Cara Menghilangkan Getah Kayu Untuk Aquascape

Posted on

Pada kayu aquascape selain terdapat zat tanin ternyata masih ada kandungan satu lagi yang dapat merusak keindahan di aquascape yaitu adalah getah kayu. Memang getah tidak terlalu membahayakan karena tidak merubah warna air namun bisa merusak pemandangan pada aquascape itu sendiri.

Coba perhatikan gambar dibawah ini, yang terlihat putih-putih di adalah getah yang keluar dari kayu di aquascape. Biasanya keluarnya getah bersamaan dengan keluarnya tanin, perbedaanya jika tanin tidak terlihat sedangkan getah saat keluar akan terlihat putih-putih dan bisa menular ke tanaman lainnya.

Namun tenang disini saya akan memberi beberapa tips untuk menghilangkan getah kayu yang akan atau sudah digunakan dalam aquascape.

1. Menghilangkan getah kayu sebelum membuat aquascape

Disarankan memang sebelum membuat aquascape kayu memang harus di proses dahulu sebelum siap digunakan, nah untuk menghilangkan getah kayu sebelum membuat aquascape kamu bisa mengunjungi artikel Cara Menghilangkan Tanin Pada Kayu Bakau karena saat memproses menghilangkan tanin dengan cara merebus kayu tersebut juga secara tidak langsung dapat menghilangkan kandungan getah pada kayu yang akan dijadikan sebagai aquascape nantinya.

2. Sesudah Aquascape Jadi

Untuk yang sudah terlanjut memakai kayu yang belum di proses maka lama kelamaan getah dan tanin pun akan muncul. Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan getah pada kayu yang sudah dibuat aquascape? caranya adalah dengan mengganti air (Water Change) setiap harinya, gantilah air dengan presentase 30% yang akan diganti serta jangan lupa unutk menggosok permukaan kayu dengan sikat.

Selama 1 minggu ulangi terus cara mengganti airnya dan kamu juga bisa menambahkan fauna seperti ikan cae/sae, keong tanduk,udang untuk lengkapnya bisa baca Macam – Macam Fauna Pemakan Alga Aquascape dengan menambahkan fauna tersebut maka dapat mempercepat pembersihan getah dan tanin yang juga dapat membuat alga atau lumut hidup di aquascape.

Cara kedua ini bisa diterapkan meskipun tanin dan getah udah banyak keluar serta juga bisa membunuh alga atau lumut yang pastinya akan mulai muncul. Kita memang harus pintar-pintar untuk merawat aquascape agar tetap bersih dan enak untuk di pandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *