Ikan Hias Oscar

Ikan hias air tawar yang akan kita bahas kali ini adalah ikan hias oscar, ikan yang memiliki nama latin Astronotus ocellatus masih termasuk dalam keluarga Cichlid. Dilihat dari bentuk badannya sudah ketahuan kalau ikan hias ini memiliki sifat agresif, namun karena ada corak warna di tubuhnya meskipun agresif tapi akan terlihat cantik apalagi kalau kita memeliharanya di akuarium.

Ikan ini berasal dari sungan Amazon di Brazil sana, dan untuk ukuran panjangnya bisa mencapai 40 cm dengan berat sekitar 3 kg. Ikan hias Oscar ini dianggap ikan hias paling cerdas jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya karena ikan hias Oscar ini memiliki tingkat ingatan yang panjang.

Jenis ikan hias Oscar ini ada banyak, tapi yang terkenal di Indonesia adalah Ikan Oscar jenis albino dan yang jenis Oscar batik yang mempunyai warna dasar hitam dan ada corak merah ataupun orange. Ikan hias Oscar ini juga memiliki umur yang panjang, jika kita mampu merawatnya dengan baik ikan hias Oscar ini bisa mencapai umur 10-14 tahun.

Jika kamu ingin memeliharanya diakuarium saya sarankan untuk jangan di campur dengan ikan hias lainnya dikarenakan ikan hias Oscar ini pertumbuhannya cepat dan ukuran tubuhnya juga besar jika dibanding dengan ikan hias lainnya, dan ikan ini termasuk ikan harnivora dan jika ada ikan hias lainnya apalagi dengan ukuran lebih kecil bisa dimakan oleh ikan hias Oscar ini.

Mempunyai sifat yang ratus serta selera makan yang banyak hal ini menjadi air mudah kotor, oleh karena itu kamu juga harus menyiapkan fiter air yang bagus dan mengganti air dalam akuarium setidaknya seminggu bisa 2 kali kamu ganti airnya untuk menjaga agar kualitas air di akuarium tetap terjaga dan bersih dari kotoran ikan Oscar ini.

Jika kamu berminat ingin memelihara ikan hias Oscar ini jangan di campur dengan ikan hias lainnya di satu akuarium. Cukup ikan hias Oscara saja, untuk satu akuarium ukuran standar bisa di isi dengan 5-6 ikan hias Oscar. Dan disini saya akan memberi tips untuk kamu yang ingin memelihara ikan hias Oscar ini agar ikan hias kamu tetap sehat, pertama-tama yang wajib kamu perhatikan adalah suhu dan kualitas airnya.

Suhu Aquarium

Karena ikan hias Oscar ini sensitif terhadap perubahan suhu dan untuk tingkat adapsi suhu ikan ini kurang bagus maka usahakan agar suhu dalam akuarium stabil di sekitar 23° C – 27° C.

Dan juga kamu harus menjaga pH air antara 6 dan 8, karena Oscar bisa mentolerir berbagai kondisi maka dengan air sumur saja sudah cukup.

Ukuran Ikan Oscar

Meskipun di alam asalnya ikan hias oscar ini mampu tumbuh sepanjang 40 cm kalau di akuarium hanya bisa sampai sekitar 20 – 30 cm, itupun dengan ukuran panjang akuarium 150 cm. Oleh karena itu untuk memelihara ikan hias Oscar ini harus mempunyai tempat yang lumayan luas.

Cara memasukan Ikan Oscar ke dalam Akuarium

Setelah kamu membeli ikan hias oscar yang dibawah dengan plastik jangan langsung untuk memindahkannya ke akuarium, karena ikan oscar kamu bisa stres karena perbedaan suhu dan kualitas airnya, untuk cara pertama adalah apungkan ikan yang masih dibungkus plastik ke akuarium dan diamkan beberapa saat sekitar 10 menit dulu sebelum kantong plastiknya di buka, hal ini agar ikan mencoba beradaptasi dengan suhu yang diakuarium dahulu.

Makanan Ikan Hias Oscar

Ikan hias oscar termasuk jenis ikan karnivora dan rakus dalam memakan, untuk makanan terbaik untuk ikan hias oscar adalah ikan hidup yang kecil-kecil ukurannya seperti ikan mas yang masih kecil dan ikan kecil lainnya, dan kamu jika bisa memberi variasi makanan seperti jangkrik ataupun cacing.

Beri Komentar