Inilah Tips Merawat Ikan Predator Tiger Shovelnose Catfish

Seiring berkembangnya jaman, para kolektor ikan pun mulai melirik ikan dengan berjenis predator. Hal ini terlihat saat sebagian pecinta ikan mulai tertarik untuk memelihara ikan yang memiliki karakter ganas ini. Salah satu ikan yang menarik perhatian para kolektor ikan adalah Tiger Shovelnose Catfish. Ikan yang berasal dari sungai Amazon ini mulai terlihat banyak menghiasi akuarium. Bagi anda yang tertarik memeliharanya, yuk simak tipsnya berikut ini.

predator Tiger Shovelnose Catfish

Tips Merawat Ikan Predator Asal sungai Amazon

1. Menyediakan Tempat yang cukup Besar.

Bagi anda yang ingin membawa pulang salah satu jenis ikan predator ini untuk dipelihara, sebaiknya anda juga perlu menyediakan tempat yang cukup besar. Pasalnya, di tempat asalny,  ikan ini akan dilepaskan ke alam liar setiap tahunnya. Untuk itu, bagi anda yang ingin membeli ikan ini maka sediakan ukuran akuarium setidaknya lebih dari 40 inci atau 100 cm. Karena ketika dewasa, ukuran ikan ini dapat mencapai lebih dari 100 cm atau lebih jika hidup di alam liar.

2. Memberikan Makanan yang Alami

Tiger Shovelnose Catfish merupakan jenis ikan yang panjangnya dapat menyesuaikan panjang dari akuarium yang ditinggalinya. Serta, ikan ini termasuk jenis ikan yang dapat tumbuh dengan sangat cepat hingga mencapai 40 cm di tahun pertama. Bagi anda yang ingin untuk melihat perkembangannya dengan pesar, maka berikanlah jumlah pakan alami dan tempat yang cukup luas. Sehingga ikan ini pun dapat tumbuh dengan sangat baik.

3. Jangan Sembarangan Melepasnya

Karena termasuk jenis ikan predator, maka jika anda memutuskan untuk memeliharanya, pastikan untuk selalu menjaganya agar tetap berada di akuarium. Hal tersebut dikarenakan ikan ini merupakan jenis predator yang terampil sehingga nantinya dapat mengganggu ekosistem asli tempat tersebut. Untuk itu, jangan sekali-kali anda melepasnya ke sungai atau akuarium yang berisi ikan yang lain, karena dapat membuat ikan ini memangsanya dengan cepat.

4. Mengatur Habitat Akuarium

Tiger Shovelnose Catfish

Untuk anda yang memang ingin memelihara Tiger Shovelnose Catfish, baiknya anda perlu memperhatikan dengan detail habitat tempat tinggalnya. Idelanya, bagian bawah akuariun haruslah anda tutupi dengan pasir halus atau dengan batu-batu besar. Sebaiknya, anda tidak meletakkan kerikil akuarium tradisional, karena hal tersebut dapat mengundang ikan ini untuk memakannya.

Biasanya ikan ini dapat beristirahat dengan baik jika di dalam gua besar. Untuk itu, anda pun bisa mengakalinya dengan menggunakan akar kayu yang tidak perlu terlalu banyak, hanya beberapa potong saja. Kemudian anda bisa menumpuknya bersama hingga menyerupai sebuah gua. Dengan ini, maka ikan akan terasa lebih aman, sehingga nantinya akan mengurangi stres yang terjadi pada ikan.

5. Menghindari Hal yang Membuat Ikan Stres

Tips yang terakhir adalah dengan menghindari hal yang membuat ikan menjadi stres. Ikan ini cenderung mudah terganggu jika anda mengganti air akuarium atau kolam. Hal tersebut nantinya akan membuat Tiger Shovelnose Catfish menjadi tidak tenang sehingga banyak menyebabkan percikan air di sekitar akuarium. Selain itu, anda juga harus menutup akuarium anda, dikarenakan ikan ini dapat dengan mudah melompat.

Tak hanya itu saja, tempat yang kecil juga akan membuat ikan menjadi gelisah, sehingga imbasnya adalah ia akan melompat keluar ke akuarium. Jika anda ingin memelihara ikan ini, maka sebaiknya anda menjauhkannya dari ikan lain yang sedang stres. Karena nantinya, ikan berjenis predator satu ini akan dpaat denan mudah terserang stres. Usahakan untuk memelihara ikan ini dengan suhu 72-79 Farenheit agar ikan dapat beradaptasi dengan baik.

Beri Komentar