Kenali Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik Semua Pasti Bisa

Untuk budidaya ikan blue elektrik dapat dibilang sulit. Tetapi kamu jangan langsung menyerah begitu.

cara budidaya ikan blue elektrik

Dengan mengikuti tips dari kami ini, kamu pasti bisa membudidayakan ikan ini.

Tips-tips budidaya ikan blue elektrik termudah

1. Jangan digabungkan ikan lain

Ada ikan jenis lain yang tidak boleh digabungkan satu akuarium dengan blue elektrik. Yakni ikan yang bergerak cepat dan memiliki sifat agresif.

Blue elektrik jantan itu termasuk ikan yang benar-benar butuh kenyamanan dan ketenangan. Karena itu jika memang kamu mau menggabungkan ikan ini dengan spesies lainnya, maka kamu bisa menggabungkan dengan ikan dari spesies yang tenang dan lambat.

Sebab blue elektrik akan merasa lebih nyaman dan aman. Terutama pada waktu ikan tersebut makan.

2. Ukuran akuarium

Gunakan akuarium yang bisa menampung 20 galon air apabila kamu mau memelihara 1 pasang blue elektrik.

Kalau kamu mau pelihara 2 pasang maka gunakan akuarium yang bisa menampung 40 galon air, 2x lipatnya.

Blue elektrik termasuk ikan yang sensitif pada sampah organik. Karena itu kualitas air di akuarium harus benar-benar kamu jaga. Dengan begitu blue elektrik pun akan bisa hidup lebih panjang.

3. Tambahkan tanaman air

Sama seperti jenis ikan yang lainnya. Sebaiknya kamu menambahkan tanaman air di akuarium.

Jangan memasang tanaman air terlalu banyak. Sisakan space untuk berenang. Karena kalau akuarium kepenuhan dengan tanaman air akan membuat blue elektrik tidak nyaman dan tidak bisa hidup lama.

  5 Cara Mudah bersihkan Akuarium Agar Tetap Jernih

4. Tambahkan gua

Buat juga gua-guaan di akuarium, selain tanaman air. Karena nanti mereka akan menggunakan gua ini untuk tempat melindungi diri.

Di mana ketika ikan ketakutan akan membutuhkan tempat untuk berlindung, sehingga mereka pun bisa merasa lebih tenang di dalam gua buatan tersebut.

Gua buatan ini juga berfungsi untuk tempat ikan blue elektrik menyimpan telur mereka.

5. Digabungkan dengan spesies lain

Apabila kamu mau memelihara blue elektrik dengan spesies ikan lain, jangan kamu gabung dengan spesies ikan yang ganas dan bergerak cepat. Karena nanti blue elektriknya tidak kebagian makan, karena kalah cepat.

Selain itu blue elektrik termasuk ikan yang senang dengan ekosistem yang tenang. Jadi gabungkan dengan spesies ikan yang tenang dan bergerak lambat.

6. Bagaimana jika blue elektrik mulai agresif?

Apabila kondisi ini terjadi maka segera buat tempat berlindung dalam akuarium. Di mana tempat-tempat tersebut bisa dijadikan tempat bersembunyi.

Semakin sedikit tempat untuk sembunyi maka ikan-ikan ini akan menjadi lebih ganas.

7. Buat batasan-batasan dalam akuarium

Yang ketujuh jangan lupa untuk membuat batasan di ruang-ruang dalam akuarium kamu.

Sebab dengan batasan ini maka ikan pun akan lebih merasa nyaman. Pada waktu pembiakan blue elektrik akan jadi lebih agresif.

Mereka jadi lebih agresif juga ada alasannya lho kawan. Jadi itu karena mereka merasa khawatir.

Mereka berusaha untuk memastikan jika anak-anaknya tetap aman.

8. Trik apabila blue elektrik mau dipindah tempat

Apabila kamu memindahkan ikan ini ke akuarium yang baru. 100% mereka akan jadi stress. Efeknya ikan-ikan ini pun jadi tidak mau makan.

Karena itu kamu bisa memberikan mereka jentik nyamuk, untuk memancing agar mereka mau makan lagi. Karena kalau tidak makan nanti bisa mati.

  Cara Cepat Memanjangkan Ekor Ikan Cupang

Sesudah blue elektrik mau makan lagi, nanti nafsu makan mereka pun akan kembali seperti semula lagi. Kemudian gunakan pakan yang mereka suka, contohnya pelet dan serpihan.

Ciri-ciri dari blue elektrik yang dipelihara dengan benar adalah tidak pilih-pilih makanan. Kalau ikan ini tak nafsu makan, maka kamu harus check apa yang salah.

9. Suhu dan pH akuarium

Nah suhu dalam air di akuarium juga harus kamu perhatikan. Suhu yang cocok untuk habitat ikan ini yakni 78 hingga 85 Derajat Fahrenheit.

pH akuarium yang cocok yakni 5 hingga 6. Itu adalah pH yang ideal untuk blue elektrik.

10. Cara membedakan ikan blue elektrik jantan dan betina

Nah ini banyak nih yang tanya dan masih belum banyak informasi terkait ini.

Kalau ciri dari yang jantan adalah punya sirip dorsal dengan ukuran sedikit lebih panjang.

Tips dari kami untuk kamu yang mau mengawinkan blue elektrik. Jadi belilah sekelompok ikan yang masih remaja, dan taruh dalam satu akuarium yang sama. Secara alami nanti ikan ini bisa memilih pasangannya sendiri.

Kamu tidak perlu repot-repot menjodohkan mereka hehe.

Yang pasti jumlah jantan dan betina yang dipelihara harus sama. Blue elektrik termasuk ikan dengan tingkat kesuburan rendah, serta merupakan induk yang buruk. Yah ini memang yang menjadi kesulitan dalam mengembangbiakkan blue elektrik.

Oh iya kamu juga jangan memisahkan anak-anak ikan ini dari indukannya. Sebab blue elektrik jantan dan betina akan sama-sama menjaga anak mereka. Indukan ikan ini juga memakan telur yang tak dibuahi. Dan juga akan menjauhkan jamur dan bakteri dari atas telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *