Makanan Ikan Guppy Jangan Sampai Salah Pilih

Sama seperti memelihara ikan yang lain. Untuk memelihara ikan Guppy harus diperhatikan juga makanan yang kamu berikan untuk ikan tersebut.

Dengan memberi makanan ikan guppy yang tepat maka ikan pun akan lebih cepat besar.

makanan ikan guppy jangan salah pilih

Jangan meremehkan pemilihan pakan ikannya, hanya karena Guppy termasuk ikan yang mudah dipelihara. Di kesempatan kali ini akan kami bahas juga makanan pabrikan dan makanan alami untuk Guppy. Jadi kamu bisa memilih salah satunya.

Daftar makanan ikan Guppy

1. Microworm

Pakan yang pertama yakni microworm. Sesuai namanya, micro artinya kecil dan worm itu cacing. Jadi ini adalah pakan berupa cacing yang berukuran kecil.

Disebut juga dengan “Cacing renik”. Warnanya putih dan berukuran 1 – 8 mm, kecil sekali. Berkat kandungan Gilicogen, protein, asam organik, air, dan lipids maka microworm termasuk pakan ikan yang cocok dalam menunjang proses pertumbuhan Guppy.

2. Daun selada dan mentimun

Nah kamu juga boleh nih memberi makan daun selada dan mentimun. Tetapi jangan diberikan berupa potongan besar-besar. Karena nanti ikan Guppy akan sulit untuk memakannya.

Karena itu kamu bisa iris kecil-kecil daun selada dan mentimun, atau salah satunya, kemudian kamu berikan ke Guppy. Semakin kecil potongannya semakin baik.

3. Hikari Fancy Guppy

Yang ini adalah pakan ikan buatan pabrik. Harganya Cuma 27 Ribu untuk kemasan 50 gram. Kamu bisa membelinya secara online.

Hikary Fancy Guppy ini termasuk jenis pakan yang favorit. Bahkan di lapak seller online, pakan ini banyak mendapatkan bintang 5. Jadi memang sudah umum digunakan. Pastinya aman dan bagus untuk mendukung pertumbuhan ikan kamu.

  Mengenal Ikan Arwana, Naga Merah dari Air Tawar

Tetapi apabila kamu hendak membeli Hikari Fancy Guppy, jangan langsung membelinya begitu saja. Sebaiknya kamu tanyakan kapan tanggal expired pakan tersebut. Sebab ini adalah pakan bungkusan buatan pabrik, dan ada tanggal expirednya.

4. Kutu Air

Yang keempat juga direkomendasikan nih. Bahkan kamu bisa membelinya secara online atau di toko hewan. Mengapa kutu air? Sebab kutu air ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Di mana kandungan protein dari kutu air itu kurang lebih 70%. Jadi benar-benar bisa mendukung proses pertumbuhan Guppy yang kamu pelihara.

Harga kutu air juga murah. Harganya itu 25 ribu untuk kemasan plastik berat 700 gram.

Biasanya seller kutu air ini hanya menjual dan support pengiriman dalam kota saja, menggunakan Gosend atau Gojek. Sebab kalau dikirim lewat pos, ataupun JNE, kemungkinan rusak dan bocor di tengah jalan sangat besar. Lagipula sepertinya pihak pos dan pengiriman lain tidak mau mengirim barang yang ada kandungan airnya seperti ini.

Sebelum lanjut ke rekomendasi pakan yang berikutnya, ada hal yang harus kamu mengerti.

Ketika kamu memberikan kutu hidup pada guppy. Berikan dalam jumlah yang tepat, sehingga kutu air tidak bersisa, dengan kata lain dimakan semua.

Sebab apabila kamu memasukkan kutu air kebanyakan. Kutu air yang tidak habis dimakan bisa menghabiskan kadar oksigen dalam aquarium. Dan ini bukanlah kondisi yang bagus untuk ikan kamu.

5. Tetra Guppy

Hampir sama dengan produk yang sudah dibahas sebelumnya, Hikari Fancy Guppy, Tetra Guppy juga termasuk pakan pelet buatan pabrik.

Pakan ini hanya boleh diberikan untuk Guppy saja bukan jenis ikan yang lain. Walaupun ukuran tubuhnya sama.

  Yuk Ketahui Cara Mudah Merawat Ikan Arapaima Gigas

Lalu apa perbedaan antara Tetra Guppy dengan Hikari Fancy?

Yang pasti bedanya itu pada faktor harga. Yang kedua adalah kandungan nutrisi di dalam pakan ikan tersebut. Tetapi keduanya sama-sama direkomendasikan. Kamu boleh memilih atau boleh menggunakannya secara bergantian, tidak masalah.

Harga dari Tetra Guppy lebih mahal dibandingkan Hikari Fancy. Karena memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Selain mendukung pertumbuhan Guppy, pakan ini pun dapat mempercantik warna pada ikan kamu. Untuk harganya kurang lebih 50 Ribuan.

6. Ganggang

Guppy termasuk jenis ikan omnivora. Jadi apapun bisa dimakan oleh ikan ini. Karena itu kamu juga boleh memberinya pakan ganggang.

Ikan Guppy juga benar-benar suka makan ganggang. Ini termasuk salah satu makanan favoritnya. Karena itu sekali-sekali berilah ikan kamu ganggang.

Kandungan nutrisi dari ganggang juga bagus untuk mendukung tumbuh kembang Guppy kecil kamu.

7. Vinegar Eel

Sebagai tambahan lain setelah ganggang, Guppy juga boleh diberi vinegar eel.

Apabila kamu mau mencari vinegar eel, bisa mencarinya di tempat budidaya cuka apel. Selain cocok untuk Guppy, ternyata vinegar eel juga cocok untuk asupan makanan ikan cupang.

8. Mutiara tropical

Kalau mau cari pakan untuk Guppy yang super murah. Khusus untuk kamu yang memelihara Guppy dalam jumlah sedikit, hanya beberapa ekor, sangat cocok memakai produk merk Mutiara Tropical ini.

Karena harganya Cuma 6000 untuk 1 botol ukuran kecil. Dibanding beli yang ukuran besar nanti tidak terpakai semua keburu kadaluarsa kan sangat disayangkan.

Produk Mutiara Tropical adalah pelet ikan yang disukai oleh Guppy. Buktinya banyak orang yang memelihara Gupy sampai membeli produk ini hingga beberapa kali. Itu tandanya kalau mereka cocok memakai produk ini, dan ikan yang mereka pelihara sehat-sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *