Jenis Ikan Hias Air Laut yang Memiliki Paras Indah

Jenis ikan hias air laut , dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar ikan tradisional, atau bagi kalian yang tempat tinggalnya dekat dengan laut bisa mencarinya secara langsung. Ikan jenis ini, diperlukan perhatian khusus untuk merawatnya. Hal tersebut, dikarenakan ikan hias air laut, habitatnya ada di air dengan kandungan garam yang cukup tinggi berbeda dengan air yang biasa digunakan oleh manusia untuk mandi yakni jenis air tawar yang cenderung asam.

Jenis Ikan Hias Air Laut Beserta Deskripsi Tubuhnya

1. Butterfly fish atau ikan kupu-kupu

butterfly fish ikan air laut

Dikatakan sebagai ikan kupu-kupu, bukan hanya karena bentuk tubuhnya yang seolah-olah memiliki sayap untuk terbang. Melainkan, ikan ini juga memiliki perpaduan warna yang begitu menarik dengan berbagai macam warna terang yang menyelimuti sekujur tubuh ikan butterfly. Warna-warna terang yang cukup mencolok tersebut, memudahkan para pelayan untuk menemukan keberadaan dari ikan kupu-kupu.

Ikan kupu-kupu umumnya berada di area terumbu karang di dasar lautan Samudra Pasifik, Atlantik, serta lautan Hindia.  Karakteristik tubuhnya yakni, memiliki panjang tubuh sekitar 12cm  hingga 22 cm dengan bentuk tubuhnya yang pipih. Ikan ini juga cukup aktif saat memasuki pagi hari ataupun petang hari dalam kedalaman air 18 meter sampai dengan 180 meter ke dasar laut.

2. Botana blue tang fish

 Botana blue tang fish

Ikan pipih lainnya hadir dalam spesies yang berbeda, yaitu ikan botana biru tang. Ukuran  tubuh yang dimiliki olehnya, umumnya mencapai panjang 54 cm. Bagian kepalanya terdapat warna hitam dengan sisipan garis berwarna putih.

Ikan botana juga diketahui memiliki tubuh yang cukup sensitif, terutama akan adanya kandungan nitrit, ammonia, serta nitrat yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan air yang terkandung di dalam akuarium sebisa mungkin memiliki kandungan senyawa-senyawa kimia dalam jumlah yang rendah. Tubuh ikan botana sesuai dengan namanya, memiliki warna biru terang yang sangat cantik layaknya warna biru yang terdapat di air laut.

3. Blueface Angel fish

Blueface Angel fish

Ikan blueface angel ini, memiliki sifat temperamen yang cukup agresif. Berasal dari perairan Indonesia, tepatnya di pulau Sumatera. Panjang tubuh maksimalnya, mencapai 2,5 inci.

Warna tubuh yang dimilikinya beragam, diantaranya ada warna kuning, hitam, dan biru. Pomanchatus xanthometopon (Nama ilmiahnya), berciri-cirikan bercakan warna tertentu di sekitar mata, jadi nampak layaknya sebuah masker yang tutupi daerah tertentu. Selain itu, ikan ini juga dikenal sebagai ikan yang mengalami perubahan drastis ketika dirinya memasuki tingkatan usia dewasa dari usia dini.

4. Yellow tang fish

Yellow tang fish

Warna sangat mencolok yang dimiliki oleh ikan ini, membuat dirinya mendapat julukan sebagai ikan yellow tang. Asal muasal ikan tersebut, bermula dari perairan laut di daerah Hawaii. Ikan yellow tang termasuk ke dalam spesies ikan herbivore atau pemakan tumbuhan.

Ukuran tubuh maksimal yang dimiliki oleh ikan kuning tang yakni 8 inci. Memiliki bentuk tubuh yang unik yaitu berbentuk oval dengan warna kuning yang menyelimuti sekujur tubuhnya hingga ke bagian sirip dan ekor. Ikan ini memiliki sebutan lain seperti ikan kuning sailfin tang atau seringkali disebut dengan yellow surgeonfish.

5. Clown fish atau ikan nemo

salah satu ikan hias air laut Clown fish

Ikan nemo seringkali mendapat julukan sebagai ikan badut. Hal tersebut dikarenakan bentuk wajah ikan ini terlihat sangat lucu layaknya seorang badut. Memiliki ukuran tubuh mencapai 8 cm, membuat dirinya mudah bersembunyi diantara bebatuan karang. Keberadaan jenis dari ikan nemo, umumnya dapat dengan sangat mudah ditemukan di perairan Gili Ketapang, Indonesia.

Cara Memelihara Ikan Hias Air Laut Secara Umum

Pertama-tama, kalian perlu mempersiapkan akuarium berukuran minimalnya 1 meter dengan ketebalan dinding yang mampu menahan debet air hingga mencapai 217 liter. Kondisi akuarium yang terlalu sempit, dapat berdampak buruk terhadap pertumbuhan ikan hias air laut. Akan lebih baik lagi jika menggunakan akuarium dengan ukuran yang besar seperti halnya akuarium yang terdapat di restoran-restoran mewah.

Kemudian, memasangkan berbagai macam peralatan pendukung seperti halnya power head yang berfungsi untuk menciptakan arus dalam air akuarium. Lalu, ada juga sump yang digunakan saat air akuarium mulai tercemar oleh berbagai macam kotoran yang diakibatkan dari hasil pembuangan kotoran ikan atau sisa makanan yang menumpuk.

Jenis airnya sendiri akan lebih baik jika menggunakan model air laut. Air dengan kandungan garam yang tinggi tersebut, dapat ditemukan di berbagai macam toko ikan yang khusus menjual berbagai macam ikan hias laut. Bisa juga disiasati dengan menambahkan garam ke dalam air akuarium sebelum memasukkan ikan hias milik kalian.

Sekian pembahasan mengenai jenis ikan hias air lautpada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk ikut serta dalam melestarikan biota laut di Indonesia. See you later!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *