Makanan Anak Ikan Guppy

Makanan anak ikan guppy memiliki berbagai macam jenis, mulai dari yang alami hingga buatan. Anak ikan guppy atau bisa disebut dengan burayak memiliki makanan khusus untuk dikonsumsi.

Guppy Red Singapore

Namun, sebenarnya saat anak ikan guppy baru lahir, ia memiliki simpanan makanan yang cukup untuk lima hari. Simpanan makanan tersebut merupakan lendir induknya yang masih menempel saat baru lahir. Setelah lima hari, anak ikan guppy juga tetap bisa mencari makan untuk dirinya sendiri, dengan memakan lumut. Namun, hal ini bisa terjadi apabila hidup anak ikan guppy bukan di aquarium.

Untuk makanan tambahannya kamu bisa memberikannya kutu air, makanan hidup lain, atau makanan kering.

Berbagai Jenis Makanan Anak Ikan Guppy

1. Telur Rebus

Telur rebus dapat kamu berikan pada anakan ikan, terutama bagian kuning telur. Pada bagian tersebut mengandung banyak protein yang baik bagi anakan ikan. Untuk menghindari keruhnya air aquarium, saat memberikan kuning telur sebaiknya berikan sedikit demi sedikit.

2. Artemia, Pakan Hidup Alami

Artemia atau pakan hidup alami, memiliki gizi yang baik untuk membantu pertumbuhan anakan ikan. Namun, kekurangan dari artemia yaitu, ia dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, karena merupakan hasil import.

Biasanya, artemia dijual dalam bentuk telur. Untuk dapat diberikan pada anakan ikan, sebelumnya kamu harus menetaskan telur tersebut terlebih dahulu. Caranya yaitu, dengan meletakkan artemia di wadah dengan air yang cukup kemudian diberi garam ikan dan aerator. Diamkan selama 24 jam dan tunggu sampai menetas, barulah berikan kepada anakan ikan.

3. Microworms

Microworms adalah jenis cacing putih berukuran kecil. Pakan alami ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

4. Kutu Air

Hewan micro yang satu ini memiliki kandungan gizi yang baik, terutama untuk membantu sisik ikan menjadi lebih cerah.

Kutu air, termasuk pakan hidup alami yang mudah didapatkan. Kamu bisa mendapatinya di selokan atau genangan air. Apabila kamu melihat bintik merah yang bergerak gerak. Maka itu merupakan kutu air yang bisa kamu manfaatkan sebagai pakan anakan ikan guppy.

Dari ketiga pakan hidup alami yang telah disebutkan tadi, kamu bisa membelinya di marketplace atau toko penjual pakan ikan. Kamu juga bisa membudidayakan sendiri pakan alami tersebut untuk menghemat biaya.

Tips Memberikan Makanan Pada Anak Ikan Guppy

Ikan guppy yang baru lahir biasanya menjadi santapan yang nikmat bagi sang induk. Maka dari itu setelah lahir, bayi ikan guppy harus dipisahkan dari sang induk. Tidak seperti bayi manusia yang harus bergantung pada ibunya untuk mendapatkan makan. Bayi ikan guppy sudah bisa mendapatkan makannya sendiri dari lendir yang tersisa dari induknya.

Setelah lendir tersebut habis, maka saat itulah kamu bertugas untuk memberikan makan pada anak ikan guppy. Karena, biasanya saat-saat inilah anak ikan guppy banyak yang mati, karena tidak bisa mencari makanan sendiri.

Makanan yang disediakan untuk anak ikan guppy harus dilembutkan terlebih dahulu supaya anak ikan guppy dapat mencerna makanan tersebut dengan mudah. Kamu bisa memberikan makanan pada anak ikan guppy lima kali sehari, tentunya dengan takaran yang cukup, supaya aquarium tidak cepat keruh.

Makanan yang diberikan pada anakan ikan mestinya bervariasi, supaya anak ikan guppy dapat mencerna berbagai macam gizi. Pemberian makan juga sebaiknya menggunakan bahan alami seperti yang telah dijabarkan sebelumnya. Namun, apabila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mencari atau membudidayakan pakan alami tersebut maka kamu juga bisa memberikannya makanan komersial yang di jual di pasaran, yang perlu diingat adalah makanan yang diberikan harus makanan khusus anak ikan.

Apabila waktu kamu lebih sempit lagi untuk bisa memberikan makan, kamu bisa menggunakan mesin automatic feeder untuk memberi makan ikan sesuai jadwal yang telah kamu atur.

Memberi makan anak ikan guppy memang susah-susah gampang, kamu harus pandai memilah milih makanan yang baik dan khusus untuk anak ikan guppy. Karena, walaupun tergolong hewan omnivora, anak ikan guppy memerlukan gizi yang baik untuk pertumbuhannya, terlebih jika kamu telah memutuskan untuk memelihara ikan guppy. Maka, memberikan makanan anak ikan guppy merupakan hal yang wajib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *