Cara Mudah Membedakan Ikan Discus Jantan dan Betina

Dalam memelihara ikan discus kamu harus mengetahui dan bisa membedakan ikan discus jantan dan betina ini adalah pengetahuan yang wajib kamu tahu saat memelihara ikan tersebut.

Warna cerah ikan discus ini menjadi salah satu kelebihan dari ikan ini, dan bisa dijadikan aquascape. Bentuk yang hampir bulat dan menyerupai layang-layang ini membuat ikan ini berbeda dengan kebanyakan ikan hais lainnya.

Ikan yang berasal dari Amerika ini sudah mudah dijumpai di Indonesia karena para breeder sudah bisa membudidayakannya.

perbedaan discus jantandan betina

Untuk membedakan jantan dan betina tidak semudah seperti ikan hias lainnya seperti ikan cupang, guppy dan sebagainnya. Hal ini dikarenakan dicsus jantan maupun betina memiliki karakteristik yang mirip meskipun kamu melihatnya dari berbagai sudut.

Oleh karena itu untuk membedakannya perlu lebih detail. Nah, disini penulis akan membeberkan beberapa poin yang dapat kamu lakukan untuk membedakannya.

Cara membedakan ikan discus jantan dan betina

Membedakan-discus-jantan-betina

Perbedaan warna ikan discus jantan dan betina

Ada sedikit perbedaan warna yaitu discus jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah, apalagi saat sudah memasuki fase kawin. Walaupun demikian, discus betina juga memiliki warna yang cerah jadi tetap agak sulit kalau hanya melihat dari warnanya, berbeda dengan cupang perbedaan warna jantan dan betina sangat mencolok.

Melihat perbedaan dari sisi pergerakan

Untuk membedakan jantan dan betina tak selalu harus melihat ciri fisiknya, untuk discus jantan pergerakannya lebih lincar dan agresif sedangkan jenis yang betina lebih tenang.

Perbedaan sirip belakang ikan discus jantan dan betina

Sirip belakang / dubur yang jantan memiliki bentuk yang tidak terlalu bulat, sedangkan yang betina bentuknya bulat total, akan tetapi perbedaan ini sangatlah kecil. Jadi solusinya kamu bisa menanyakan ke penjual ikan discus secara langsung.

Membedakan ikan discus jantan dan betina dari kelamin

Langkah terakhir yaitu melihat langsung dari bentuk kelamin dari ikan discus. Pada ikan discus jantan bentuknya runcing sedangkan yang betina agak bulat dan lebar.

Nah itulah beberapa tips untuk membedakan ikan discus jantan dan betina, jangan menyimpulkan dari satu poin saja. Kamu harus menggabungkan beberapa poin diatas untuk menentukan discus jantan maupun betina, jika masih kurang paham kamu bisa langsung untuk menanyakan ke penjual ikan hiasnya.

Beri Komentar