Ikan Prdator Candiru Ini Ternyata Lebih Ganas dari Ikan Piranha

Pasti kamu sudah mengetahui bahwa ikan piranha adalah ikan predator yang ganas, tetap ada juga loh ikan predator yang lebih menyeramkan dari itu, yaitu ikan candiru. Konon kabarnya ikan ini lebih ganas dari ikan piranha.

Ada banyak faktor yang membuat ikan candiru ini bisa dikatakan lebih ganas dari ikan piranha, atau lebih tepatnya lebih menyeramkan. Yuk kenali ikan ganas yang banyak ditakuti ini.

Mengenal Lebih Jauh Ikan Predator Mirip Lele

ikan candiru predator mamatikan

1. Bentuk Tubuh Sang Ikan Predator

Jika berbicara ikan lele, tentu ukurannya seperti ikan kebanyakan. Namun berbeda denganikan dari Amazon ini, sebab ukuran ikan ini hanya sekitar 1 hingga 2 inci saja, sedangkan lebarnya hanya 4 hingga 6 milimeter. Namun ikan ganas satu ini, memiliki bentuk yang snagat mirip dengan ikan lele, namun hanya saja lebih transparan dan mustahil dilihat ketika di dalam air. Ikan satu ini, termasuk ikan perenang cepat, lembut dan licin, gigi ynag tajam, dan termasuk perenang yang kuat.

2. Terdapat Beberapa Spesies

Ikan predator candiru ini dibagi menjadi 3 spesies, yaitu candiru tusuk gigi, candiru paus, dan candiru berukuran satu jari. Khusus untuk ikan Candiru berukuran tusuk gigi dan candiru berukuran satu jari, biasanya memakan tubuh ikan lain dengan cara memasuki tubuh mangsanya. Bahkan biasanya, ikan ini mengincar mangsanya yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari tubuhnya. Sedangkan candiru paus, merupakan ikan yang memakan bangkai ikan yang telah mati.

3. Tergolong Ikan Parasit

Ikan ini pantas menyandang gelar sebagai predator,sebab ikan ini memangsa buruannya dengan cara yang cukup kejam. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ikan tersebut sebagai ikan vampir dari Brazil. Sebab, ikan satu ini mencari buruannya dengan mengecap air. Hal ini berfungsi untuk mengetahui aliran air yang berasal dari ikan lainnya. Setelah mengetahui asal aliran air tersebut, ikan ini akan berusaha memasuki tubuh ikan buruannya melalui celah sirip ikan tersebut.

Ketika ikan predator ini memasuki tubuh buruannya, duri yang ada di sekitar kepala candiru dapat melukai tubuh ikan tersebut, terutama pada bagian insangnya. Hal ini menyebabkan ikan buruan akan mengeluarkan darah selagi ikan candiru berada ikan tersebut. Tidak mengherankan bila ikan ini disebut sebagai predator yang banyak ditakuti oleh masyarakat sekitar. Selain itu, tubuhnya yang kecil, menyebabkan dirinya susah untuk dideteksi.

4. Ikan yang Ditakuti Masyarakat Sekitar

Selain bentuk ikan yang kecil dan sedikit transparan, ikan ini semakin ditakuti karena lebih tertarik dengan air seni ataupun darah. Apabila anda tidak sengaja berenang dan memasuki daerah habitatnya, ada kemungkinann sang ikan akan masuk melewati celah anus ataupun vagina. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan untuk mengambilan ikan sulit dilakukan. Cara ampuh untuk mengambilnya hanyalah lewat operasi.

Untuk memangsa ikan lainnya, ikan akan mengikuti aliran air dari insang sang korban. Namun jika ingin menyerang manusia, ia akan mengikuti anda yang mengeluarkan air seni ketika berenang dan masuk ke tubuh anda. Karena bentuknya yang kecil , anda pasti tidak menyadarai bahwa ikan predator inilah yang menyerang anda.  Walaupun bentuknya kecil, sebaiknya jangan merehkan keganasan sang ikan Candiru ini.

Cara ampuh untuk mengobatinya adalah dengan menggunakan pengobatan tradisional, yaitu dengan air yang berasal dari 2 tanaman bernama xagua dan apel Buatach. Kedua buah ini, diketahui sebagai cara ampuh untuk melarutkan ikan tersebut. Anda cukup memasukkan air dari 2 tanaman tersebut ke tubuh yang terkena ikan parasit. Gunakan cara tradisional tersebut apabila biaya operasi dirasa cukup besar. Jika tidak segera ditangani, akan mengakibatkan kematian.

Beri Komentar