Mengenal Ikan Black Ghost, Hantu Penghias Akuarium

Ikan hias yang satu ini bernama ikan black ghost, sesuai dengan namanya yang berarti ‘setan hitam’ bentuknya memang sedikit menyeramkan.

Dengan warna hitam pekat dan di ekornya ada sedikit corak putih ternyata dapat menarik minat para penghobi ikan hias. Ikan ini juga disebut ikan yang mirip dengan daun pisang.

ikan black ghost yang cantik

Walau namanya ‘ikan hantu’ , banyak yang memeliharanya di akuarium karena saat berenang terlihat sangat cantik dengan bentuk tubuh yang unik tersebut.

Ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini sudah banyak beredar di berbagai negara, contohnya Indonesia. Karena banyak peminat, akhirnya ikan ini di budidayakan disini.

Nama latinnya, Apteronotus Albifrons . Banyak julukan dari ikan ini seperti, setan hitam karena mempunyai warna hitam dengan sirip yang unik jadi seolah-olah mirip dengan setan.

Ada juga yang menyebutnya knife fish , memang kalau di lihat sekilas seperti pisau dengan warna hitam.

Si penari balet , dikarenakan ikan mempunyai kemampuan untuk berenang maju dan mundur dan juga bisa jungkir balik sehingga mendapat julukan tersebut.

Perlu diketahui, ikan black ghost ini merupakan ikan nokturnal. Ini juga salah satu alasan kenapa disebut ikan hantu, di siang hari ikan ghost ini kebanyakan hanya bersembunyi di balik batu-batuan. Dan pada malam hari ikan ini baru sangat aktif.

Jadi buat kamu yang ingin memeliharanya, kamu harus siapkan tempat untuk bersembunyi.

Oh iya, ikan ini juga bisa dicampur dengan ikan hias lainnya dalam satu akuarium, karena sifatnya tidak agresif.

Ikan ghost ini tidak memiliki banyak macam warna seperti ikan koi dan lainnya. Hanya mempunyai warna hitam dengan sedikit warna putih yang melingkar pada bagian ekornya.

Memang ada beberapa kasus yang menemukan ikan ghost berwarna albino, namun itu mengalami cacat pigmen dari lahir sehingga sangat jarang menemukan ikan ghost dengan warna selain hitam.

Keunikan lainnya ada dibagian ekor, memiliki ekor yang kecil menyerupai cacing sehingga banyak ikan lain yang mencoba memakannya.

Namun jangan khawatir, ikan black ghost ini juga memiliki kemampuan seperti cicak jika ekornya putus karena dimakan ikan lain dalam beberapa waktu akan tumbuh kembali.

Memelihara ikan black ghost di akuarium

cacing sutera makanan ikan black ghost

Buat kamu yang tertarik memeliharanya, baca dulu tips dibawah ini ;

Sebenarnya ikan itu tak terlalu sensitif dengan kejernihan air, jadi kamu tak harus setiap saat untuk mengganti airnya.

Jangan lupa untuk membuat tempat persembunyian ikan, bisa dengan karang, batu, gendeng, paralon dan sebagainya.

Untuk pemberian makan cukup sehari 2x saja, makanan ikan ghost ini sama seperti ikan hias lainnya seperti pelet, cacing sutera atau cacing darah dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *