Ikan Datz Predator Air Tawar

Ikan Datz predator air tawar ini memiliki bentuk tubuh yang sangar serta mempunyai warna kuning dengan bar hitam yang menyerupai harimau membuat ikan ini disebut tigerfish. Di alam aslinya ikan ini bisa tumbuh besar dan bisa hidup hingga puluhan tahun.

Mengenal Ikan Datz

Di Indonesia sendiri ikan tigerfish ini lebih sering dikenal sebagai ikan datz (datznoid) , datz merupakan ikan predator air tawar yang bisa dipelihara untuk comtank ikan predator maupun tankmate ikan arwana dan ikan pari.

Ikan datznoid ini memiliki beberapa jenis, dibagi dari tempat asal ikan ini, untuk jenis-jenis ikan datz akan saya bahas di tuntas disini. Dan buat kamu yang ingin memelihara ikan datz ini pastikan tank atau akuarium sudah di setting agar ikan datz ini nyaman.

Dengan akuarium yang luas bisa membuat ikan datz ini lebih nyaman karena bisa berenang leluasa, serta jika ikan datz nyaman corak warna yang dimiliki akan lebih nyala yang membuat makin indah dilihat, namun jika ikan datz ini tidak nyaman dengan tempatnya corak warna ikan datz bisa menghilang menjadi hitam total atau biasa disebut datz gosong.

Jenis-jenis Ikan Datz (Datznoid)

Nah untuk yang penasaran jenis-jenis ikan datz kamu bisa menyimak dibawah ini saya sertakan harga ikan datz nya juga

1. Ikan Datz NTT Thailand / Datz Silver

ikan datz silver ntt thailand

Peredaran datz NTT Thailand ini ada di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Nyanmar, India bahkan Singapore. Jika di Indonesia lebih sering disebutnya sebagai ikan Datz Silver yang memiliki ciri-ciri warna agak pucat jika dibanding dengan ikan datz jenis lainnya.

Untuk harga ikan datz silver ini tidak terlalu mahal karena masih mudah di jumpai, biasanya dari ukuran 10 cm mulai dijual dengan harga Rp. 60.000 hingga Rp. 100.000 .

2. Ikan Datz Sumatra

ikan datz sumatra bar simetris

Sesuai dengan namanya, datz sumatra awal mulanya ada di perairan sumatra. Hampir mirip dengan datz ntt thailand karena memiliki corak warna yang agak pucat, tapi juga di teliti memang ada perbedaanya karena datz sumatra warna kuning lebih nyala.

Bar warna hitam di datz sumatra ada 2 macam, yaitu 3 bar dan 4 bar. Untuk harga nya dipengaruhi dengan kualitas warna dan bar nya, jika bar simetris maka harga bisa lebih mahal dari mixbar atau bar acak2 .

Harga datz sumatra di ukuran 10 cm mulai dari Rp. 100.000 – Rp. 300.000

3. Ikan Datz Borneo

datz borneo ikan predator

Perbedaan ikan datz dari jenis ke jenis lainnya hanya sedikit, seperti ikan datz borneo ini, mirip dengan ikan datz sumatra. Perbedaan paling mencolok yaitu juga datz sumatra warnanya lebih kuning sedangkan datz borneo kuningnya lebih ke orange.

Untuk harga datz borneo juga tidak jauh beda dengan datz sumatra yaitu di ukuran 10 cm dijual dengan harga Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000 harga di pengaruhi olah bar hitam apakah simetris atau mixbar.

4. Datz Papua

harga ikan datz papua

Dazt Papua ini merupakan jenis ikan datz yang paling banyak di cari, karena memiliki corak warna yang agak berbeda dengan jenis datz lainnya serta bentuk badannya lebih gagah.

Tak hanya itu datz papua juga tergolong ikan predator yang aggresif juga dibanding datz jenis lain. Oleh karena itu untuk menggabungkan dengan ikan lainnya wajib hati-hati.

Harga ikan datz papua pun lebih mahal, karena sudah mulai langka dan jarang ada di pasaran. Untuk harga datz papua mulai diharga Rp. 500.000 – Rp. 700.000 untuk ukuran yang masih 10 cm.

Makanan Ikan Datz

Karena masih tergolong ikan predator lebih baik diberi makanan yang masih alami, biasanya para pecinta ikan predator memberi makan ikan datz ini dengan udang, potongan lele, jangkrik, ulat jerman/hongkong ataupun ikan-ikan kecil lainnya.

Sebenarnya bisa juga diberi makan pelet namun perlu penyesuaian dan harus diajari sejak masih kecil.

Nah, itulah ulasan mengenai ikan datz predator air tawar yang wajib kamu pelihara juga menyukai ikan predator. Sekedar saran juga memelihara ikan datz lebih baik memakai background yang gelap seperti warna hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *