Jenis Makanan Ikan Pbass (Peacock Bass) Yang Paling Disukai

Jenis makanan ikan pbass – Bagi kamu pecinta ikan hias khususnya ikan predator air tawar pasti sudah tak asing dengan ikan predator ini. Ikan pbass termasuk ikan predator yang paling banyak peminatnya.

Salah satu yang menjadi daya tarik adalah saat memberi makan ikan peacock bass karena ikan ini akan berebut dan sangat agresif. Agar tetap agresif perlu treatment dan jenis makanan ikan pbass yang cocok.

jenis makanan ikan pbas mono

Jenis Makanan Ikan Pbass Yang Paling Disukai

Nah disini saya akan membahas beberapa jenis makanan ikan pbass yang paling disukai.

1. Ikan Kecil

Makanan yang paling disukai ikan predator adalah makanan hidup, seperti ikan kecil. Untuk ukuran pbass kecil hingga sedang bisa diberikan pakan seperti ikan cere / guppy sawah, tombro / nila kecil.

Ukuran pbass yang sudah besar kalau diberi pakan yang hidup terus pasti boros, untuk itu mulai usia 10cm di latih memakan ikan beku karena lebih hemat, ikan beku yang dimaksud banyak macamnya yaitu nila, tombro, tenggiri, tongkol, lele, bandeng dll seperti yang ada di pasar di pakan terlalu besar bisa dipotong. Sesekali juga bisa dikasih pakan hidup agar tetap agresif.

Namun makanan yang masih hidup rawan membawa penyakit seperti white spot, untuk mencegahnya pakan hidup perlu di karantina dahulu beberapa hari di tempat khusus dan airnya di kasih antibiotik. Namun ini berlaku untuk pbass yang masih kecil karena daya tahan tubuhnya masih kurang kuat.

2. Udang Beku

Sudah sedikit saya singgung diatas, kamu harus melatih pbass makan beku. Udang merupakan makanan pbass yang bagus untuk meningkatkan warna ikan, jika pbass masih kecil cukup berikan udang kecil / udang rebon .

Sedangkan pbass ukuran 10 cm masih bisa dikasih udang rebon namun lebih baik dikasih udang besar yang di potong dan udah dibuang kepala serta kulitnya agar pbass tidak kesulitan dalam memakannya.

3. Pelet

Ternyata ada juga pbass yang mau makan pelet, karena memang sudah di ajari sejak masih kecil. Namun, untuk melatih pbass makan pelet ini lumayan susah saya sendiri belum bisa melatihnya makan pelet.

Jika bisa makan pelet pasti ada kelebihannya, yaitu kandungan gizi dan nutrisi untuk ikan pasti terpenuhi, namun efek negatifnya yaitu ikan jadi kurang agresif. Jadi jika pbass kalian sudah bisa makan pelet usahakan sesekali tetap di kasih pakan alami kalau bisa yang masih hidup, agar sifat memangsanya tidak hilang.

Pemberian pakan ikan pbass

Jika ikan pbass mu masih kecil dan sedang mengejar target ukuran, kamu bisa memberikan makan 3x sehari dengan takaran secukupnya jangan sampai kenyang, cukup kamu lihat dibagian perut jika sudah sedikit berisi hentikan pemberian pakan. Jangan sampai kenyang, jangan lupa kasih arus agar ikan selalu berenang.

Untuk ikan yang berukuran sedang cukup berikan makan 2x sehari saja, di pagi dan sore hari. Sedangkan pbass yang ukuran besar 20 cm keatas bisa di kasih makan sehari sekali atau 2 hari sekali, karena di titik ini kebanyakan orang sudah tidak mengejar ukuran ikan karena keterbatasan ukuran akuarium, berbeda dengan kamu yang memiliki megatank dan masih menginginkan ikan kamu lebih besar lagi maka bisa memberikan pakan lebih sering.

Nah, itu lah beberapa jenis makanan ikan pbass yang paling disukai. Kunci utama ikan kamu sehat yaitu rawatlah airnya, jika airnya sehat maka otomatis ikan yang hidup disana pasti akan selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *