Perbedaan Ikan Cupang Red Koi, Red Koi Galaxy dan Red Koi Multicolour

Sudah banyak yang mengetahui bahwa ikan cupang hias mempunyai banyak jenis nya, salah satunya yaitu ikan cupang koi.

Cupang koi pun ada banyak jenisnya juga seperti koi klasik, red koi, yellow koi, black koi, red koi galaxy, galaxy koi multicolour. Tapi disini saya akan fokus membahas tentang perbedaan cupang red koi, cupang red koi galaxy dan cupang red koi multicolor

ikan cupang multicolour

Akhir-akhir ini cupang koi memang semakin terkenal saja, disebut cupang koi karena corak warnanya menyerupai ikan koi pada umumnya. Harga cupang koi pun bervariasi tergantung tingkat keindahan corak warnanya.

Jika kamu belum mengetahui perbedaan antara cupang red koi, cupang red koi galaxy dan cupang red koi multicolor bisa menyimak dibawah ini.

1. Ikan cupang red koi

ikan cupang red koi

Yang pertama adalah cupang red koi, cupang red koi memiliki warna dasar merah dan ada sedikit corak warna hitam.

Kamu dapat melihat gambar diatas untuk lebih jelasnya. Harga cupang red koi sendiri lumayan murah yaitu di umur sekitar 4-5 bulan harganya 50 ribu an untuk kualitas standarnya.

2. Ikan cupang red koi galaxy

ikan cupang red koi galaxy

Sebenarnya mirip dengan cupang red koi, yang membedakan adalah adanya bintik-bintik di bagian tubuh cupang yang seolah-olah menyerupai galaxy. Oleh karena itu cupang jenis ini disebut cupang red koi galaxy.

Bintik-bintik yang bagus bewarna putih bersih, dan jumlahnya agak banyak. Untuk harga cupang red koi galaxy per ekornya mulai dari 100 ribu rupiah untuk usian 5 bulan, untuk kualitas super bisa lebih mahal.

3. Ikan cupang red koi multicolour

ikan cupang red koi multicolour

Tingkatan selanjutnya adalah jenis cupang red koi multicolour. Agar bisa disebut cupang multicolour ikan tersebut harus memiliki sedikitnya 3 varian warna.

Varian warna ini biasanya berbeda-beda, namun biasanya ada warna merah, hitam, putih. biru. Dan juga ada bintik galaxy nya.

Cupang red koi multicolour kualitas yang bagus warnanya harus agak mengkilap dan di kedua sisi badannya memiliki corak warna yang sama. Harga cupang red koi multicolour ini lebih mahal dari kedua jenis cupang red koi diatas, yaitu mulai dari 100 ribu sampai 500 ribu juga ada tergantung seberapa bagus motif corak warna yang dimiliki cupang tersebut.

Tips Memelihara Ikan Cupang

Memelihara cupang di wadah soliter merupakan pilihan yang tepat, jika memiliki lebih dari satu cupang jangan lupa untuk menyiapkan kertas buat sebagai pembatas wadah soliter nya agar cupang tidak selalu bertengkar.

Untuk masalah pergantian air, cupang sendiri merupakan ikan hias yang tanggung. Tapi agar warna cupang tetap bagus disarankan untuk mengganti airnya sekitar 3 hari sekali, atau jika memang terlalu sibuk setidaknya seminggu di ganti sekali.

Pergantian air ini dimaksudkan agar corak warna cupang tetap terlihat indah dan terawat, rugi kan juga sudah beli cupang mahal-mahal tapi corak warnanya menjadi jelek akibat salah perawatannya.

Oh iya sedikit tambahan, kamu dapat memakai air bersih (putih), atau air coklat yang ada endapan dari daun ketapang. Jika memilih bersih bisa memakai air tanpa campuran apapun, atau jika ingin lebih sehat bisa memakai air dengan campuran endapan daun ketapang. Coba perhatikan, para pembudidaya cupang pasti airnya agak kecoklatan kan?

Dalam segi pemberian makan, pasti sudah tahu lah makanan ikan cupang, usahakan jangan berlebihan dalam memberi makan cupang agar kualitas airnya tetap terjaga dengan baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *