Jenis dan Manfaat Ikan Sapu-Sapu Sebagai Pembersih Akuarium

Ikan sapu-sapu merupakan ikan yang mempunyai bentuk fisik berbeda dari kebanyakan ikan lainnya. Bisa sebagai pembersih akuarium, itulaha salah satu manfaat ikan sapu-sapu.

Ikan pembersih ini bisa digolongkan ke jenis ikan hias air tawar dikarenakan ada beberapa jenis ikan sapu-sapu yang bentuk warnanya bagus dan cantik.

Selain bentuknya yang berbeda dari ikan hias lainnya, ikan sapu-sapu jika tergolong ikan pendiam. Dia bisa berdiam cukup lama dan sesekali bergerak untuk pindah tempat atau berenang ke permukaan untuk mencari oksigen.

Ikan sapu-sapu adalah ikan yang berjenis omnivora yang artinya pemakan segala seperti kutu air, lumut atau alga dan kotoran-kotoran yang menempel pada akuarium. Nah karena bisa memakan kotoran-kotoran tersebut ikan ini dijuluki sebagai ikan sapu-sapu dan kamu dapat manfaatkan ikan sapu-sapu sebagai ikan pembersih diakuarium kamu.

Ikan ini juga tergolong ikan yang kuat dalam bertahan hidup meskipun air atau tempat tinggalnya keruh dan berlumpur karena ikan sapu-sapu selain memakai insang untuk bernafas, ikan sapu-sapu juga memiliki labirin yang dapat digunakan untuk bernafas juga, labirin ini sangat berguna bagi ikan sapu-sapu untuk tetap bisa bernafas meskipun dalam tempat yang keruh sekalipun.

Bentuk fisik dari ikan sapu-sapu ini cukup besar, panjang badannya bisa mencapai lebih dari 60 cm. Tetapi jika kamu ingin memelihara ikan sapu-sapu di akuarium ikan hias kamu saya sarankan untuk memelihara ikan sapu-sapu yang ukurannya masih kecil, dikarenakan semakin besar ukuran badannya maka ikan sapu-sapu tersebut akan semakin malas dan makin pendiam, malas untuk bergerak.

Jadi disarankan agar memelihara ikan sapu-sapu dengan ukuran yang masih kecil, selain lebih enak untuk dipandang ikan sapu-sapu yang masih kecil dapat membersihkan kotoran akuarium lebih efektif. Sebenarnya jenis ikan sapu-sapu ini ada banyak, kamu dapat memilih jenis yang mana yang cocok untuk dipelihara di akuarium kamu.

1. Ikan Sapu-Sapu Common Pleco

manfaat ikan sapu-sapu di akuarium
Ikan Sapu-Sapu Common Pleco

Ikan sapu-sapu yang berjenis common pleco ini merupakan jenis ikan sapu-sapu yang paling banyak ditemui di sungai-sungai di Indonesia, dan ikan sapu-sapu ini menjadi musuh bagi para pemancing karena sering memakan umpan pancingnya. Ciri-ciri dari ikan sapu-sapu yang berjenis common pleco ini memiliki warna hitam yang menyelimuti seluruh badannya.

2. Ikan Sapu-Sapu Scarlet Pleco

jenis ikan sapu scarlet pleco
Ikan Sapu-Sapu Scarlet Pleco

Ikan sapu-sapu yang jenis scarlet pleco ini berasal dari brazil, untuk bentuknya mirip seperti sapu-sapu common pleco yaitu badannya mempunya warna utama hitam seluruh tubuh tatapi mempunyai corak yang berwarna merah agak orange di beberapa bagian. Ukurannya pun cukup besar bisa mencapai 40 cm lebih jika sudah dewasa.

3. Ikan Sapu-Sapu Gold Nugget Pleco

Ikan Sapu-Sapu Gold Nugget Pleco
Ikan Sapu-Sapu Gold Nugget Pleco

Jenis yang ini adalah jenis ikan sapu-sapu yang menurut saya paling cantik, ikan sapu-sapu gold nugget pleco ini memiliki warna dasar hitam dengan dipadukan warna bintik-bintik kuning di seluruh badannya yang membuat perpaduan warnya sangat cantik untuk dipelihara di akuarium ikan hias.

Ikan sapu-sapu gold nugget pleco ini asalnya dari sungai amazon yang terletak di amerika. Kalau dihabitat aslinya ikan sapu-sapu yang berjenis gold nugget pleco bisa dikabarkan memiliki panjang bisa mencapai 20 cm.

4. Ikan Sapu-Sapu Zebra Pleco

Ikan Sapu-Sapu Zebra Pleco
Ikan Sapu-Sapu Zebra Pleco

Seperti pada namanya, ikan sapu-sapu zebra pleco memiliki corak tubuh yang seperti zebra yaitu belang-belang warna hitam dan putih di seluruh badannya. Sebanding dengan corak warnanya yang sangat cantik ternyata ikan sapu-sapu jenis zebra pleco ini memiliki harga yang lumayan mahal, yaitu bisa mencapai 1juta bahkan lebih untuk per ekornya. Berbeda dengan ikan sapu-sapu jenis lainnya, sapu-sapu zebra pleco memiliki ukuran tubuh yang kecil panjangnya hanya sekitar 7 cm saat sudah dewasa.

Nah itulah beberapa jenis dan manfaat ikan sapu-sapu yang di pelihara di akuarium kamu. Dari 4 contoh jenis diatas, manakah yang menurut kamu paling cantik?

Beri Komentar