbeda dari ikan discus checker board pigeon karena polanya lebih bundar dan tidak beraturan. Sementara itu siripnya bening kemerahan, meski ada juga yang biru muda hingga hitam.

Harga ikan discus red ribbon: Rp80.000 (5 cm) sampai Rp250.000 (25 cm)

8. Ikan discus pearl pigeon

Kendati sama-sama memiliki nama pigeon, tetapi jenis ikan ini berbeda dengan ikan discus checker board pigeon. Adapun ciri-ciri yang dapat Anda kenali adalah warna merah dengan bintik-bintik putih seperti checker board pigeon, hanya saja ukurannya lebih mungil. Ikan discus pearl pigeon memiliki bentuk yang sekias akan mengingatkan Anda pada stroberi karena warna merahnya yang cukup menyala. Sementara harganya cukup bersaing dengan jenis ikan discus lain.

Harga ikan discus pearl pigeon: Rp75.000 (5 cm) sampai Rp200.000 (25 cm)

Makanan dan pemeliharaan ikan discus

Asupan makan dan cara pemeliharaan ikan discus akan mempengaruhi keberlangsungan hidup mereka selama berada di akuarium. Anda pastinya bakal merugi kalau sampai ikan discus yang dipilih terserang penyakit dan mati saat usianya masih muda. Untuk makanan, jenisnya bisa datang dari makanan organik maupun buatan. Beberapa di antaranya adalah larva serangga, cacing tubifex, infusoria dan rotifera, cacin tanah, kutu air, jentik nyamuk, telur udang, maupun artenia.

Sementara untuk akuarium, pastikan tempatnya dikondisikan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Atur suhu di dalam akuarium. Semakin tinggi temperaturnya, maka semakin berkurang juga kadar oksigen di dalam akuarium;
  2. Kadar pH juga akan memberikan dampak terhadap kesehatan ikan discus. Pastikan tingkat pH berada di level 6,5. Jika pH akuarium berada di atas 7, ikan discus akan cenderung mudah stres;
  3. Jangan malas mengganti atau menguras air akuarium. Akuarium yang jarang dibersihkan malah akan meningkatkan kadar amonia. Setidaknya air akuarium harus diganti sekitar 50% dari total air setiap minggu;
  4. Pasang tangki injeksi CO2 untuk menjaga kualitas akuarium. Jika memungkinkan, pasang juga kayu apung supaya ikan discus dapat cepat beradaptasi dengan habitat barunya.

Demikian informasi seputar jenis ikan discus, harga, dan tip pemeliharaannya. Semoga dengan data ini Anda akan lebih mudah menentukan ikan discus yang sesuai dengan bujet dan memperhatikan tata cara merawatnya supaya tetap sehat.

Beri Komentar