10 Jenis Ikan Cupang Hias Beserta Harganya?

Nama ikan cupang kembali hits dan digemari banyak orang. Ikan dengan ukuran kecil dan warna beragam ini kembali dicari guna menghilangkan rasa bosan saat beraktivitas di rumah. Berikut ini adalah 10 jenis ikan cupang hias dan harganya yang mungkin bisa membantu kamu untuk memilih ikan cupang mana yang sesuai dengan budget.

10 Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai 10 jenis ikan cupang hias beserta harganya, yaitu:

Avatar

cupang jenis blue avatar

Jenis ikan cupang yang pertama adalah avatar. Dinamakan avatar karena warnanya yang biru menawan sehingga mirip dengan salah satu tokoh di film Avatar. Selain biru, ikan ini juga dikenal mempunyai warna gelap dan sisik mutiara yang tidak beraturan. Ikan cupang jenis avatar sendiri mempunyai beberapa jenis seperti avatar blue, avatar candy, avatar cooper, avatar gordon, avatar nemo, avatar red koi, dan lain-lain.

Untuk harga ikan cupang avatar berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 5.000.000 sesuai dengan kebutuhan seperti kualitas, ukuran, warna, dan lain-lain.

Black Samurai

ikan cupang black samurai

Sama seperti namanya, ikan cupang black samurai mempunyai sisik berwarna hitam mempesona dan putih perak di bagian atasnya. Dikarenakan mempunyai warna unik dan cantik membuat ikan yang juga disebut sebagai ikan cupang black mamba ini layak untuk diikutkan dalam kontes.

Untuk harga ikan cupang black samurai biasanya berkisar antara Rp 90.000 sampai Rp 400.000 per ekor.

Blue Rim

ikan cupang blue rim

Salah satu ciri khas ikan cupang blue rim adalah kombinasi warna sisiknya yang mempesona yaitu warna putih dan pink serta sirip biru kehitaman menyala. Dikarenakan mempunyai warna cantik menjadikan ikan jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai koleksi atau diikutkan dalam kontes.

Ikan cupang blue rim bisanya dibanderol dengan harga Rp 800.000 sampai Rp 15.000.000 per ekornya sesuai dengan kualitas seperti warna, ukuran, bentuk, dan lain-lain.

Fancy

cupang fancy

Ikan cupang fancy dikenal sebagai salah satu jenis ikan cupang yang mempunyai bentuk dan warna elegan. Warna sisik cerah dan sirip kecil membuat ikan ini akan sangat cantik jika sedang berenang bebas di aquarium.

Untuk harga ikan cupang fancy biasanya berkisar antara Rp 130.000 sampai Rp 500.000 per ekor.

Halfmoon

ikan cupang halfmoon kontes

Dalam bahasa Inggris, halfmoon berarti bulan separuh. Ikan jenis ini dinamakan halfmoon karena ekor dan siripnya terlihat menyatu sehingga berbentuk seperti lingkaran. Hal tersebut bisa diketahui jika ikan dilihat dari sisi samping. Keindahannya inilah yang menjadikan ikan cupang halfmoon mempunyai banyak peminat.

Untuk ikan cupang halfmoon dibanderol dengan harga Rp 40.000 sampai Rp 500.000 per ekor.

Hellboy

ikan cupang hellboy

Ikan cupang hellboy mempunyai bentuk sirip unik dan tubuh kecil suka bergerombol sehingga akan sangat cantik jika dipajang di aquarium. Selain sirip dan tubuh, ikan ini juga mempunyai warna yang cantik yaitu merah, putih perak, dan biru navy.

Ikan cupang hellboy biasanya dibanderol dengan harga Rp 125.000 sampai Rp 250.000 per ekor

Koi

ikan cupang jenis koi

Ikan ini bisa saja disebut sebagai ikan koi versi sachet atau murah karena warna sisiknya mirip dengan ikan koi. Warna dan bentuknya yang menarik ini menjadi salah satu faktor mengapa ikan cupang koi banyak dicari orang untuk dipelihara atau dikoleksi.

Untuk ikan cupang koi biasanya dibanderol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 250.000 per ekor tergantung dengan bentuk, ukuran, warna, dan lain-lain.

Nemo

ikan cupang nemo

Ikan cupang jenis ini dinamakan ikan cupang nemo karena warnanya mirip dengan ikan nemo. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor mengapa ikan cupang nemo dicari banyak orang untuk dipelihara.

Harga ikan cupang nemo biasanya ada pada kisaran Rp 135.000 sampai Rp 400.000 per ekor.

Plakat

cupang plakat koi

Ikan cupang plakat merupakan salah satu jenis ikan cupang yang berasal dari Asia Tenggara dan dikhususkan untuk bertarung. Ikan ini mempunyai sirip pendek dengan ukuran tubuh yang cukup kuat dan besar. Dikarenakan agresif dan aktif, ikan cupang plakat lebih senang diletakkan di wadah yang besar serta mempunyai banyak ruang.

Untuk ikan cupang plakat biasanya dibanderol dengan harga Rp 50.000 sampai Rp 2.000.000 tergantung dengan kualitasnya seperti warna, bentuk, ukuran, dan lain-lain.

Red Dragon

cupang red dragon exsklusif

Ikan cupang jenis ini identik dengan warna merah menyala yang elegan saat berenang di dalam air. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu daya tarik utama ikan cupang red dragon.

Untuk harga ikan cupang jenis red dragon biasanya berkisar antara Rp 75.000 sampai Rp 250.000 per ekor.

Demikian artikel mengenai 10 jenis ikan cupang hias dan harganya. Semoga membantu khususnya untuk kamu yang ingin membeli dan memelihara ikan cupang. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *