Ikan Sumatra Cocok Untuk Aquascape

Puntius tetrazona adalah spesies ikan kecil yang masih anggota dari suku Cyprinidae kalau di Indonesia sendiri nama yang mudah untuk ikan hias ini adalah ikan sumatra atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai sumatra barb / tiger barb.

Jenis ikan ini tergolong sangat mudah untuk dibudidayakan serta harganya yang murah namun mempunyai corak warna yang cantik sehingga banyak pecinta ikan hias juga memeliharanya dan sangat cocok untuk kamu yang lagi mau buat Aquascape karena ikan ini akan terlihat lebih cantik kalau dipadukan dengan aquascape. Ikan yang hanya berukuran sekitar 70mm ini secara alami tersebat di wilayah Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaya (termasuk di Thailand)

Ikan Sumatra juga ada berbagai macam warna, seperti albino, hijau, merah, pink, kuning dll.Nah buat kalian yang bertujuan untuk menjadi pelengkap Aquascape saya sarankan untuk menanyakan dahulu kepada penjual ikan sumatra ini, ikan apa saja yang boleh di satukan karena tidak semua ikan cocok dengan ikan sumatra ini.

Walau ikan ini berukuran kecil namun dia mempunyai sifat agresif sebagai contoh ikan ini jangan disatukan dengan udang chery karena ikan ini tak bersahabat dengan undang.

Dan kalau mau memelihara ikan ini kamu harus lumayan sabar karena selain punya sifat agresif dia juga sedikit galak jadi usahan kalau pemula cukup satu jenis aja agar kondisi aquascape kamu tetap indah tidak menjadi arena perang.

Ikan Sumatra adalah jenis ikan yang suka bergerombol, jadi sara sarankan untuk memeliharanya diatas 5 ekor karena selain agar terlihat lebih cantik dan bisa mengurangi efek agresifnya karena jika kurang dari 5 ekor tingkat agresifnya lebih besar dan bisa sangat menggangu ikan lainnya.

Jika kamu berminat untuk menyatukan ikan sumatra, disarankan untuk memilih jenis ikan yang mempunyai sifat yang agresif juga seperti ikan platis,kerabat lele dan kerabat ikan macan

Kalau untuk cara memeliharanya sangat mudah karena pada dasarnya ikan sumatra ini tak perlu perawatan yang spesial karena kalau di habitat aslinya ikan ini berada di sungai yang dangkal air jernih ataupun keruh juga tak masalah baginya jadi kamu tak perlu repot-repot untuk mengatuh tingkat kejernihan air serta mengatur suhunya.

Namun dibalik bentuk tubuh dan warna yang cantik serta mudahnya untuk dipelihara dia menyimpan sifat agresif dan galak inilah yang harus kamu pertimbangkan sebelum memelihara ikan sumatra ini

ikan sumtra bergerombol
ikan sumtra bergerombol

Selain dengan memeliharanya minimal 5 ekor tadi, akuarium untuk ikan ini juga harus dikasih karang-karang serta tanaman air karena tak hanya menambah tingkah keindahan dengan tanaman juga membuat ikan merasa lebih nyaman dan seperti di habitat aslinya tujuannya agar tingkat agresifnya bisa berkurang lain itu carikan lah teman yang mempunya sifat mirip-mirip dengan karakter ikan sumatra ini.

Sebenarnya masih ada sifat jeleknya ikan sumatra ini yaitu induknya tidak bertanggung jawab dan tidak mau merawat telur maupun anaknya tak hanya sejahat itu, dia juga tega untuk memakan telur dari calon anak-anaknya sendiri. Sekali bertelur bisa berjumlah sekitar 300 butir dan akan mengeras seteleh 56 Jam. Jadi jika kamu juga berminat untuk membudidayakannya saran saya setelah ikan ini selesai pemijahan selesai segera mungkin untuk memindahkan si induknya sebelum induknya menyantap habis telur-telurnya

Beri Komentar