Ciri Khas Ikan Koi Shusui dan Cara Merawatnya

Salah satu jenis ikan koi termahal yaitu koi shusui. Jenis ini merupakan hasil dari perkawinan silang dari jenis koi asagi dan koi tanpa sisik atau koi doitsu. Yang berhasil melahirkan koi baru yang disebut ikan koi shusui.

Jika dilihat dari sejarah, pada tahun 1910 salah satu pembudidaya koi dari jepang yang bernama Yoshigoro Akiyama mencoba untuk mengkawin silangkan antar jenis koi.

Jenis Ikan Koi Shusui

Pada waktu ini memulai percobaan dengan mengkawinkan koi asagi-sanke dengan ikan karper kaca yang tanpa sisik. Hasil dari perkawinan itu melahirkan ikan koi dengan motif sebaris dengan sisik yang memanjang dari punggung hingga ekornya.

Jenis Pola ikan koi shusui

Koi shusui yang bagus bagian kepala berwarna biru muda dan juga di bagian sisik punggung warnanya biru langit.

Juga memiliki warna yang tidak buram. Selain itu, koi shusui yang bagus di bagian penutup insang , di perut, dan di pangkal sirip dada sebaiknya terdapat corak warna merah cerah menyala.

Satu lagi yaitu, warna biru pada punggung koi shusui yang baik adalah memiliki susunan yang rapat dan menyambung tidak putus.

Sisik yang berada diantara sisik atas punggung dan perut yaitu disebut sisik mudagoke atau redundant scale yang berarti sisik yang tidak berguna. Karena adanya sisik ini malah membuat kesan motif koi menjadi tidak rapi, biasanya sisik ini hanya ada sedikit.

ikan koi hana shusui

Hana Shusui

Hana shusui adalah pola yang memiliki corak merah yang berada di antara garis sisik punggung dan perutnya.

  7 Jenis Lobster Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dikolam

Hi Shusui

Hi shusui yaitu memiliki corak merah yang luas hingga menutupi hampir semua punggungnya.

Ki Shusui

Ki shusui adalah koi shusui yang berwarna kuning dan di punggung ada warna hijau gelap atau agak keunguan.

Ki matsuba doitsu

Jika pada punggungnya tidak ada unsur warna hijau dan ungu maka bisa dipastikan itu koi dengan pola ki matsuba doitsu.

Pearl shusui

Pearl shusui adalah ikan koi shusui dengan sisik punggung yang berwarna silver mengkilap atau perak.

Harga koi shusui

Untuk memelihara koi shusui kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Karena koi shusui sendiri tergolong dalam jenis ikan koi termahal.

Apalagi juga koi shusui tersebut kualitas super, pasti harganya bisa berkali lipat dengan koi biasanya. Untuk harga koi shusui sendiri yang sudah dewasa di kisaran harga satu hingga lima juta untuk per ekornya.

Tips merawat ikan koi shusui

Untuk merawat koi shusui sama seperti memelihara koi biasanya, sediakan tempat yang luas bisa kolam koi atau akuarium. Dengan kualitas air yang bagus, bersih dan oksigennya terjaga.

Selain itu juga dalam pemberian makan jangan sampai terlambat. Jika di akuarium gantilah air sekitar 25-30% setiap 2 minggu atau sebulan setidaknya sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *