Cara Proses Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Yang Benar

Posted on

Bagi para pecinta ikan hias khususnya ikan cupang sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa daun ketapang adalah cara alami untuk penyembuhan ikan cupang

Selain untuk menyembuhkan ternyata daun ketapang juga bisa untuk mencegah penyakit dan juga bisa memperkuat mental dari ikan cupang tersebut. Namun masih banyak orang-orang di luar sama yang masih belum tahu cara memproses daun ketapang yang benar, sebenarnya sangat mudah untuk mengolah daun ketapang ini khususnya agar lebih efektif dalam penyembuhkan ikan cupang.

Buat kamu yang masih pemula dan baru mencoba menyembuhkan ikan cupang kamu dengan daun ketapang, kamu wajib membaca dan mempraktekkan proses daun ketapang untuk ikan cupang yang benar ini karena jika salah memprosesnya, daun ini tidak akan bekerja dengan semestinya atau bahkan bisa meracuni ikan cupang kamu.

Apa Itu Daun Ketapang?

Daun ketapang berasal dari pohon ketapang, pohon yang mempunyai nama latin (Terminalia catappa) ini adalah pohon yang biasanya hidup di sekitar pantai, dikarenakan daun yang rindang banyak masyarakat memanfaatkannya untuk tempat berteduh di taman ataupun di tepi jalan.

Dan untuk proses daun ketapang untuk ikan cupang adalah sebagai berikut, pertama yang harus kamu lakukan adalah ;

  1. Harus sudah punya daun ketapang kering.
  2. Ambil secukupnya sekitar 10 lembar daun dan bersihkan jika ada kotoran yang menempel.
  3. Setelah itu rendamlah daun ketapang pada air garam kira-kira sekitar 30 menit.
  4. Lalu 10 lembar daun tadi di ikat dengan karet dan dibungkus dengan kain basah dan di masukkan ke ember dan diberi air sedikit lalu tutup rapat dan biarkan selama 1 hari tujuannya agar daun menjadi lembab.
  5. Setelah 1 hari atau sekitar 24 Jam daun boleh di keluarkan lalu di bilas dengan air bersih.
  6. Lalu jemurlah daun-daun ketapang tersebut hingga kering, lama penjemuran tergantung cuaca bisa 1 hari atau bisa 3 hari baru kering.
  7. Untuk pengetesan bahwa proses daun sudah benar, silahkan coba masukkan beberapa lembar daun ketapang kering ke dalam ember yang berisi air sekitar 5 liter, jika dalam 2 hari air tersebut berubah warna menjadi coklat kemerahan berarti zat daun ketapang sudah keluar dan siap untuk mengobati ikan cupang kamu.

Untuk Perawatan Ikan Cupang

Jika hanya untuk perawatan biasa, seperti agar ikan cupang tetap sehat tanpa penyakit bisa melakukan dengan cara :

  1. Ambil ikan cupang dari wadah aslinya (soliter) dan masukkan ke wadah lain.
  2. Lalu masukkan air endapan dari daun ketapang ke dalam wadah aslinya tak perlu banyak kalau saya biasanya dengan perbandingan 1:3 .
  3. Lalu masukkan lagi ikan cupangnya dalam wadah soliter itu

Daun Ketapang Untuk Penyembuhan Ikan Cupang

Nah, jika ikan cupang kamu sudah terserang penyakit seperti ada jamur atau terluka maka jika yang tadinya perbandingan 1:3 sekarang perbanyak air endapan dari daun ketapangnya bisa juga dengan perbandingan 1:2 karena perlu zat yang dari daun ketapang lebih banyak untuk menyembuhkan luka/infeksi di badan ikan cupang.

Itulah cara memproses daun ketapang untuk ikan cupang yang benar agar khasiat dari daun ketapang bisa keluar dengan efektif, selain memakai daun ketapang sebenarnya memang ada obat/vitamin yang dijual botolan tapi saya sendiri lebih suka memakai daun ketapang. Selain memang alami dan banyak sekali manfaatnya, nanti dilain postingan akan saya share lengkap manfaat dari daun ketapang ini khususnya untuk ikan cupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *