Cara Mudah Memelihara Ikan Koi

Posted on

Memelihara ikan hias yang berjenis ikan koi sebenarnya tidak sulit namun untuk kamu yang masih pemula tentunya bingung cara yang benar bagaimana, karena memang kalau salah merawat bisa berakibat fatal bagi ikan tersebut.

Tentunya kamu tidak mau kan ikan koi yang kamu beli dengan harga mahal ternyata malah mati hanya karena salah cara memelihara ikan koi nya. Nah disini saya akan beberkan caranya untuk memelihara ikan koi dengan mudah, dan bisa kamu praktekkan dirumah.

Ikan koi sendiri memang mempunyai corak warna yang cantik, sehingga banyak peminat ikan hias untuk memeliharanya, ikan koi juga cocok dipelihara di kolam ikan dekat rumah atau bisa juga di akuarium, namun perlu di ingat bahwa memelihara ikan koi memang perlu tempat yang cukup karena ikan ini sangat lincah dan akan lebih bagus juga tempat ikan hias nya luas sehingga ikan koi bisa bergerak lebih leluasa.

Tips Memelihara Ikan Koi

Disini saya akan menjelaskan beberapa tips yang mudah dipahami untuk memelihara ikan koi baik itu di kolam maupun di akuarium, jika kamu membaca dan mempraktekkannya dengan benar saya yakin ikan koi kamu akan tetap hidup sehat dan bisa tumbuh semakin besar.

1.Untuk Memelihara Ikan Koi Agar Cepat Besar

Untuk memelihara ikan koi agar cepat tumbuh besar ini sebenarnya pengaruh utamanya di kandungan makanan ikan koi yang makanan tersebut harus mengandung seperti protein, karbohidrat, lemak serta kalori. Nah berikut ini adalah beberapa jenis macam makanan yang saya rekomendasikan untuk ikan koi supaya cepat tumbuh besar dan sehat.

  • Cacing Sutra – ini adalah makanan yang alami untuk ikan koi yang bagus untuk pertumbuhan ini dikarenakan cacing sutra mempunyai kandungan banyak protein yang berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan dari ikan koi.
  • Pelet – pelet adalah makanan ikan yang di buat dari beberapa komposisi yang sangat berguna untuk pertumbuhan ikan seperti protein, karbohidra,lemak dll. Untuk pemberian makan pelet harus teratur dan jangan berlebihan, selain itu sesuaikan juga ukuran pelet dengan ukuran ikan.

2. Tips Memelihara Ikan Koi Agar Tetap Sehat

Pada dasarnya ikan koi sendiri tergolong mudah untuk dipelihara, namun memang masih banyak yang belum tahu sehingga salah dalam memelihara ikan koi yang bisa mengakibabkan ikan koi tersebut mati. Banyak faktor dalam kasus ini, bisa terjadi karena ikan koi masih kecil dan fisiknya belum terlalu kuat atau bisa juga faktor tempat dan pemberian makan. Berikut ini ada tips memelihara ikan koi baik itu di akuarium maupun di kolam.

A. Memelihara Ikan Koi di Akuarium

Jika kamu hendak ingin memelihara ikan koi di akuarium maka yang pertama kamu perhatikan adalah ukuran akuarium tersebut, dikarenakan ikan koi sangat lincah usahakan memakai akuarium yang besar dan agar tidak terlalu makan tempat pilih akuarium yang memanjang sebagai contoh ukuran akuarium 50×100 cm ini bisa menampung sekitar 15-20 ekor ikan koi dengan ukuran ikan sampai 15 cm.

  • Kebersihan Akuarium – menjaga kebersihan akuarium sangatlah penting, apalagi untuk ikan koi kamu, karena ikan koi sangat suka pada air yang jernih serta banyak oksigen jadi di akuarium juga harus kamu pasangi alat pompa air dan pompa udara sehingga selain menjaga agar air tetap jernih juga bisa menjaga kandungan oksigen pada air akuarium.
  • Jaga Kualitas Air – Selain dengan memberinya filter air supaya tetap terlihat jernih dan bisa menyaring kotoran dari ikan koi kamu juga bisa menambahkan antibiotik agar ikan koi kamu sehat dan terhindar dari penyakit.

B. Memelihara Ikan Koi di Kolam

Kalau aku sendiri lebih suka memelihara ikan koi pada kolam, dan kebanyakan pecinta ikan hias juga lebih banyak memelihara ikan koi di kolam karena terlihat lebih alami dan suasa rumah menjadi lebih nyaman. Untuk kamu yang mau memelihara ikan koi di kolam saya akan bagi tips agar terlihat makin menarik kolam ikan koi kamu.

  • Percantik Bentuk Kolam – Dengan mempercantik bentuk kolam bisa membuat suasana di daerah kolam bisa lebih sejuk, dan kamu akan betah untuk beristirahat di sana. Kamu bisa mendekoran bentuk kolam bisa di tambahkan pancuran air, air terjun, tanaman dll. Semua kreatifitasmu diuji dalam hal ini
  • Buat Kolam Seperti Alami – selain mendekorasi kolam bagian atas, kamu juga bisa mempercantik kolam kamu bagian dalam air, seperti membuatkan batu-batuan, tempat bersembunyi ikan serta bisa ditambah dengan tanaman air yang bisa. Dengan hal ini bisa membuat ikan koi tidak mudah stres dan akan terasa lebih nyaman.

Mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan untuk cara mudah memelihara ikan koi baik itu di akuarium atau dikolam. Kalau ada tempat yang cukup ikan koi memang lebih bagus dipelihara di kolam, karena bisa terlihat lebih cantik saat di lihat dari atas, tapi tak ada salahnya juga dipelihara di akuarium. Yang penting jaga ikan koi kamu agar tetap sehat dengan memberi makan teratur dan jangan lupa untuk memberi tambahan antibiotik untuk menjaga kesehatan ikan koi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *