Tips Merawat Ekor Ikan Cupang Halfmoon Agar Tetap Bagus

Posted on

Ikan cupang halfmoon adalah hasil campur tangan manusia karena hasil dari perkawinan silang pada tahun 80-an oleh Peter Goettner asal Amerika Serikat.

Dinamakan cupang halfmoon karena memiliki ekor yang bulat seperti setengah bulan. Oleh karena itu banyak yang tertarik akan keindahan dari ekor ikan cupang halfmoon ini

Selain dari ekor, gerak-gerik tubuh ikan halfmoon ini juga terlihat anggun, namun untuk perawatan ikan cupang ini lumayan perlu perhatian lebih karena untuk menjaga ekor ikan agar tetap bulat seperti setengah bulan lumayan sulit, selain sering terkena parasit/kuman ekor ikan cupang halfmoon ini juga bisa sobek dikarenakan kesalahan kita mengambilnya saat mau membersihkan tempatnya atau saat mau memindahkannya.

merawat ekor ikan cupang
Cupang Halfmoon Putih

Oleh sebab itu hari perlu hati-hati dalam merawat ekor ikan cupang halfmoon ini tentunya kamu tidak mau kan sudah beli mahal tetapi malah ekor ikan halfmoon nya rusak atau terkena penyakit/kuman.

Untuk mencegah itu saya akan memberikan beberapa tips merawat Ekor ikan cupang halfmoon agar tetap bagus, sehat dan keindahannya tetap terjaga

Wadah Yang Cocok

Karena tidak bisa dicampur dengan cupang lainnya biasanya ikan cupang halfmoon diletakkan pada wadah/akuarium yang kecil. Hal ini juga bertujuan untuk menghemat space di rumah. Untuk ukuran akuarium yang aman atau yang direkomendasikan yaitu ukuran standar 15x15x20 cm, tapi ada juga yang memakai ukuran 30x15x20 cm. Kamu boleh memilih dari 2 ukuran tersebut tapi jangan memilih ukuran yang lebih kecil dari itu karena dikhawatirkan jika terlalu kecil akan membuat ikan sulit untuk bergerak dan dapat merusak ekornya ikan cupan.

Pakai Air Yang Bagus

Ini mungkin dianggap sepele, namun ini juga penting demi menjaga kesehatan ikan kamu. Jadi sebelum kamu masukkan ikan cupang halfmoon nya sebaiknya air bersih dari PAM maupun sumur di endapkan dahulu sekitar semalam untuk menetralkan air tersebut karena seperti air PAM pasti mengandung beberapa zat kimia, dan untuk air sumur yang dikota biasanya sudah banyak tercemar. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik di endapkan dulu airnya selama semalam saja sudah cukup.

Obat Ikan Cupang Halfmoon

Untuk menjaga agar ikan halfmoon tetap terjaga kesehatannya, maka kita juga perlu untuk memberinya obat seperti antibiotik agar ikan cupang terhindar dari serangan kuman. Ada beberapa macam obat yang bisa kamu kasih ke ikan cupang kamu, seperti menambahkan sedikit garam ikan dan ditambah dengan methyline blue atau bisa juga ditambah dengan endapan dari daun ketapang .

Makanan Ikan Cupang Halfmoon

Jangan lupa untuk memberi makan ikan cupang halfmoon dengan teratur untuk sehari bisa kamu beri makan 2 sampai 3 kali. Untuk makanannya bisa kamu beri pelet, kutu air, atau cacing sutra. Tapi menurut saya perbanyak untuk memberinya pakan yang hidup karena selain lebih alami juga kandungan gizi proteinnya lebih banyak. Untuk pemberian makan jangan kebanyakan, kira-kira dalam 5 menit makanan sudah habis, apalagi untuk pakan pelet jika tidak habis sebaiknya angkat sisa makananya lalu buang, karena jika kebanyakan dalam memberinya makan dapat merusak kualitas air dan juga bisa cepat kotor.

Jaga Kebersihan Akuarium

Dan yang terakhir yaitu jaga kebersihan akuarium,sebaiknya setiap 3 hari sekali jika ada kotoran atau jika memang kamu sibuk kerja setidaknya 1 minggu sekali rawatlah ikan hias cupang halfmoon kamu.selain itu agar ikan cupang kamu tetap gagah sebagai ikan cupang jantan maka dekatkan lah ikan cupang kamu ke cupang yang lainnya tanpa sekat selama kurang lebih 20 menit sehari. Jika kamu hanya punya 1 ekor ikan cupang kamu bisa memakai kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *