Alat dan Bahan Lengkap Untuk Membuat Aquascape

Posted on

Dalam membuat aquascape itu tidak sulit jika kita sudah memahaminya, karena kita harus membuat dan menjaga sebuah ekosistem air agar tetap stabil dan kebutuhannya saling terpenuhi.

Seperti memberi makan ikan yang teratur dengan takaran yang pas serta menjaga kebutuhkan oksigennya (CO2), tak hanya ikan kita wajib memperhatikan kebutuhan tanaman air juga karena tanaman air juga membutuhkan CO2 serta cahaya yang cukup untuk melakukan fotosintesis.

Oleh karena itu saya mau mengenalkan alat dan bahan untuk membuat aquascape untuk kamu yang baru mau mulai terjun dalam tehnik aquascape ini. Pertama-tama kamu perlu menyiapkan bahan seperti ;

  1. Akuarium
  2. Filter
  3. Substrat
  4. Sumber Cahaya
  5. Flora
  6. Fauna

Setelah kamu sudah tahu alat dan bahan apa saja yang diperlukan sekarang mari kita bahas satu persatu agar kamu bisa lebih memahaminya.

1. Akuarium

Akuarium sangat penting dalam pembuatan aquascape karena akan menjadi wadah untuk menampung ekosistem air nantinya, sebenarnya tak harus akuarium, bisa juga menggunakan toples atau wadah bening lainnya tetapi secara umum lebih mudah akuarium.

Untuk ukuran sendiri bisa menyesuaikan dengan kondisi, karena dalam pembuatan aquascape bisa dibuat dengan akuarium yang kecil namun memang semakin besar akuarium lebih mudah untuk dalam proses pembuatan aquascape karena memiliki ruang yang luas untuk menata tanaman serta item-item lainnya.

2. Filter

Filter ini juga berperan sangat penting dalam aquascape karen berguna untuk membersihkan, menjernihkan serta memberikan arus air sehingga ekosistem di akuarium nanti bisa lebih natural dengan adanya arus air, ada beberapa filter yang sering digunakan dalam aquascape ini sebagai contoh seperti Hang On Filter (filter gantung), Top Box Filter, Undergravel Filter, dan yang paling saya suka yaitu Canister Filter. Perlu diketahui jika ukuran akuarium besar maka perlu filter yang cocok untuk bisa bekerja dengan baik.

3. Substrat

Substrat ini juga jangan di kesampingkan, karena juga penting dalam pembuatan aquascape yang berguna sebagai media tanam pengganti tanah di rumah kita. Sebenarnya kita bisa menggunakan tanah disekitar rumah kita namun itu pastinya dapat membuat air mudah keruh jadi lebih baik kita gunakan substrat saja, ada beberapa jenis substrat yang biasa digunakan untuk aquascape seperti;

a. Pasir Malang

Pasir malang ini sudah sangat terkenal dalam pembuatan aquascape, salah satu kelebihannya adalah warna hitam pada pasir ini tidak akan pudar walau sudah lama digunakan selain itu pasir malang juga mudah dijumpai karena hampir semua toko akuarium pasti menjual pasir malang ini dan harganya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp.5.000 / kg, bisa lebih murah jika kamu membelinya dalam jumlah banyak.

b. Pasir Silika

Berbeda dengan pasir malang yang mempunyai warna yang hitam, pasir silika ini mempunyai warna yang putih sehingga bisa membuat aquascape kamu lebih terlihat terang namun harga untuk pasir silika juga lebih mahal jika dibandingkan dengan pasir malang.

c. Soil

Untuk jenis substrat yang terakhir adalah soil, tanah buatan ADA (Aqua Design Amano) yang diketuai oleh Takashi Amano ini adalah tanah buatan yang sudah diberi beberapa tambahan nutrisi untuk menyukupi kebutuhan tanaman air, dengan warna coklat seperti tanah dan teksturnya juga agak lembut sangat cocok untuk media tanam tanaman air karena juga sangat mudah untuk ditembus oleh akar-akar tanaman air, untuk harganya tidak jauh berbeda dengan substrat-substrat jenis lainnya.

4. Sumber Cahaya

Selain berguna sebagai pencahayaan cahaya juga sangat diperlukan oleh tanaman air untuk melakukan proses fotosintesis, pada umumnya sumber cahaya yang paling banyak digunakan untuk aquascape adalah cahaya lampu dari neon atau lampu LED. Namun perlu di ingat bahwa dalam memilih sumber cahaya tidak sembarangan karena setiap tanaman mempunyai kebutuhan cahaya yang berbeda-beda kamu bisa membaca artikel yang Cara Mengatur Pencahayaan Aquascape untuk mengatur dan menghitung daya yang dibutuhkan oleh tanaman kamu.

5. Flora

Flora adalah sebuah tumbuhan atau tanaman, jika ingin membuat aquascape pastikan itu bahwa tanaman air dan untuk pemula bisa pilih tanaman air yang membutuhkan cahaya yang sedikit karena lebih mudah perawatannya dan tanaman air juga membutuhkan Oksigen CO2 jadi tetap jaga kondisi air di aquascape kamu.

6. Fauna

Fauna adalah binatang penghuni di aquascape, tak hanya ikan terkadang kita bisa menambahkan udang, ataupun kura-kura. Untuk ikan pilihlah yang jangan mempunyai sifat agresif kamu juga bisa untuk membaca-baca artikel di website ini yang berkategori Aquascape karena disana banyak artikel yang menjelaskan fauna apa saja yang cocok untuk aquascape.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *