5 Jenis Ikan Peacock Bass/Pbass Beserta Harganya 2019

Posted on

Ikan Peacock Bass sebenarnya merupakan salah satu jenis ikan predator yang cukup ganas, ikan ini masih tergolong satu keluarga dari family cichlidae yang paling besar. Awalnya ikan Pbass ini ditemukan sekitar perairan di benua Amerika.

Walaupun ikan ini jenis ikan predator dengan tampang yang garang namun banyak pecinta ikan hias juga tertarik padanya, hal ini dikarenakan warna tubuhnya bagus dengan perpaduan beberapa warna yang membuat tampilannya makin cantik sehingga banyak yang jatuh hati pada ikan Peacock Bass ini.

Dinegara aslinya sampai sekarang ikan Pbass ini masih menjadi sport fishing atau target memancing untuk mengisi kegiatan luang atau saat musim liburan. Biasanya mereka memancing di kawasan sungai Amazon.

Ikan Peacock Bass juga mempunyai banyak jenis dan beragam corak warna yang cantik. Tapi pada kesempatan ini saya hanya akan share sebagian dari jenis tersebut, siapa tahu kamu ingin memeliharanya dan untuk mendapatkan ikan peacock bass ini kamu tidak perlu susah payah untuk mencarinya di sungai atau muara karena sudah banyak penjual ikan hias yang menjual ikan Peacock Bass ini, dan berikut saya kasih beberapa jenis ikan Pbass beserta harganya agar kamu bisa mengira-ngira untuk mengeluarkan uang demi mempunyai ikan Peacock Bass garang tapi cantik ini.

5 Jenis Ikan Peacock Bass /Pbass Beserta Harganya 2019

1. Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus)

Yang pertama adalah yang berjenis Cichla Monoculus, jenis ini akan sangat mudah kamu jumpai pada penjual ikan hias karena memang jenis ini yang paling banyak dipasaran Indonesia dikarenakan harganya yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis peacock bass lainnya

Ciri-cirinya jenis cichla monoculus ini mempunyai warna kuning dengan gradasi orange pada sirip bawah, serta ada tanda hitam di bagian tubuhnya. Untuk gambar bisa dilihat diatas, dan biasanya ikan peacock bass cichla monoculus ini dipasaran dihargai mulai yang kecil ukuran 5 cm harganya Rp.15.000 sampai yang besar ukuran 30 cm dihargai Rp.350.000.

2. Peacock Bass Orinoco (Cichla Orinocensis)

Untuk yang berjenis Orinoco ini habitat aslinya di hilir sungai Orinoco dan Rio Negro dibenua Amerika oleh karena itu nama jenis ikan ini diambil disungai saat pertama ditemukan. Ikan predator ini juga sudah dewasa ukurannya bisa mencapai dengan 50 cm dan untuk beratnya bisa sampai 6 kg juga sudah dewasa.

Untuk warna dari ikan Pbass jenis Orinoco ini memiliki warna kuning emas dengan ada beberapa titik hitam di tubuhnya. Dan karena ikan jenis ini lumayan sulit untuk dibudidayakan sehingga harga ikan Pbass yang berjenis Orinoco ini juga lebih mahal dari jenis yang monoculus tadi. Untuk anakan yang berukuran 5 cm harganya sudah Rp.45.000 dan untuk yang dewasa dengan ukuran 30 cm bisa mencapai Rp.1.200.000

3. Ikan Peacock Bass Kelberi

Pbass jenis Kelberi ini menurut saya tampilan corak warnanya sangat cantik, selain itu untuk perawatan ikan jenis ini juga mudah dan tak perlu banyak biaya.Ciri khas dari jenis ini adalah mempunyai warna kuning yang bermotif bintik hitam di beberapa bagian tubuhnya yang membuat corak yang cantik.

Harga Pbass jenis ini masih tergolong mahal karena belum banyak yang bisa membudidayakannya, untuk anakan saja yang ukuran 5 cm dihargai Rp.100.000 sedangkan yang sudah dewasa harganya mencapai Rp.1250.000 dengan ukuran yang 30 cm.

4. Ikan Peacock Bass Temensis

ikan peacock bass jenis temensis memang masih sedikit yang mengenalnya karena tingkat kesulitan dalam membudidayakannya, namun untuk corak warnanya juga cantik seluruh tubuhnya di penuhi bintik putih dengan warna dasar tubuhnya coklat ke emasan. Jika sudah dewasa ikan pbass temensis ini beratnya bisa mencapai 13 kg dan panjangnya sampai 100 cm.

Harganya juga masih agak mahal dikarenakan memang sulit untuk membudidayakannya, yang kecil ukuran 5 cm saja sudah mencapai Rp.50.000 apalagi yang sudah dewasa yang ukuran 30 cm harganya sudah tembus di angka 1.300.000 untuk per ekornya.

5. Ikan Peacock Bass Azul

Jenis terakhir yang saya share ini memiliki harga yang paling mahal, dikarenakan ikan jenis azul ini memang sangat cantik. Ciri khasnya memiliki sirip warna biru dengan ujung ekornya yang berwarna kuning kemerahan.

Ikan peacock bass azul ini lebih mahal dari jenis yang diatas, selain memang cantik faktor mahalnya juga dikarenakan sulitnya untuk membudidayakannya. Untuk yang masih kecil ukuran sekitar 5 cm harganya sudah Rp.60.000 dan untuk yang sudah dewasa harganya sudah sampai di kisaran Rp.1.500.000 untuk harga satu ekornya.

Bagaimana dari 5 jenis ikan peacock bass diatas apa ada yang kamu sukai? kira-kira lebih memilih yang mana? semoga informasi mengenai 5 jenis ikan peacock bass ini bisa menjadi referensi kamu untuk membeli ikan hias ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *