Jenis Batu Yang Cocok Untuk Aquascape

Setelah kita mengetahui 5 Jenis Kayu Untuk Aquascape sekarang kita akan membahas jenis batu yang cocok untuk aquascape, hardscape yang satu ini juga tidak kalah penting dalam aquascape karena dengan adanya batu-batu bisa menambahkan nilai estetis terlihat natural seperti aslinya serta juga dapat digunakan sebagai media tanam tanaman air.

Sebenarnya kita bisa menggunakan sembarang batu akan tetap jika ingin lebih menarik dan membuat aquascape kamu lebih indah maka pakailah batu yang memang sudah direkomendasikan oleh para aquascaper, nah disini saya akan membahas beberapa jenis batu yang biasa dipakai oleh penghobi aquascape dan memang jenis-jenis batu ini selain mempunyai bentuk yang bagus berat batunya juga lumayan ringan hal ini bertujuan agar akuarium tidak menahan beban terlalu berat.

Macam-macam jenis batu untuk aquascape

1. Batu Fosil

Saat disekolah pastinya kita sudah pernah diajarkan tentang pengertian fosil itu sendiri, nah batu fosil ini juga terbentuk dari pohon-pohon yang mati ratusan hinggu jutaan tahun yang lalu terkubur didalam tanah. Bentuk fisik dari batu fosil ini biasanya mempunyai warna putih kecoklatan dan batu fosil juga tergolong batu yang ringan oleh karena itu banyak yang menggunakannya sebagai aquascapae.

2. Batu Besi

Batu yang berwarna hitam dengan tekstur guratan-guratan pada setiap sisi batu, biasanya batu besi ini dalam aquascape digunakan sebagai waterfall atau untuk membuat tebing, biasa diterapkan di aquascape tema pegunungan yang ada air terjunnya.

3. Lava Rock

Sesuai dengan namanya, batu lava rock ini terbentuk dari lava gunung berapi yang sudah dingin. Lava rock mudah ditemui di sekitar lereng-lereng gunung berapi, dengan warna hitam serta berpori membuat batu dari lava ini lumayan ringan dan cocok untuk aquascape, sama seperti batu besi tadi, lava rock juga cocok untuk membuat air terjun.

4. Siryu Stone

Siryu stone adalah batu yang didatangkan dari Jepang, batu yang berwarna abu-abu dan bertekstur runcing ini biasanya dipakai di aquascape yang bertema Iwagumi Style, tapi untuk mendapatkan batu ini agak susah karena memang batu siryu stone ini harus import serta harganya pun lebih mahal dari jenis batu lainnya.

5. Garang Stone (Eragon)

Sesuai dengan namanya, jika dilihat bentuk dari batu ini memang terlihat garang hal ini dikarenakan batu ini memiliki tekstur kasar serta berongga untuk warna dari batu ini biasanya menyerupai kayu yaitu berwarna coklat kecoklat – coklatan, batu ini sangat cocok jika kamu ingin memadukan dengan menanam anubias atau buce disela-sela rongga batu atau disamping batu

Itulah beberapa jenis batu yang cocok untuk dijadikan aquascape, kamu bisa membeli batu-batu tersebut ditoko ikan hias yang juga menjual barang-barang untuk membuat aquascape. Perlu di ingat bahwa bentuk batu tak semua mirip diatas, jadi saat kamu membeli batu harus cermat untuk memilih yang bagus dan sesuai dengan tema aquascape yang akan kamu buat

Beri Komentar