Ikan Hias Yang Berukuran Besar

Dari dulu hingga sekarang yang namanya ikan hias tidak pernah terpungkur oleh jaman. Tetap terus berkembang dengan munculnya spesies jenis ikan hias yang baru. Sehingga peminatnya pun selalu ada dan tidak pernah ditinggalkan, ada banyak sekali jenis ikan hias yang beredar mulai dari ukuran kecil hingga ikan berukuran besar. Nah berikut ini adalah beberapa ikan hias berukuran besar yang bisa kamu pelihara di akuarium rumah.

Ikan Oscar Batik

Ikan hias berukuran besar pada dasarnya perlu tempat yang besar dan luas juga untuk mengimbangi dari badannya. Oleh karena itu, banyak orang yang kurang suka untuk memilihnya dikarena memakan tempat tersebut.

Walaupun begitu, tak sedikit juga orang yang memelihara ikan hias berukuran besar ini. Karena jika di lihat dari tampilan memang terlihat lebih gagal dan garang jika ikan tersebut berukuran besar.

Yang memilih memelihara ikan hias yang berukuran besar pasti sudah tidak ada masalah lagi dengan tempat yang luas. Karena ukuran akuarium besar pun hanya bisa di isi oleh satu atau due ekor ikan saja. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk memeliharanya pastikan dahulu tempat atau akuariumnya sudah siap.

Nah berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias yang bisa berukuran besar dan paling sering di pelihara di akuarium :

1. Ikan Ringau

Ikan Ringau

Ikan hias pertama yang besar adalah ikan ringau, ikan ini memiliki tubuh yang besar dan warna kulit yang sangat indah. Ikan ini memiliki pola bergaris seperti harimau, ikan hias ini juga disebut datz ikan.

Ikan hias ini sendiri bisa mencapai ukuran 28 cm panjangnya dan memiliki sifat yang suka menyembunyikan. Di jaman sekarang banyak orang yang suka dengan sifat ikan ini.

Harga ikan Ringau juga termasuk dalam ikan yang mahal karena harganya berkisar antara Rp. 65.000 menjadi Rp. 250.000. Ringau paling mahal ikan bisa mencapai 1 juta untuk per ekornya.

2. Ikan Arwana

ikan arwana super red
ikan arwana super red

Ikan arwana dijuluki sebagai raja ikan hias, yang juga disebut sebagai ikan berbentuk seperti naga karena memiliki tubuh yang besar dan lama memiliki sisik yang cukup besar.

Arwana hanya memiliki satu warna dominan pada tubuhny, meski cuma ada satu warna namun tetap dapat memanjakan mata kita dengan gerakan yang sangat menawan saat berenang di akuarium. Arwana juga memiliki sifat agresif jadi jika sudah berukuran besar, cukup satu arwana untuk satu akuarium dan saya akan merekomendasikan untuk dimasukkan ke dalam akuarium besar.

Ikan arwana juga termasuk dalam ikan yang sangat mahal, untuk ukuran besar kualitas paling rendah saja sudah memiliki harga diatas satu juta rupiah. Jenis arwana termahal masih di pegang arwana super red.

3. Oscar

Ikan-Oscar-Tiger

Ikan oscar adalah ikan hias yang sangat cocok dipelihara di akuarium berukuran besar. Ikan yang berasal dari perairan Amazon ini memilik corak warna yang menarik, dan juga merupakan ikan hias yang ukurannya bisa besar.

Jenis ikan oscar pun beragam dan memiliki kelebihan masing-masing di setiap jenisnya, seperti ikan oscar paris, ikan oscar hitam, ikan oscar tiger, ikan oscar batik, dan masih banyak lagi jenisnya. Ikan ini termasuk dalam ikan karnivora sehingga Anda harus memberi makan ikan ini dengan ikan kecil seperti plati dan molly atau ikan kecil lainnya.

Harga dari ikan oscar cukup mahal, namun lebih murah jika dibandingkan dengan ikan arwana tadi. Harganya sangat beragam tergantung ukuran, jenis dan kualitas dari corak warna ikan oscar.

4. Ikan Louhan

Ikan Louhan Kamfa (Chinghwa)

Ikan ini memiliki ciri khas memiliki benjolan di kepalanya. Benjolan di kepala tidak berarti bahwa ikan ini memiliki abnormal atau sakit, tetapi benjolan adalah hal yang membuat ikan ini dicari oleh penggemar ikan hias. Ikan louhan ukurannya pun bisa lumayan besar sehingga kamu perlu akuarium cukup besar dan luas agar ikan ini leluasa untuk berenang.

Ikan louhan juga memiliki banyak jenis seperti ikan louhan golden red, ikan kemalau louhan, kamfa, cencu , SRD (super red dragon), dll.

Harga louhan cukup mahal bisa mencapai jutaan. Dengan memiliki benjolan besar membuat ikan louhan semakin mahal.

5. Ikan Gabus

jenis ikan predator dengan wajah mirip ular

Ikan Gabus juga merupakan ikan hias namun biasanya yang di pelihara adalah jenis yang berdeda dengan ikan gabus yang sering dikonsumsi, panjang ikan gabus bisa mencapai 1 meter juga sudah dewasa.

Ikan gabus hias yang di pelihara adalah yang memiliki corak warna yang bagus seperti etta channoides (snakehead betta albimarginata), channa bleheri (snakehead rainbow), dan micropeltas channa.

Nah itulah 5 jenis ikan hias berukuran besar yang paling banyak di pelihara di akuarium untuk mempercantik ruangan di dalam rumah. Sebenarnya masih ada beberapa ikan lainnya seperti ikan discus, ikan sapu-sapu dan lain sebagainya, akan saya ulas di postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *