Macam – Macam Fauna Pemakan Alga Aquascape

Alga adalah sekelompok organisme autotrof menyerupai tumbuhan tapi dia tidak memiliki organ seperti yang dimiliki tumbuhan, maka dari ini alga juga digolongkan sebagai tumbuhan bertalus.

Untuk bentuknya mirip dengan lumut, di dalam dunia aquascape alga ini bisa tumbuh dalam aquascap karena akuarium mendapatkan cahaya yang cukup untuk pertumbuhan tanaman dan lambat laun alga pun juga dapat tumbuh. Alga dapat menempel pada kaca akuarium, kayu, batu bahkan di daun tanaman air.

Jika kita biarkan alga tumbuh di aquascape maka bisa mengurangi keindahan dalam aquascape itu sendiri, apalagi jika alga sudah tumbuh banyak bisa mengotori dinding kaca akuarium. Memang alga mudah untuk dibersihkan tapi pastinya kita akan membuang banyak waktu jika sudah terlalu banyak alga apalagi aquascape kamu besar dan sudah kamu tata rapi.

Tapi jangan khawatir pasti ada solusinya yang lebih mudah untuk menghambat pertumbuhan alga atau bisa mencegah alga tumbuh, yaitu dengan menambahkan fauna pemakan alga pada aquascape kamu.

Cara ini adalah cara yang banyak digunakan para aquascaper, selain kita tidak perlu capek untuk membersihkan alga fauna-fauna pemakan alga juga bentuknya bagus-bagus tidak merusak keindahan aquascape itu sendiri, dan inilah beberapa fauna atau hewan air yang gemar sekali memakan alga, tinggal kita masukkan ke aquascape biarkan fauna tersebut yang melakukan tugasnya :

1. Ikan CAE

Ikan ini berasal dari china, yang mempunyai nama lengkap chinese algae eater ini sering sekali disebut sebagai ikan lemon algae eater karena memang warnanya mirip dengan lemon yaitu kuning dan putih. Kalau di alam aslinya ikan CAE dikabarkan bisa mencapai panjang 25cm tapi kalau diakuarium cuma sekitar 10-15cm saja. Ikan ini juga agak jail sering mengganggu ikan lainnya, namun tidak agresif kok dan saya sarankan jika ingin membeli ikan ini usahakan cari yang masih kecil karena kalau sudah besar nafsu ikan ini untuk memakan alga/lumut bisa berkurang dan bahkan jika sudah dewasa tidak makan alga lagi.

2. Ikan SAE

Ikan Saimese Alhae Eater atau yang disingkat ikan SAE ini dan ukuran bentuknya mirip sama ikan CAE, meskipun ikannya kecil tapi manfaatnya banyak karena ikan SAE juga pemakan alga atau lumut. Ikan SAE banyak dipilih karena ikannya ramah dan tidak mengganggu ikan lainnya, sangat cocok untuk aquascape yang banyak daunnya karena bisa sebagai tempat istirahat dari ikan jenis ini. Selain pemakan alga atau lumut ikan SAE juga suka dengan cacing karena ikan ini termasuk golongan omnivora, jadi jika alga di aquascape sudah habis bisa diberi makan cacing. Ikan SAE juga terkenal ikan yang kuat dan mudah untuk dipelihara tapi jangan sampai ikan SAE kelaparan karena jika alga sudah habis ikan SAE bisa memakan tanaman air seperti moss.

3. Ikan Otocinclus Affini

Ikan yang biasa disebut ikan oto adalah ikan pemakan lumut/alga yang berasal dari brazil. Kalau dilihat dari ukuran ikan Otocinclus ini memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan CAE dan ikan SAE. Panjang seekor ikan oto saja hanya sekitar 4cm. Berkat ukurannya yang kecil ikan oto malah banyak yang suka karena cocok jika disandingkan atau dicampur dengan ikan kecil-kecil seperti tetra, cardinal atau udan mini, namun harga dari ikan oto ini memang sedikit lebih mahal hal ini dikarenakan ikannya paling banyak didatangkan dari luar negeri.

4. Udang Amano

Selain dengan memasukkan ikan pemakan alga, kamu juga bisa menambahkan fauna lainnya, seperti udang amano ini. Udang yang mempunyai nama latin Japonica Amano Shrimp adalah udang yang udah populer dikalangan aquascaper berkat mempunyai nafsu makan tinggi terhadap lumut atau alga. Hal ini tentunya membuat para aquascaper memilih udang amano untung membersihkan alga di aquascape mereka. Udang pembersih ini memiliki ciri fisik yang berwarna coklat dengan garis-garis membentang dari kepala hingga ekor. Udang amano sangat suka jika tempat tinggalnya penuh dengan tempat yang bisa untuk bersembunyi dirinya. Dijuluki sebagai udang pembersih memang sangat cocok karena jenis udang ini adalah omnivora yang juga dapat memakan sisa-sisa makanan ikan atau kotoran yang ada di bawah aquascape, udang ini juga tidak jail tidak mengganggu ikan yang hidup di aquascape.

5. Keong Tanduk

Anggapan yang beredar bahwa keong adalah hama ternyata tak semuanya benar, sebagai contoh adalah keong tanduk ini. Keong ini malah berguna untuk membantu membersihkan lumut dan alga di aquascape ukurannya pun kecil sekitar hanya 2 cm jadi tidak memakan tempat pada aquascape, walaupun ukurannya kecil tapi manfaatnya banyak jika menaruh keong ini di aquascape kamu.

Itulah beberapa fauna pemakan alga yang berguna untuk membantu membersihkan aquascape kamu dari gangguan lumut atau alga yang dapat mengotori aquascape. Sebenarnya masih ada banyak macam-macam fauna pemakan alga lainnya tapi menurut saya dengan memilih satu atau beberapa fauna diatas sudah bisa mengatasi alga di aquascapa kamu.

Beri Komentar