Membuat Kolam Koi Minimalis Untuk Eksterior Rumah

Saat pagi hari minum teh hangat duduk di terang depan rumah sambil menikmati taman depan rumah pasti akan sangat nyaman, apalagi kalau ada kolam ikan koi yang bisa membuat suasana lebih sejuk.

Jika kamu belum mempunyanya segeralah membuatnya , buat kolam koi minimalis saja biar tidak terlalu rumit dan tidak memakan banyak tempat. Kalau pas ada waktu luang dan mempunyai sifat kreatif pasti kamu bisa untuk mendesain dan membuatnya sendiri.

Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk membuatnya jika memang terlalu sibuk untuk bekerja. Dan alasan saya menyarankan memilih ikan koi karena memiliki warna-warna yang cerah selain itu ikan koi memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Dalam mendesain kolam koi minimalis yang perlu diperhatikan adalah konsep yang kamu inginkan dan menyesuaikan desain eksterior rumah kamu yang sekarang agar kolam koi bisa senada dan menjadi pelengkap eksterior rumah kamu.

Nah, disini penulis akan menjelaskan cara untuk membuat kolam koi minimalis yang bisa kamu praktekkan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Selain itu akan saya kasih beberapa contoh desain kolam yang bisa menjadi referensi buat kamu. Tentunya pilihlah desain yang sesuai dengan area kosong yang ada di depan rumah kamu sekarang.

Persiapan untuk membuat kolam ikan koi

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konsep untuk kolam ikan yang akan dibuat. Setelah itu persiapkan juga mengenai alat dan bahan yang diperlukan, peralatan yang dipakai adalah alat pertukangan biasa.

Misalnya, kamu memerlukan alat untuk menggali tanah yaitu cangkul dan sekop, cethok, waterpass, materan dan juga siapkan alat tambahan seperti palu, paku, benang bangunan dan lainnya.

Untuk bahannya seperti dalam membuat rumah yaitu memerlukan pasir, batu bata, semen, batu, kapur cat dinding atau kramik juga ingin membuat dinding dari kramik.

Dalam persiapan pembuatan kolam ikan koi minimalis , sama seperti membuat kolam ikan biasanya dan juga kamu harus mengetahui kondisi tanah dirumahmu.

Apakah tanah berbatu, tanah pasir, tanah liat, atau model tanah lainnya. Mungkin saja kita memerlukan alat dan perlengkapan lain untuk menyesuaikan model tanah ini terutama saat menggali tanahnya.

Jika kamu merasa tidak mampu membuatnya sendiri , kamu bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang kamu percayai , diskusikan konsep yang di inginkan dengan orang yang membantumu tersebut.

Tentukan ukuran yang sesuai

Untuk ukuran dan bentuk kolam ini menyesuaikan halaman depan rumah kamu. Kolam bisa di desain memanjang, melingkar, atau persegi, atau bentuk lainnya yang sesuai dengan konsep teras atau depan rumahmu.

Hanya saja, yang mesti diperhatikan, jauhi bentuk yang dapat membuat terbentuknya daerah mati di kolam. Daerah mati adalah area yang sulit terkena aliran air sementara kolam koi airnya harus mengalir terus dan tidak boleh tenang. Contoh daerah mati adalah sudut 90 derajat. Jika terpaksa adanya sudut itu, harus diakali misalnya diberikan pancuran air, air terjun ataupun membuat sudut yang tepiannya miring.

Contoh desain kolam ikan koi untuk eksterior rumah

Desain kolam koi yang paling banyak digunakan adalah desain kolam yang dibawah permukaan tanah. Karean desain kolam di atas permukaan tanah, atau setengah diatas tanah dapat membuat bagian tepi menonjol ke atas. Hal ini dapat membuat tampilan kolam kurang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa contoh desain kolam ikan koi minimalis di halaman rumah. Yang bisa menjadi referensi dan menginspirasi kamu kalau masih bingung memilih konsep yang akan dibuat dan tentunya sesuaikan juga untuk kedaaan rumah kamu.

kolam koi modern yang minimalis
Desain kolam koi minimalis di teras rumah yang sempit
contoh desain kolam koi minimalis yang dasarnya dibawah permukaan tanah
Contoh desain kolam koi yang memiliki dasar dibawah permukaan tanah
ide desain kolam koi melingkar
Contoh desain kolam koi minimalis yang memiliki bentuk melingkar
kolam koi minimalis untuk teras rumah
Desain kolam ikan koi untuk teras rumah
ide desain kolam koi melingkar
Desain kolam koi minimalis dengan adanya tambahan air terjun

Biaya pembuatan kolam koi minimalis

Untuk biaya ini terbilang relatif ya, tergantung kamu mau membuatnya memakai model yang apa, bisa dibuat sederhana dengan biaya yang terjangkau namun perlu mengorbankan sesuai seperti aksesoris dan lainnya. Tak perlu khawatir, bisa dibuat secara bertahap jika memang budget belum ada banyak.

Pada dasar kolam koi lebih baik dibuat agak miring tidak menyudut tujuan agar memperlancar aliran air serta mudah untuk membersihkan kolam.

Karena dasar kolam ikan yang miring, memungkinkan kotoran bisa mengumpul pada dasar kolam yang paling dalam sehingga mudah untuk di bersihkan. Selain itu buat lah dinding dan dasar kolam tidak terlalu kasar supaya saat ikan koi menyentuk dinding kolam tidak terluka

Perhatikan juga untuk membuat filter air yang bagus karena koi menyukai air yang jernik dan mengalir. Desain juga sistem pembuangan air untuk mengganti air baru pada saat tertentu. Lubang pengeluaran air, umumnya di letakkan di dasar kolam. Atau di letakkan di bagian paling dalam dari kolam sehingga air mampu terlihat secara total.

Tambahkan hiasan dan aksesoris pendukung

Setelah kolam koi kamu selesai dibuat, kamu juga bisa menambahkan aksesoris dan hiasan sebagai pelengkap kolam agar terlihat lebih indah. Bisa menambahkan beberapa tanaman air, batu batuan, dibuat seperti air terjun dan jangan lupa untuk menambahkan lampu agar kamu tetap dapat menikmati keindahan kolam di waktu malam hari.

Beri Komentar