Cara Ternak Ikan Hias Manfish

Ikan manfish atau ikan layang-layang ini termasuk dalam salah satu jenis ikan yang populer dan digemari orang Indonesia. Ikan jenis ini cukup mudah untuk dibudidayakan sebab tidak membutuhkan lahan yang luas.

Selain itu jenis ikan ini juga termasuk yang sering bertelur. Nah jika kamu tertarik untuk membudidayakan jenis ikan manfish, kali ini Kami akan memberikan cara ternak ikan hias Manfish yang bisa kamu ikuti.

Ini cara ternak ikan hias Manfish

Ikan jenis ini memang cukup mudah untuk diternak. Kesulitan yang mungkin akan kamu temui adalah saat peroses perawatan burayak atau anak ikan Manfish yang memang butuh perlakuan khusus.

kamu perlu benar-benar mengatur kualitas pakan dan air agar kesehatan dan pertumbuhan mereka optimal dan tidak mati. Namun tenang saja ada cara-cara agar proses ternak kamu bisa berhasil. Selama kamu mau belajar dan punya semangat kuat untuk membudidayakan ikan ini pasti akan sukses. Berikut cara ternak ikan hias Manfish yang bisa kamu ikuti:

Pilih indukan ikan Hias Manfish yang berkualitas

ikan hias Manfish

kamu perlu memastikan indukan yang kamu pilih memiliki kualitas terbaik. Berikut ciri-ciri yang bisa kamu gunakan untuk memilih jenis yang berkualitas:

  • Panjang indukan ikan Manfish minimal 7,5 cm
  • Umur ikan minimal 7 bulan
  • Aktif dan agresif saling mengejar pasangan

Jika ketiga ciri tersebut kamu sudah temukan, selanjutnya bedakan antara ikan Manfish jantan dan betina. Cara membedakannya adalah sebagai berikut:

Ikan Manfish Betina:

  • Badan lebih kecil
  • Perut besar
  • Bagian perut rata tidak ada benjolan
  • Dahi kecil dan tipis
  • Sirip tidak bercabang     

Ikan Manfish Jantan:

  • Badan lebih besar daripada Manfish betina
  • Perut memiliki benjolan runcing tipis
  • Dahi besar dan tebal
  • Sirip dada bercabang

Siapkan tempat untuk pemijahan

Jika kamu sudah menemukan indukan terbaik, saatnya menyiapkan tempat untuk memijah ikan hias Manfish. kamu dapat menggunakan kolam tanah liat atau semen berukuruan 100 x 100 x 80 cm untuk memijah. Pastikan bau semen sudah hilang dengan merendam kolam selama 4 minggu. Selain dengan kolam, kamu juga bisa memijah di akuarium yang bersih berukuran 100 x 75 x 50 cm dengan ketebalan kaca 5 hingga 6 mm. Mau dikolam atau di akuarium, kamu perlu mengendapkan air selama satu hari sebelum ikan Manfish dimasukan agar air benar-benar bersih.

Siapkan tempat bertelur

Pada habitat aslinya, telur akan ditempelkan oleh ikan Manfish di tumbuhan atau tempat yang aman. Maka untuk proses ternak ini, sediakan satu tempat untuk menempelkan telur, bisa berupa pecahan botol atau pipa pralon. kamu juga bisa menanam tanaman air yang memiliki daun yang kuat dan panjang

Atur suhu air dan PH

Pastikan suhu air antara 24 – 26 Celcius dan keasaman pH air antara 6,8 – 8.

Proses pemijahan

Ikan Manfish bertelur sebanyak 300 hingga 400 butir. Telur akan menetas setelah 1- 3 hari dalam bentuk burayak atau larva yang oleh induknya akan disimpan di pralon atau permukaan daun. Pastikan kamu tetap menjaga suhu air dan memberikan pakan berkualitas untuk anakan ini.

Pembesaran anakan Manfish

ikan hias Manfish

Burayak yang berumur 5 hari biasanya sudah bisa berenang dan sudah bisa dipisahkan ke akuarium yang lebih besar.

Demikian artikel tentang cara ternak ikan hias Manfish. Semoga bermanfaat dan selamat beternak!

Beri Komentar