Cara Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu

Posted on

Kutu air adalah salah satu makanan ikan hias yang paling banyak digunakan karena mudah didapat dan hargnya pun relatif murah. Kandungan protein kutu air sangat tinggi oleh karena itu sangat cocok untuk makanan ikan cupang, guppy dan ikan hias lainnya yang ukurannya mirip-mirip.

Tak hanya untuk pakan ikan hias yang masih dewasa, memberi makan benih ikan dengan kutu air adalah pilihan yang paling tepat karena dengan kandungan protein yang tinggi mencapai 66% dapat membuat pertumbuhan bening ikan lebih cepat.

Setidaknya ada 2 jenis yang umumnya dipakai untuk pakan ikan yaitu moina dan daphnia. Karena kedua jenis kutu air tersebut mudah untuk dibudidayakan dan dalam mencari bibitnya pun juga tidak susah dan keduanya masih dalam famili udang renik anthropoda.

Nah disini saya akan membagi tutorial cara budidaya kutu air, bisa untuk persediaan pakan ikan hias kamu jadi tidak perlu lagi untuk membelinya, atau bahkan bisa dijual lagi. Untuk budidaya kutu air bisa dengan beberapa media seperti susu, kol, ragi dll. Tapi kali ini saya akan fokuskan untuk budidaya kutu air dengan media susu, untuk caranya yaitu pertama-tama harus menyiapkan bahan-bahannya dulu.

Menyiapkan Wadah Untuk Budidaya Kutu Air

Siapkan wadah yang nantinya akan digunakan untuk budidaya kutu air, wadah atau tempatnya bisa menggunakan ember, baskom, bak ataupun yang lainnya. Lalu isi wadah tersebut dengan air hingga 3/4 bagian wadah.

Dan letakkan ember tersebut di tempat terbuka tapi carilah yang tidak ada gangguan dari hewan seperti ayam dll, dan jangan sampai bisa kehujanan wadah tersebut dikarenakan nanti bisa meluap yang mengakibatkan kutu airnya ikut keluar.

Setelah menemukan tempat yang pas untuk meletakkan ember tersebut sekarang kamu bisa untuk memasukkan benih kutu air kedalam ember tersebut. Untuk benih kutu air sangat mudah dijumpai di penjual ikan hias.

Budidaya Kutu Air Dengan Media Susu

Untuk jenis susu yang dapat digunakan sebagai media budidaya kutu air adalah susu bubuk. Untuk takaran berapa banyaknya susu yang digunakan adalah menyesuaikan ukuran ember/wadah untuk budidaya kutu airnya.

Sebagai contoh jika ember kamu berisi air 10 liter maka kamu bisa menaburkan 20 sendok makan susu kedalam ember atau media budidaya kamu, tidak perlu untuk di aduk .

Jangan memberi susu terlalu banyak karena dapat menimbulkan bau yang kurang sedap dan juga dapat mengganggu proses budidaya kutu air. Untuk pemberian susu cukup satu kali saja untuk tiap wadah/media budidaya.

Panen Kutu Air

Jika kamu melakukan cara yang benar maka seharusnya dalam waktu satu bulan kamu akan melihat wadah budidaya kutu air kamu akan penuh dengan kutu air. Kamu dapat membaginya di wadah baru jika memang terlalu banyak dan dirasa sudah kebanyakan di satu wadah.

Nah sangat mudah bukan untuk budidaya kutu air ini, tidak terlalu memakan tempat juga karena hanya dengan ember atau baskom sudah bisa budidaya kutu air. Sekarang kamu sudah bisa membudidayakannya sendiri jadi jika ikan hias kamu dirumah banyak tidak perlu lagi untuk membeli pakan ikan, tinggal budidaya saja sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *