Inilah 4 Kelebihan Ikan Cupang Hias Dari Ikan Hias Lainnya

Di Indonesia ikan cupang hias (Betta Splendens) masih dipandang sebelah mata, tetapi perlu diketahui ikan cupang hias mempunyai banyak keungguan dan kelebihan dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Namun karena dipersepsikan sebagai ikan hias “murahan” membuat kelebihan yang dimiliki ikan cupang hias ini terabaikan dan ikan cupang hanya dikenal sebagai ikan aduan.

ikan cupang hias

Sebenarnya memang tidak salah jika ikan cupang dikenal sebagai ikan aduan, tapi perlu kalian ketahui ikan cupang juga memiliki jenis ikan cupang hias. Yang corak warnanya tidak kalah cantik dari ikan hias lainnya.

Namun dikarenakan pembudidaya ikan cupang ini lebih sering membudidayakan ikan cupang yang aduan yang mengakibatkan ikan cupang hias ini seakan dikesampingkan. Tapi mulai sekarang ikan cupang hias ini mulai nampak lagi sinarnya dan pembudidaya ikan cupang hias sudah mulai meng export ikan cupangnya ke luar negeri.

Dan harga ikan cupang hias sekarang sudah mulai mahal, jika cupang aduan dijual dikisaran harga 5.000 – 50.000/ekor. Sedangkan ikan cupang hias harganya dari ratusan ribu hinggau 1juta/ekor.

Dalam metode perdagangan ikan cupang hias sudah mulai berkembang ke metode modern karena kebanyakan sekarang ikan cupang hias dijual di internet via online. Karena memang lebih mudah mencari pembeli ataupun penjual. Berbeda dengan dulu yang hanya dipasarkan di toko pinggir jalan atau di pasar ikan hias.

Untuk pasaran di Indonesia sendiri khususnya ikan cupang hias sudah mulai membaik, dan dibeberapa tempat juga sudah rutin ngadakan kontes ikan cupang hias yang ini diharapkan dapat menarik para penghobi ikan hias untuk melirik ikan cupang hias ini.

Karena memang ikan cupang hias ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan ikan hias lainnya, berikut ada beberapa contoh kelebihan yang dimiliki ikan cupang hias ini ;

  • Tidak memerlukan aerator

Aerator adalah alat yang digunakan untuk memompa udara yang biasanya digunakan diakuarium ikan hias agar komposisi oksigen di air tetap terjaga, seperti ikan koki mas, ikan arwana dll. tetapi ikan cupang hias tidak memerlukan alat tersebut. Karena ikan cupang bisa hidup walaupun dengan air yang kandungan oksigennya sedikit.

  • Tidak perlu tempat yang luas

Jika ikan hias arwana, ikan hias koi memerlukan tempat atau wadah yang besar dan cukup luas agar ikan tersebut bisa tetap sehat dan nyaman namun kalau ikan cupang hias tidak perlu wadah yang besar dengan ukuran akuarium soliter 10cmx8cmx12cm sudah cukup untuk memelihara ikan cupang hias ini. Tentu ini dapat menghemat space di ruangan kamu karena tidak memakan banyak tempat.

  • Perawatan mudah

Memelihara ikan hias juga perawatannya ribet akan sangat mengganggu kita apalagi kalau kita setiap hari kerja dari pagi sampai sore pasti tidak ada waktu untuk merawat ikan hias yang membutuhkan perawatan yang banyak. Kalau di ikan hias cupang perawatannya cukup mudah, hanya memberi makan secukupnya dan mengganti air beberapa hari sekali untuk membesihkan kotoran dan sisa makanannya. Jika ada waktu kamu bisa membersihkan air 3 hari sekali. Mengganti air di akuarium ikan cupang hias tidak memakan waktu yang banyak, dikarenakan wadahnya cuma kecil jadi hanya memerlukan beberapa menit saja.

  • Tahan dari penyakit

Ikan cupang hias tergolong ikan yang tahan dari berbagai penyakit, kalaupun terkena penyakit jamur ikan cupang hias tetap masih bisa bertahan tidak mudah mati. Jika lagi diserang jamur tinggal kamu obati dengan obat biru atau dengan rendaman daun ketapang.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan ikan cupang hias dari ikan hias lainnya namun yang paling berpengaruh 4 kelebihan diatas. Dengan contoh 4 kelebihan diatas kamu apa kamu masih tetap tidak mau memelihara ikan cupang hias?

Leave a Reply