Cara Merawat Ikan Aligator

Apakah Kamu sudah tahu tentang ikan Aligator? Atau Kamu sudah tahu dan tertarik untuk mulai memelihara dan merawat ikan ini?

Jika Kamu saat ini hendak memelihara Aligator, artikel ini sangat cocok untuk Kamu. Kami akan mengulas secara lengap tentang ikan berdarah dingin ini serta bagaimana cara merawat ikan alligator agar cepat besar dan sehat.

merawat aligator

Berkenalan dengan ikan Aligator

Ketika mendengar nama Aligator, apakah Kamu terbayang tentang buaya? Jika ya, Kamu tidak sepenuhnya salah. Ikan Aligator memang merupakan jenis ikan hias yang memiliki moncong menyeramkan seperti buaya. Namun meskipun menyeramkan, banyak sekali orang y ang menyukai merawat jenis ikan ini.

Ikan Aligator memiliki nama latin Lepisosteus palyrhincus di luar negeri seding disebut ikan Florida gar. Ciri-ciri  ikan ini selain memilki moncong dan gigi untuk mencabik-cabik makanannya, dia juga memiliki bintik-bintik warna hitam di tubuhnya yang berwarna perak.

Sepagai predator air tawar, ikan ini memang cukup berbahaya. Memiliki bentuk badan yang panjang dengan moncong yang memiliki gigi gigi tajam, jika tidak berhati-hati Kamu bisa saja digigit oleh ikan ini. Memang sangat disarankan ikan Aligator lebih baik di pelihara oleh mereka yang bukan pemula dalam menekuni hobi ikan hias.

Ikan Aligator ini bisa tumbuh hingga mencapai berat sebanyak 350 -450 kg dan panjang hingga empat sampai tujuh meter. Jenis spesies ikan terbesar dari semua jenis. Jika Kamu ingin memelihara jenis ikan ini, Kamu harus paham betul tentang karakteristik ikan Aligatro. Berikut cara dan langkah awal yang harus Kamu siapkan sebelum memelihara ikan yang juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi ini.

Cara merawat ikan Aligator:

pelihara aligator

Perhatikan kualitas air

Memberikan kualitas air jadi perkara vital ketika Kamu memutuskan akan memelihara ikan aligator di akuarium. Berikan air yang bersih, terhindar dari bahan kimia, lakukan pergantian air secara rutin, dan pastikan temperatur air ada di angka ideal sekitar 20 – 25 derajat celcius.

Salah satu tips ketika mengganti air, yaitu diamkan terlebih dahulu selama satu hari satu malam agar kandungan kaporit dan zat-zat lain bisa terurai terlebih dahulu. Kamu juga bisa menambahkan larutan anti kaporit dan obat biru untuk membantu proses pemurnian air untuk ikan aligator.

pelihara aligator

Sediakan akuarium yang cukup luas

Merawat ikan yang memiliki kemampuan tumbuh besar secara cepat ini menuntut Kamu menyiapkan akuarium yang berukuran luas dan agak besar. Hal ini penting diperhatikan sebab dengan tempat yang luas, ikan aligator dapat bergerak bebas tanpa banyak stress dan bisa tumbuh dengan maksimal.

Minimal ukuran akuarium yang Kamu butuhkan adalah sekitar 90 x 45 x 45 cm. Akan jauh lebih baik lagi jika ukuran akuarium lebih luas lagi dari stkamur minimal tersebut.

Berikan aksesoris akuarium

Berikan aksesoris seperti batu-batuan, kayu hias, pasir untuk membantu aligator merasa berada di alamnya.

beri makan aligator

Berikan makanan yang bernutrisi

Ikan aligator di habitat aslinya memangsa ikan lain, serangga, invertebrata, dan krustasea. Di akuarium Kamu bisa memberikan makanan seperti serangga dan jangkrik yang sesuai dengan ukuran tubuh aligator.

Pilih ikan yang tepat untuk menemani ikan aligator

merawat aligator

Jangan sampai salah pilih ikan yang malah jadi mangsa ikan aligator jika ingin menambahkan jenis ikan lain di akuarium. Kamu bisa tetap menambahkan ikan yang memiliki sifat dan ukuran tubuh yang sama seperti ikan hiu air tawar, ikan naga, atau ikan sembilan.

Beri Komentar