Cara Ternak Ikan Arwana Hias Dengan Mudah

Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan eksotis yang memilihi harga jual tinggi. Banyak sekali penggemar yang mengoleksi jenis ikan ini sehingga pasar untuk ternak ikan Arwana Hias sangat luas. Harga jual per ekor Arwana dengan kualitas terbaik bisa mencapai di atas lima juta rupiah. Harga yang cukup menggiurkan bukan?

ikan arwana

Bisnis dan ternak ikan Arwana yang menguntungkan sangat memungkinkan Anda jalankan. Selama Anda mengetahui cara perawatan serta cara ternaknya yang sebenarnya tidak terlalu sulit. Di artikel kali ini kami akan bagikan bagaimana cara ternak ikan arwana hias yang bisa Anda ikuti untuk merintis bisnis Anda di bidang perikanan.

Cara ternak ikan Arwana

Ternak ikan Arwana ini bisa dibilang cukup mudah. Jika Anda ingin melakukan ternak untuk banyak ikan, Anda bisa memanfaatkan kolam yang berbatu. Namun jika Anda belum memiliki kolam, tak perlu khawatir, Anda juga tetap bisa ternak ikan Arwana Hias cukup dengan akuarium.

Bagaimana cara dan memulai ternak ikan Arwana Hias ini? Berikut simak langkahnya:

Siapkan media untuk ternak

Anda perlu menyiapkan media ternak terlebih dahulu sebelum memulai proses ternak ikan Arwana hias. Peralatan yang harus Anda siapkan adalah: lahan yang luas, atau bisa juga dengan lima buah akuarium yang berukuran cukup besar. Lengkapi dengan alat pengukur dan pengatur suhu udara, alat sirkulasi air, heater untuk mengukur suhu air, filter air, aaerator, dan lampu.

Memilih jenis ikan Arwana Hias

jenis ikan arwana

Setelah menyiapkan tempat untuk budidaya ternak, Anda silakan tentukan dan pilih jenis Arwana. Jika modal Anda cukup besar, Anda bisa memilih ikan Arwana Super Red sebab harganya per bibit bisa mencapai satu juta rupiah per ekor, namun tentu dengan harga jual hingga lima juta rupiah per ekor. Pilihan ini bisa Anda sesuaikan dengan biaya modal yang Anda miliki.

Tentukan bagaimana cara Anda berternak

Anda dapat beternak dengan membeli bibit berkualitas unggul yang masih berbentuk larva, atau bisa juga dengan langsung membeli indukan.

Pilih indukan ikan Arwana hias yang terbaik

Untuk memilih indukan Arwana  yang berkualitas, pastikan Anda memilih yang sudah mencapai usia 5 tahun lebih. Bedakan antara yang jantan dan betina. Arwana jantan memiliki bentuk kepala dan badan yang besar, sementara yang betina memiliki bentuk dan tubuh yang kecil.

Pisahkan ikan Arwana yang sudah menemukan pasangan

Pisahkan ikan Arwana yang akan dijadikan indukan. Jika diantara indukan itu sudah ada yang berenang bersama-sama artinya mereka sudah menemukan pasangan. Pindahkan segera ke kolam perkembangbiakan.

Membesarkan benih ikan Arwana

anak ikan arwana

Benih arwana biasanya berukuran hanya 1 cm. Berikan pakan berupa cacing pita, cacing darah, atau nutrisi lain. Setelah berukuran 10 cm berikan makanan berupa udang kecil atau ikan runcah.

Setelah berukuran lebih dari 12 cm, pisahkan benih ikan Arwana dari indukannya.

Membesarkan ikan Arwana

Ikan yang sudah cukup besar itu harus dipindah ke akuarium dengan peralatan yang sudah disebutkan di atas agar bisa tumbuh secara maksimal. Pastikan lingkungan akuarium cukup tenang, sebab jika tidak akan membuat ikan mudah stress dan mati.

Pastikan Anda tetap menjaga secara rutin dari mulai kualitas air, pakan, pemberian vitamin dan nutrisi, agar ikan dapat tumbuh secara maksimal.

Demikianlah tujuh cara yang dapat Anda lakukan untuk ternak ikan Arwana Hias. Bagaimana mudah bukan? Selamat beternak dan dapatkan keuntungan berlipat segera!

Beri Komentar