Fungsi Gelembung Udara di Akuarium (Aerator)

Memelihara ikan hias dalam akuarium merupakan pilihan yang tepat, karena kita bisa melihat ikan dari berbagai sudut dengan jelas. Lalu apakah kamu tahu fungsi dari gelembung udara di akuarium yang di keluarkan oleh alat aerator?

fungsi gelembung di akuarium

Aquascape adalah menata tangki akuarium dengan sedemikian rupa sehingga seolah-olah ada ekosistem alami dalam tangki. Tak luput juga kamu bisa menambahkan filter air dan aerator atau gelembung udara.

Selain bisa mempercantik, alat-alat tersebut juga mempunyai fungsi khusus yang penting bagi kelangsungan makhluk hidup di tangki tersebut. Berbicara mengenai itu, disini penulis akan membahas alat aerator yang dapat membuat percikan air dan gelembung-gelembung udara.

Fungsi gelembung udara di akuarium

Alat aerator adalah alat sederhana yang memunculkan gelembung udara, namun mempunyai fungsi penting dalam akuarium. Walaupun ikan dan tanaman air hidupnya berada di air, namun mereka tetap membutuhkan oksigen agar tetap dapat bertahan hidup.

Fungsi gelembung udara di akuarium ternyata sangat penting yaitu sebagai penyupai oksigen yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup di dalam akuarium tersebut. Pada saat aerator mengeluarkan gelembung itulah proses distribusi oksigen ke seluruh bagian akuarium.

Untuk memilih aerator juga ada beberapa yang harus diperhatikan, seperti ukuran akuarium kamu. Jadi pilihlah aerator yang sesuai dengan ukuran akuarium jika akuarium besar maka pilihkan aerator yang besar begitu juga sebaliknya.

Selain itu, jika bisa pilih aerator yang ada fitur pengatur tekanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan untuk meletakkan aeratornya pun jangan sembarangan. Agar usahakan kamu sembunyikan alatnya dan selangnya biar akuarium terlihat lebih cantik. Untuk contohnya bisa kamu lihat gambar dibawah ini.

desain aerator sederhana

disain aerator sederhana

Air terjun dari aerator

air terjun dari aerator
air terjun aerator

bentuk kapal titanic pakai aerator

bentuk kapal titanic pakai aerator

Tak hanya sampai disitu, kamu juga harus merawat aerator dengan membersihkan secara berkala. Karena berjalannya waktu lubang aerator dapat tersumbat oleh kotoran dalam tangki akuarium seperti kotoran ikan, sisa makanan dll.

Jadi, pada saat tekanan udara terlihat sudah berkurang tenaganya atau bahkan tidak mengeluarkan gelembung sama sekali maka segeralah untuk membersihkannya. Caranya angkat dahulu aeratornya dan bersihkan mamakai air yang mengalir sambil menggosoknya dengan sikat nilon. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa merendamnya dengan peroksida semalaman agar kotoran yang menempel bisa mudah untuk dibersihkan.

Beri Komentar