Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong

Jika kamu saat ini ingin memelihara atau mulai membudidayakan ikan Louhan. kamu berada di artikel yang tepat. Kami akan membagikan cara memelihara ikan Louhan yang dapat kamu ikuti agar memberikan hasil yang maksimal.

Ikan Louhan atau biasa disebut Flowerhorn memang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digandrungi para pencinta dunia ikan. Pernah dulu pada masanya ikan ini menjadi buruan orang dan memiliki harga yang sangat tinggi. Banyaknya penggemar ikan Louhan ini pantas saja terjadi, sebab memang ikan ini memiliki penampilan yang unik nan menarik. Ikan Louhan memiliki jenong di atas kepalanya serta memiliki pola warna-warni di tubuhnya yang unik.

ikan lauhan

Orang-orang ketika merawat ikan Louhan memang selalu berharap mendapatkan ikan yang memiliki jenong besar dan elastis. Untuk itu kamu perlu memperhatikan saat memilih ikan pertama kali . Pastikan ikan memiliki jenong air atau water head. Jangan sampai kamu memilih ikan Louhan dari gen tanpa jenong, sebab meskipun sudah di rawat maksimal jika tidak dari gen jenong, maka tidak akan tumbuh.

Cara Memelihara Ikan Louhan

Setelah menemukan gen terbaik yang akan dirawat, selanjutnya kamu perlu sangat memperhatikan perawatan awal dan rutinnya. Berikut caranya kami sampaikan:

Siapkan dan perhatikan jenis dan ukuran akuarium dan perlengkapannya

ikan lauhan merah

Pilih akuarium yang tinggi, semakin tinggi semakin baik. Minimal gunakan akuarium dengan ukuran panjang 90 cm x 50 cm x 50 cm. Sebaiknya berikanlah lampu berwarna pink dengan jenis TFC dan hidupkan selama 10 jam sebagai pengganti cahaya matahari.

Tambahkan aerator atau pompa udara untuk membuatn udara sisa pernafasaan ikan ke luar. Tak lupa pasangkan termometer dan heater untuk suhu akuarium yang berkisar 25 – 27 derajat Celcius agar cocok untuk ikan Louhan. Selain itu tambahkan filter untuk membuat air selalu dalam kondisi bersih.

Berikan kualitas terbaik air untuk Ikan Louhan

Ikan Louhan membutuhkan kualitas air terbaik yang jernih dan mengandung banyak oksigen terlarut.

Berikan interior dan tanaman air

ikan louhan

Sesuaikan akuarium dengan habitat asli ikan Louhan di sungai atau danau agar ikan tidak mudah stress dan nyaman. Tambahkan bebatuan dan pasir yang masih tercampur humus. Tambahkan tanaman air untuk tempat ikan Louhan biasa menyembunyikan diri.

Berikan makanan terbaik untuk ikan Louhan

Memberikan makan ikan Louhan ini butuh strategi khusus sebab jika salah mensuplai makanan maka bisa jadi warna ikan yang menarik menjadi pudar.  Makanan yang sangat cocok adalah jangkrik sebab dapat memperbaiki kecerahan warna dan corak dari ikan Louhan terutama untuk jenis super red dragon dan golden base. Jika tidak ada Jangkrik, kamu bisa menggantinya dengan makanan yang memiliki banyak kandungan betacarotene yang memiliki fungsi untuk memperbaiki kecerahan ikan.

Selain itu kamu juga bisa memberi makan dengan udang, cacing, atau pellet. Berikan secara rutin 3 – 4 kali sehari.

Lakukan interaksi rutin dengan Ikan Louhan

Interaksi dengan ikan Louhan akan membuat mental dari ikan Louhan terlatih sehingga lebih lincah. Tujuan berinteraksi ini juga untuk meningkatkan agresifitas ikan Louhan. Ketika Louhan agresif dan marah maka jenong akan semakin cepat muncul.

Demikianlah lima cara merawat ikan Louhan yang bisa kamu praktekan langsung. Ingat memelihara ikan cantik dan bernilai ekonomis tinggi ini memang butuh usaha dan ketelatenan. Namun kamu akan mendapatkan hasil yang sebanding jika berhasil melakukannya!

Beri Komentar