Jenis dan Harga Ikan Piranha

Jenis dan harga ikan piranha – Ikan piranha merupakan ikan pemangsa yang mempunyai reputasi buruk di lingkungan tempatnya tinggal. Hal ini diakibatkan karena ikan piranha ini selalu berkelompok, untuk satu kelompok bisa ratusan ekor ikan piranha. Saat lingkungan tersebut terdapat ikan piranha bisa dipastikan tidak ada ikan lain yang tinggal disana.

Memiliki sensor khusus untuk mendeteksi darah dan adanya getaran sehingga memudahkan untuk memangsa jenis ikan lain di tempat tinggal mereka. Tak hanya ikan, jika ada burung atau binatang kecil masuk ke dalam air pasti akan langsung dimangsanya. Karena dianggap sebagai ikan berbahaya maka tidak bolehkan untuk melepasnya di sungai, semakin kesini banyak penghobi ikan predator untuk memeliharanya di akuarium. Setidaknya ada 4 jenis ikan piranha yang banyak di pelihara.

Tentu, daya tarik utama ikan ini ialah sifatnya yang sangat agresif dalam menangkap mangsanya. Untuk kamu yang berminat memelihara ikan piranha ini jangan sampai jari atau tangan anak kecil mudah masuk ke dalam akuarium, nanti akan fatal akibatnya.

Nah berikut ini adalah jenis jenis ikan piranha yang dapat kamu pilih untuk dipelihara dirumah. Pastikan jangan sampai telat kasih makan, karena ikan piranha jika lapar bisa muncul sifat kanibalnya. Sunggu menyeramkan bukan?

Jenis dan harga ikan piranha

1. RBP ( Red Belly Piranha )

jenis ikan piranha red belly

Jenis piranha paling populer, karena sangat mudah di temukan di toko-toko ikan hias . Untuk ciri-ciri ikan piranha red belly ini sangat mirip ikan bawel yaitu dengan warna hitam gelap serta bagian bawah tubuhnya dari kepala hingga ekor ada warna merahnya. Harga ikan piranha red belly pun sangat murah, yaitu sekitar Rp. 30.000 / ekor untuk ukuran 7 – 8 cm.

2. Black Piranha ( Serrasalmus Rhombeus )

harga black piranha

Sesuai dengan namanya, piranha jenis ini memiliki warna full hitam pekat. Peredaran di Indonesia sangat langka sekali piranha jenis ini. Saat penulis melakukan riset untuk mengetahui harga ikan piranha ini sangat kesusahan karena berbagai toko ikan predator sudah tidak memiliki piranha jenis ini.

Harga terakhir yang kami kumpulkan yaitu diatas harga 3jt untuk piranha ukuran kecil sekitar 13-15 cm nya.

3. Black Spot Piranha ( Pygocentrus Cariba )

piranha black spot

Piranha jenis ini memiliki warna mirip dengan piranha red belly, bedanya yaitu adanya spot hitam di bagian tubuhnya. Piranha jenis ini juga sangat langka harganya 700rb hingga 1jt untuk piranha ukuran 15 cm.

4. Piranha Pike ( Serrasalmus Elongatus )

harga piranha pike

Jenis piranha ini saat ini sudah sangat langka di Indonesia. Bentuk piranha jenis ini berbeda dengan jenis piranha lainnya, karena memiki warna silver gelap dengan tubuh yang memanjang.

Untuk harga ikan piranha pike ini di ukuran 15 cm harga mulai dari 2 juta hingga 3,5jt per ekornya. Kalau untuk pemula alangkah baiknya pelihara piranha mulai dari harga piranha yang murah.

Nah, itulah beberapa jenis dan harga ikan piranha yang ada dipasaran. Namun yang mudah ditemukan ialah piranha jenis red belly, piranha jenis ini sangat cocok untuk kamu yang baru mulai memelihara ikan piranha.

Selain harganya yang murah, perawatannya pun mudah kunci jangan sampai piranha kamu kelaparan.

Sebagai informasi tambahan untuk piranha jenis lainnya menjadi langka karena adanya laranga import ke negara kita. Sebenarnya piranha red belly juga sudah dilarang import namun karena sudah bisa di budidayakan di Indonesia maka sampai saat ini pun masih mudah ditemukan.

Alasan larangan import yaitu dikhawatirkan dapat mengganggu eksistem di sungai maupun danau jika ikan piranha dipelaskan oleh orang tak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *