Jenis-jenis ikan Botia yang perlu kamu ketahui

Ternyata jenis-jenis ikan Botia ada cukup banyak. Jadi tidak hanya satu.

Untuk kamu yang mau memelihara ikan hias air tawar ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu ada jenis apa saja. Dengan begitu kamu bisa memelihara jenis yang paling cocok menurut kamu.

Asal usul

Ikan hias ini habitat aslinya itu di kawasan perairan tropis Asia Timur dan Asia Tenggara. Yakni di India, Indonesia, Tiongkok, Jepang, dan Myanmar.

Botia termasuk jenis ikan nokturnal dengan ukuran kecil.

Biasanya ikan ini hidup secara bergerombol. Suka main-main di dasar akuarium. Apabila kamu memutuskan untuk memelihara ikan ini kamu tidaklah sendiri, karena banyak orang yang senang memelihara ikan ini.

Oia ikan ini juga punya warna yang menarik. Mungkin ini juga yang membuat orang-orang tertarik untuk memeliharanya.

Oke, sekarang mari kita lanjutkan ke jenis-jenisnya yuk?

Jenis-jenis ikan Botia

1. Clown Loach Botia

ikan botia jenis clown loach

Kalau kamu bertanya mana jenis ikan botia yang paling populer, maka Clown Loach Botia jawabannya. Habitat asli jenis ikan ini adalah Indonesia. Jadi untuk mencarinya di toko ikan pasti tidak sulit.

Warna dasar dari ikan ini adalah oranye, seperti warna buah jeruk gitu. Ditambah dengan garis lebar berwarna hitam 3 buah.

Tubuh ikan ini cukup panjang, sedikit pipih ke samping, bentuk mulutnya sedikit ke bawah, dan ada sungut sebanyak 4 pasang. Di bagian atasnya ada kumis. Jadi kalau dilihat dari depan nampak seperti ikan lele.

Untuk siripnya, sepasang di bagian perut, dada, dan ada sirip dorsal pada bagian atas, dan memiliki ekor yang bercabang dua.

Ikan Clown Loach Botia ini ada yang dari Sumatera dan dari Kalimantan. Di antara keduanya terdapat sedikit perbedaan.

Yang dari Kalimantan itu ada sepasang sirip perut dengan warna oranye hitam dan kemerahan. Sementara yang dari Sumatera itu memiliki sirip perut yang seluruhnya itu warna kemerahan.

2. Dwarf Loach

botia jenis wdarf loach

Jenis yang kedua ini bentuknya cukup unik dan menarik. Walaupun menurut kami warnanya kurang ngejreng.

Ikan yang memiliki nama lain chain botia, pygmy loach, chain loach, dan ladderback loach adalah ikan hias yang berasal dari negara Thailand.

Warna ikan ini putih keperakan. Ciri khasnya memiliki garis pola dengan bentuk rantai warna hitam di setengah bagian tubuhnya.

Walaupun begitu, jika kamu berniat untuk memelihara Dwarf Loach di akuarium rumah kamu, sepertinya adalah hal yang mustahil. Karena ikan ini dilindungi oleh pemerintah Thailand.

Dwarf Loach termasuk jenis yang hampir punah. Jadi urungkan niatmu untuk memelihara Dwarf Loach, pilih jenis Botia yang lain saja kawan.

3. Bengal Loach

bengal loach

Dikenal juga dengan queen loach, diacanthus flavicauda, botia geto, dan diacanthus zebra. Habitat asli Bengah Loach yakni di lembah Brahmaputra, Gangga (Bangladesh), India Utara, dan Bhutan.

Ikan ukuran kecil ini termasuk ikan omnivora. Makanan yang disukai antara lain cacing, ketimun, udang, dan zukini.

4. Botia Morleti

Botia jenis Morleti

Nah kalau yang keempat ini termasuk jenis yang paling kecil di antara yang lainnya. Maksimal hanya bisa tumbuh hingga 10 cm saja.

Ciri-cirinya punya mulut lancip, duri yang bisa buka tutup pada bagian rahang samping. Untuk warnanya abu-abu perak, ada corak vertikal hitam tebal pada bagian pangkal ekor. Membuat ikan ini terlihat menarik sebagai ikan hias.

Botia Morleti berasal dari sungai Mekong dan sekitar perairan Thailand. Tapi di pasar ikan hias di Indonesia sudah banyak yang jual juga.

Karena memang ikan ini tidak termasuk yang dilindungi.

5. Botia Myanmar

Botia Nyanmar

Atau Botia kubotai. Sesuai namanya habitat asli ikan ini di Myanmar (Sungai Burma)

Ikan ini bisa tumbuh maksimal hingga panjang 13 cm. Bentuk tubuhnya khas dan terlihat eksotik. Tubuhnya panjang tetapi memiliki punggung yang sedikit melengkung.

Bentuk kepalanya tajam, mulutnya ke arah bawah, di sekeliling tubuhnya ada beberapa duri. Duri tersebut bukan hiasan saja lho kawan, tapi untuk mencari makanan substrat.

Untuk warna Botia Myanmar ini kombinasi coklat emas. Dibandingkan jenis clown loach, botia Myanmar ini lebih sabar. Termasuk ikan yang tidak ganas.

6. Zebra Botia

zebra botia

Nah kalau kamu lagi mencari jenis Botia yang ukuran maksimalnya itu 9 cm an, maka Zebra Botialah jawabannya.

Ikan yang berasal dari Ghats Barat (India) ini memiliki ciri khas tubuh yang dipenuhi garis warna coklat hitam. Terlihat seperti kuda Zebra. Hanya warna putih pada zebra diganti dengan warna coklat.

Tetapi pada bagian ekornya memiliki warna yang tidak sama dengan warna tubuh ikan tersebut. Warna ekornya itu corak hitam putih kecoklatan.

Zebra Botia sendiri termasuk ikan yang tidak ganas dan lebih cenderung pemalu dibandingkan Botia yang lainnya. Biasanya ikan ini senang bersembunyi di balik tanaman air dan pasir. Jenis ini juga hidup secara berkelompok. Karena itu kalau kamu mau memeliharanya, jangan terlalu sedikit, usahakan memelihara lebih dari 4 ekor supaya ikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *