Filter Untuk Kolam Ikan Koi

Posted on

Dalam memelihara ikan koi dikolam harus benar-benar diperhatikan kualitas airnya, karena kualitas warna ikan koi juga dipengaruhi oleh lingkungannya terutama adalah kualitas air. Jika kamu ingin ikan koi kamu sehat dan memiliki warna yang bagus maka dalam membuat filter air dikolam harus benar.

Ada 3 jenis sistem filter yang dapat kamu terapkan pada kolam ikan koi kamu. Seperti sistem filter kimia, sistem biologi dan sistem mekanis. Semua sistem filter tersebut dapat kamu aplikasikan pada satu kolam yang sama.

Disini saya akan menjelaskan tentang 3 sistem filter tersebut agar kamu bisa lebih memahami lebih jelas.

Filter Kimia Untuk Kolam Ikan Koi

Filter air kolam ikan koi yang menggunakan sistem kimia adalah dengan memberikan zat atau maaterial tertentu ke dalam kolam ikan koi. Zat atau material tersebut mempunyai sifat yang dapat menyerap zat-zat yang berbahaya yang dapat merugikan ikan koi, ada beberapa zat atau material yang bisa kamu tambahkan seperti :

Karbon Akif

Dengan menambahkan karbon aktif di ruang filter air dapat menghilangkan zat-zat yang berbahaya di kolam dan dapat menetralkan air dari zat-zat yang berhaya untuk ikan koi.

Batu Ziolite

Batu Ziolite ini mempunyai sifat yang dapat menyerap zat amonia dan nitrit dari air, kamu dapat menambahkannya pada dasar kolam ikan koi yang dapat menjaga kualitas air dikolam. Namun jika lama tidak dibersihkan sifat batu ziolite ini akan berkurang, maka dari itu jika sudah terlihat kotor bisa kamu bersihkan dan direndam ke dalam air garam beberapa jam agar batu ziolite bisa kembali dapat menyerap zat amonia dan nitri air dikolam.

Filter Biologi Untuk Kolam Ikan Koi

Kotoran ikan koi akan mengeluarkan zat amonia yang dapat mengakibatkan ikan koi bisa mati jika kandungan zat amonia pada kolam sangat tinggi, oleh karena itu kamu memerlukan filter biologi ini untuk menetralkan zat amonia tersebut. Ada beberapa filter biologi yang dapat kamu gunakan dikolam, seperti contohnya

Menggunakan Siklus Nitrogen

Siklus Nitrogen adalah siklus yang terjadi secara alami di sebuah sungai, danau atau habitat lainnya. Jadi kamu harus membuat siklus nitrogen di kolam kita caranya dengan memanfaatkan bakteri nitrosomonas. Bakteri nitrosomonas ini dapat mengubah zat amonia menjadi zat nitrit, zat nitrit sebenarnya masih berbahaya untuk ikan koi oleh karena itu kamu juga memerlukan bakteri nitrobacter yang dapat mengubah zat nitritjadi zat nitrat yang tidak berbahaya bagi ikan koi.

Menggunakan Bioball

Bioball adalah media yang dapat digunakan untuk tempat hidup bakteri pengurai amonia. Bioball berbahan dasar plastik dan bentuknya menyerubai bola dan rambutan, dengan permukaan yang luas maka dapat menampung banyak bakteri pengurai amonia.

Menggunakan Tanaman Untuk Filter Kolam Ikan Koi

Ini adalah cara yang mudah, yaitu dengan menambahkan tanaman air kedalam kolam karena tanaman membutuhkan zat amonia untuk kelangsungan hidupnya, jadi tanaman akan terus memakan zat amonia yang terdapat di kolam tersebut. Tetapi kamu juga harus mempertimbangkan jumlah tanaman yang akan kamu tambahkan pada kolam ikan koi, karena tanaman dan ikan koi sama-sama membutuhkan oksigen apalagi saat malam hari tanaman dan ikan koi akan berebut oksigen.

Filter Mekanis Untuk Kolam Ikan Koi

Filter mekanis adalah cara untuk membersihkan air kolam ikan koi dengan menghilangkan kotoran ikan, daun, dll. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kotoran-kotoran tersebut antara lain :\

Menggunakan Skimmers

skimmers adalah sebuah alat filter air yang dapat membersihan kotoran-kotoran yang mengapung di air. Cara kerja skimmers dengan memanfaatkan overflow dalam kolam dan dapat membuang kotoran yang mengapung di air.

Menggunakan Bottom Drain

Alat filter ini bertujuan untuk membuang kotoran-kotoran pada dasar kolam yang dapat diletakkan di dasar kolam sehingga dapat menyedot kotoran – kotoran yang mengendap didasar kolam dan akan dibuang melalui lubang bottom drain.

Menggunakan Vortex Chamber

Hampir sama dengan bottom drain, fungsi dari alat ini juga dapat membuang kotoran yang terdapat di dasar kolam ikan koi. Dan vortex chamber dapat digabungkan dengan bottom drain, jadi kotoran-kotoran akan masuk ke bottom drain menuju vortex chamber, dan tugas vortex chamber akan membersihkan kotoran tersebut.

Menggunakan Rotary Drum Filter

Rotary Drum Filter (RDF) adalah alat yang paling efektif hingga sekarang, karena dengan menggunakan RDF kita tidak perlu lagi memakai vortex chamber untuk membersihkan kotoran, karena kotoran akan langsung disaring dan dibuang menggunakan alat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *