Mempercepat Mutasi Ikan Louhan

Ikan louhan adalah salah satu ikan hias cukup terkenal karena mempunyai berbagai keunikan salah satunya adalah mempunyai benjolan di kepala atau biasa disebut jenong. Selain itu ikan yang dipercaya memberikan keberuntungan ini juga dikenal sebagai ikan dengan warna sisik mencolok. Namun ternyata warna sisik tersebut bisa berubah lho atau orang sering menyebutnya dengan mutasi. Lantas bagaimana cara mempercepat mutasi ikan louhan?

Penasaran? Baca artikel ini dari awal sampai selesai yuk!

Apa yang Dimaksud Dengan Mutasi Ikan Louhan?

mutasi louhan golden base

Mutasi yang terjadi pada ikan dialami oleh ikan jenis cichlid dari Amerika yaitu midas cichlid dan red devil cichlid. Di alam terbuka, sebagian dari kedua jenis ikan tersebut warna kulitnya akan mengalami pergantian menjadi putih orange, kuning, dan orange kemerahan.

Jika dilihat secara ilmiah, pergantian warna tersebut dinamakan amelanism atau kelainan pada pigmentasi yang ditandai dengan berkurangnya pigmen melanins dan hal tersebut bisa terjadi pada amfibi, reptil, ikan, dan lain-lain. Pergantian warna ini akan terjadi pada ikan amelanistic tergantung pada pigmen non melanin yang masih ada.

Kenapa ikan louhan bisa mengalami mutasi? Karena ikan louhan mempunyai genetika bawaan dari ikan midas cichlid dan red devil cichlid. Ikan louhan sendiri merupakan hasil dari kawin silang antara American cichlid sehingga mempunyai gen yang diwariskan oleh induknya.

Cara Mempercepat Mutasi Ikan Louhan

Ada beberapa tips atau cara untuk mempercepat mutasi ikan louhan, antara lain:

  • Kamu bisa mencoba cara mana yang cocok, apakah menaikkan pH atau menurunkan pH dengan menggunakan daun ketapang yang sudah diolah dan siap digunakan.
  • Disarankan untuk tidak mengganti air aquarium saat mutasi berlangsung tetapi kualitasnya harus tetap dijaga dengan cara rajin mengganti kapas pada filter dan mineral yang berfungsi untuk menjaga kualitas air.
  • Saat mutasi berlangsung, disarankan untuk menghindari pakan ikan yang mengandung spirulina dan caropil. Pakan yang mengandung spirulina akan menjadikan warna hitam yang sudah hilang akan kembali muncul dan menjadi lebih pekat sehingga memperlambat atau memundurkan proses mutasi. Namun, di sisi lain pakan spirulina akan menjadikan mutiara ikan calon golden base akan menjadi lebih baik.
  • Sebaiknya gunakan pakan alami seperti jangkrik, cacing beku, hati ayam, pelet, cacing sutra, ulat hongkong, udang, kelabang, ikan kecil, katak, dan lain-lain.
  • Selama proses mutasi berlangsung, disarankan untuk tidak memindahkan ikan kemanapun atau membuat ikan kaget karena adanya perubahan besar pada aquarium.
  • Kurangilah penggunaan lampu aquarium.
  • Gunakanlah air hangat dengan suhu berkisar antara 28 sampai 30 derajat celcius. Agar proses mutasi bisa berjalan lebih cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika kita menaikkan suhu air maka oksigen yang terkandung pun menjadi semakin tipis sehingga jika ikan sudah merasa tidak nyaman maka berikanlah tambahan suplai oksigen atau aerasi.
  • Tetaplah sabar karena bisa saja ikan tidak bisa bemutasi.

Berapa Lama Proses Mutasi Pada Ikan Louhan Akan Berlangsung?

Pertanyaan berapa lama proses mutasi pada ikan louhan akan berlangsung ini memang tidak bisa dijawab secara pasti karena proses mutasi hingga menjadi bersih tidak bisa ditentukan secara pasti pula. Biasanya ikan akan bermutasi selama beberapa hari dan ada pula ikan yang menghabiskan waktu sampai berbulan-bulan untuk proses bermutasi.

Proses mutasi sendiri, yang menjadi taruhan utamanya adalah mutiara pada ikan louhan. Ada yang mutiaranya rontok dan ada juga yang masih bertahan. Mutiara yang dimaksud pada ikan louhan tidaklah sama dengan mutiara kerang. Mutiara pada ikan louhan adalah bintik-bintik yang ada pada tubuh ikan.

Adapun beberapa jenis mutiara pada ikan louhan seperti mutiara cacing, mutiara bintik, mutiara pasir, mutiara silk, mutiara jagung, mutiara jaring, dan armour pearl.

Saat proses mutasi berlangsung yang terjadi pada ikan louhan adalah mereka akan mengalami perubahan warna kulit menjadi hitam untuk bisa berubah menjadi lebih pucat. Setelah itu warnanya akan berubah lagi menjadi putih, orange, kuning, atau merah.

Terdapat beberapa kasus yang menjadikan kulit ikan louhan tidak bisa memudar sepenuhnya dan menyisakan beberapa warna hitam atau dikenal sebagai hypomelanism.

Itu dia artikel mengenai bagaimana cara mempercepat mutasi ikan louhan. Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *