6 Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias Terbaru 2020

Ikan cupang sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu cupang aduan dan cupang hias. Tapi disini kita akan membahas yang cupang hias, karena cupang hias bentuknya lebih indah cantik serta lebih banyak peminatnya. Harga ikan cupang hias pun lebih mahal, berikut adalah alasannya.

Salah satu alasan orang memelihra ikan cupang adalah cara memelihara nya sangat mudah. Karna terkenal ikan tanggung dan kuat, cupang mampu hidup di kondisi air yang buruk sekalipun.

Tak hanya itu, tak perlu tempat yang luas. Halnya saja memang ikan ini tidak dapat digabung, jadi satu tempat hanya berisi satu ikan cupang saja. Cukup beli soliter, toples atau botol bekas pun bisa dijadikan media untuk memeliharanya.

Cara membedakan ikan cupang hias dan cupang aduan

Cupang hias dan aduan itu sebenarnya sama-sama cupang, cupang hias juga bisa diadu kalau mau. Tapi kan sayang, nah untuk membedakannya yaitu cupang hias biasanya warna dan bentuk ekornya lebih cantik.

Jenis cupang hias
Ikan cupang hias
Jenis cupang aduan
Ikan cupang aduan

Dalam melihat dua gambar di atas ini harusnya kamu sudah tahu perbedaaanya.

Jenis dan harga ikan cupang terbaru

Berikut ini adalah jenis beserta harga ikan cupang terbaru, memang tak semua jenis cupang ada di dalam list dibawah. Namun setidaknya ada 6 jenis cupang yang sangat populer dan sering dipelihara dirumah.

Sebagai catatan, harga ikan cupang bisa berubah-ubah dan berbeda di tiap daerah.

1. Cupang Nemo

Ikan cupang jenis nemo

Jenis cupang nemo bisa dibilang jenis baru yang berhasil di ciptakan oleh para breeder dengan mengkawin silangkan ikan cupang. Budi salah satu pelakunya mengatakan diberi nama ‘nemo’ karena memang warna nya menyerupai ikan nemo yaitu ada hitam, kuning, merah, dan lainnya.

Belakangan ini cupang nemo menjadi salah satu jenis cupang yang paling banyak diburu. Oleh karena itu harga cupang nemo pun bisa sangat mahal. Untuk seekornya saja mulai dari Rp. 750.000 hingga Rp. 3.000.000 itupun cupang yang belum menang kontes. Dikatakan juga cupang nemo yang menang kontes harganya dapat naik berkali-kali lipat.

2. Cupang Plakat

ikan cupang jenis plakat

Cupang plakat merupakan jenis cupang yang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Cupang ini berasal dari Thailand, namun di Indonesia sendiri sudah banyak yang membudidayakannya sehingga kamu dengan mudah mendapatkan cupang plakat di Indonesia.

Ciri-ciri cupang plakat yaitu sirip dan ekornya pendek dan membulat. Dan juga tubuh ikan cupang plakat tergolong besar dan gagah, karna memang ikan cupang plakat dulu nya juga cupang aduan.

Harga cupang plakat pun bervariasi untuk yang standar mulai dari puluhan sampai ratusan ribu, sedangkan yang kualitas super mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk per ekor cupang jantannya.

Cupang plakat juga menjadi bahan percobaan untuk menemukan jenis cupang lainnya. Sudah banyak jenis baru yang lahir dari cupang plakat ini, contohnya seperti jenis-jenis dibawah ini.

3. Cupang Plakat Avatar

jenis cupang avatar grade a

Cupang avatar merupakan salah satu jenis dari cupang plakat. Juga tergolong jenis baru yang ditemukan dari hasil perkawinan antar jenis cupang.

Cupang avatar kini menjadi primadona yang banyak dicari oleh para penghobi ikan hias khususnya ikan cupang, harga cupang avatar pun sangat mahal. Seperti pada cupang nemo, harganya per ekor mulai dari ratusan ribu hingga sampai jutaan rupiah untuk satu ekornya.

Tak bisa dipungkiri harga yang mahal itu alasannya adalah memang masih susahnya menemukan cupang avatar dan juga dari corak warnanya memang sangat cantik dan kalau untuk mengikuti lomba tidak akan memalukan.

4. Cupang Blue Rim

cupang blue rim ori line

Masih masuk dalam keluarga cupang plakat, cupang blue rim juga tak kalah populer.

Memiliki warna dasar putih dengan corak warna biru dibagian ujung sirip dan ekornya membuat tampilan cupang ini sangat cantik dan indah apalagi juga sedang berenang seolah-olah lagi menari.

Harga cupang blue rim ini bervariasi tergantung corak warna dan jenis blue rim nya. Harga rata-rata diangka ratusan ribu rupiah untuk per ekornya.

5. Cupang Black Samurai

Ikan cupang black samurai

Jenis ini berasal dari Thailand yang merupakan jenis baru dari hasil perkawinan silang antar jenis cupang. Sesuai dengan warnanya, warna dominan ikan ini adalah hitam.

Banyak juga para penghobi ikan cupang rela untuk jauh-jauh ke Thailand hanya dengan alasan untuk mencari ikan cupang black samurai yang bagus.

Jika tak ingin jauh kesana, di Indonesia sendiri sekarang sudah mulai ada yang jual ikan cupang black samurai ini. Untuk harganya pun relatif, sesuai dengan motif dan corak warna yang ada. Untuk yang kualitas standar harganya puluhan ribu, sedangkan yang kualitas bagus bisa mencapai raturan ribu rupiah untuk per ekornya.

6. Cupang Koi

ikan cupang koi

Cupang koi juga salah satu dari jenis cupang plakat yang dikembangkan. Disebut cupang koi karna warnanya menyerupai koi.

Corak warna-warni yang seperti ikan koi membuat banyak peminatnya.

Belakangan ini cupang koi banyak di cari oleh penghobi ikan cupang, untuk harga cupang koi tidak terlalu mahal. Yaitu dari harga puluhan ribu hingga seratus ribu rupiah.

Itulah beberapa jenis cupang hias yang populer saat ini. Dikesempatan lainnya akan saya bahas satu per satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *